A Good Bye Email


Hey Uber Team,

This will be my last SEA research report for you all! A heads up: It is from the heart. 😀

TL;DR: Good bye Uber! Hopefully I will meet you in another opportunity in the near future! Thanks for the memories!

A. Research Findings:

The last 4 weeks have been tough for Uber drivers and employees in SEA. I captured these sad scenes in Jakarta and Singapore that happened as a result of our leaving:

• Drivers were confused on what happened (& would happen) to them. They visited our GL centers and but no one could answer their questions. We put our security people in a tough position since they also did not know how to answer drivers’ questions.

• Drivers were waiting in line for hours under the scorching sun to try to switch to Grab or Gojek.

• Some disabled (deaf/mute) drivers posted in online forums that they had effectively lost their jobs since Grab doesn’t accept disable drivers.

• Drivers who were older than 55 also lost their jobs since Grab doesn’t accept them.

• Drivers who previously had bad experiences with Grab preferred to join other (smaller) ride sharing players such as Anterin.

However, I am very happy that Uber does leave a good impression on them. They appreciated the work we have been doing for their life:

• UberMoto drivers paraded in their last ride in Jakarta and Ho Chi Minh.

• I received many texts and calls from drivers who wanted to thank Uber. Some even sent me goodbye and thank you videos

• They posted their driver profile screens as a nice memento of their long journey with us (kudos to driver profile team!)

• In many cities, Uber SEA employees voluntary held an appreciation day for Uber driver partners.

• Drivers gave many good comments about us:  ‘I stayed up until midnight to see what will happen to the app’ ‘I carried a pen so the rider can sign on my jacket’ ‘I brought my wife and 3 years old kid to the parade today’ ‘I want to stay with Uber, even just for one more day because they always treat us right’ ‘I drive today as a farewell to my loyal friend Uber for the past 4 years’

I did not realize how much these interactions with actual Uber drivers would affect me (I even cried in my last Uber ride in Jakarta :p ). Working with and listening to these people for the last 2 years have really touched me.  And while the positive feedback from above is certainly a sign of the good Uber could have on these people’s lives, there are some stories that paint a different picture:

• An elderly Jakarta driver cried in my interview room in the January 2016 Driver Earnings research session because he was not able to pay his daily car rental fee. He was too shy to tell his family that he could not survive with Uber job and chose to use his own saving to cover his daily rental while learning how to work with Uber.

• In Feb 2017 Driver Comms Research, a driver told me that he saw a text from Uber to “check his Alloy card”. He then went to a supermarket, trying to buy an Alloy card from but could not find one.

• In April 2017 Driver Community Research, I met a driver named Babah Eko who spent most of his time at night using a location sharing app to monitor other Uber Moto drivers’ locations. He did that for his friends (and gang) since it is not that safe to drive at night in Jakarta. He had seen many UberMoto drivers experience violence and motor cycle robbery.

• In September 2017 for Driver Earnings research, I met a single Vietnamese mother who was trapped in a car loan. She had a high earnings expectation of us due to our ads and decided to start car financing. It turned out that she was not able to pay her monthly car financing through Uber and needed to take 2 additional side jobs.

B. Research Recommendation

All of this research experience of meeting to our drivers and listening to their stories made me really respect their lives and struggles. In many of these moments, I also felt that we (Uber) didn’t treat them as well as we could have. We just saw them as numbers: # of drivers first trip, # of churned drivers, # of referrals, # of AnFT, etc.

I truly believe that we can do more to treat our drivers better. I hope that we can do more to see them as humans no different than you or me, trying to find a way to make a living and be happy, not simply as a vehicle for us to achieve profitability and an IPO as soon as possible.

However, in the last 2 years, I also have witnessed many good changes. Carbon Project is one example. Instead of focusing only on US drivers, we also spent our resources and time to listen to and try to understand the needs of those drivers in Jakarta, Cairo, and Bangalore – which compared to drivers in the US are less literate, less tech savvy, and may only earn as much as 10 USD daily.

While most of us earn at least a 6 figure salary, eat lavish dinner, and live out of 5 starts hotels when we do research trips (don’t get me wrong, I really enjoyed this perk and will miss it! :p ) –  I think we should strive to and can treat these drivers who earn only 300 USD per month – 3600 USD per year, better than we do now.

And it starts with Uber continuing to get to know these drivers to better be able to stand in their shoes and live their struggles

C. What’s next for me?

Together with the Uber Moto Gang, I am saying goodbye to Uber as well. After living outside of Indonesia for more than 8 years, I have decided to move back home temporarily. I will try to discover a bit more about myself, my country, my people and how I can support them. I will also spend more time with my family and close friends, maybe for the next 1 or 2 years. Honestly, I am very anxious and terribly afraid. I am afraid about the salary cut I will get, Jakarta’s traffic, living in a conservative society, the collectivist nature of Indonesians, losing all the exciting research trips I had at Uber, and missing out on all the happenings on our team and Uber. Super freaking out! But somehow my gut feeling tells me that this is the right thing to do.

D. Thank You page

Lastly, I would like to say that I really enjoy working with you all. It has been one of the best 2 years of my life (not even exaggerating here!).

Big contributors to this great experience have been Susan (my former manager), Sas, my research team, and our allies – people in product, engineering, and operations who have genuine motive to create great products and services for our drivers.

Thanks! I have learned a lot from you all.

I hope we can keep in touch. Ping me if by any chance you visit Jakarta. You can stay in my place and maybe will get paraded with the ex-Uber Moto gang members from the airport. 🙂

Cheers,

Yoel

Advertisements

Cerita Malam Hari


Udah beberapa hari ini konsisten posting “Cerita Malam Hari” di insta stories yoel_krisnanda.

Semoga bisa ttp konsisten tapi ttp ga males nulis blog.

Persimpangan


I wrote this post few weeks before. Intinya gw decide mau settle down di Singapore and be more anchored to the city. Buuuut.. you know what, gw plin plan abis orang. And I hate that. 2 mingguan terakhir ini gw lagi galau karena tiba2 di persimpangan lagi..

  1. Ada tawaran buat ditransfer ke kantor perusahaan yg di Amsterdam, Seattle atau New York
  2. Ada tawaran buat kerja di perusahaan FAANG di London
  3. Daaan selalu ada opsi buat balik Indonesia for good

Shiiit. This really struck me sampai gw susah tidur kalau malem2. The window to make the decision for option 1 and 2 is not that long.

Orang selalu bilang, tergantung lu goalnya apa. Laa masalahnya gw aja jg ga tau apa goal hidup gw. Masak gw kudu bikin2.

Paling sering orang bilang “udah cepetan aja nikah dan cari opsi yang paling gampang buat nikah”. La kalau gw ga mau nikah gimana?

Tau ah pusing.

Thought?

 

Update March 15th:

Opsi 2 udah dicoret. Opsi Amsterdam and Seattle dijadiin plan B.

Jadi pilihannya sekarang NY, stay di Singapore, atau pulang kampung.

Wish me luck!

FAANG


Hampir 2 tahun gw udah bekerja di Uber, salah satu US Tech Company. Selama 2 tahun ini gw lumayan belajar tentang budaya perusahaan2 US tech company lainnya juga, terutama dari Blind (forum anonim buat tech people) sama dari ngegosip sama temen kerja Uber yang juga mantan pekerja tech2 company lainnya.

Karena orang2nya itu2 aja, jadi gw lumayan bisa simpulin kalau budaya di perusahaan tech company lainnya di US ya mirip2 juga. Coba kalau dulu gw tahu budaya2 ini, pasti gw lebih cepet adapt dan terlebih penting gw jauh lebih jago buat negosiasi package waktu awal. Karena dulu gw dari adidas yg bukan US tech company, waktu gw dikasih package offer, ya langsung gw iya2in aja. lol. Gw yakin gw di kasih lowball sih. Jadi ini beberapa basic tentang tech company yang based in the US terutama untuk posisi tech (product manager, engineer, designer, data scientist, dan researcher).

Tier 1

Tech company biasanya dibagi ke dalam tier 1,2, dan 3. Walaupun ga ada standard yang pasti tentang perushaan mana aja yang berada di tier 1 karena pamor tech company terus berubah2. Beberapa tahun lalu, Microsoft mungkin masuk tier 1. Tapi sekarang bisa2 dia cuman tier 2.

Tier 1 biasanya ditentukan dengan seberapa positif harga saham perusahaan itu terus naik, seberapa susah buat masuk ke perusahaan itu, seberapa besar gaji/benefitnya, dan seberapa sexy ketika kerja di tmpt itu. Yang sekarang selalu masuk tier 1 adalah perusahaan publik FAANG yaitu Facebook, Amazon, Apple, Netflix, Google. Ke5 perusahaan itu masuk ke kategori dengan sexy, gaji super besar, harga saham yang selalu naik, dan susah banget buat masuknya. Untuk masalah gaji paling besar masih Netflix. Konon rata-rata gaji posisi tech di sana ada di kisaran 300k USD per tahun (belum termasuk bonus saham + benefit lainnya). Gila ga. 300k USD/tahun = 25k USD/bulan = 350jt rupiah/bulan. Take home pay! Belum bonus saham yang pastinya lumayan juga. Dan ini cuman rata2. Facebook, Google, dan Apple mengikuti di level berikutnya. Terakhir Amazon, sebenernya Amazon ga terlalu tinggi gajinya dibanding ke4 company lainnya. Tapi karena Amazon HQ ada di Seattle, pajak penghasilan and biaya hidup jadi lebih kecil dibanding di California. Selain itu harga saham Amazon selalu naik gila2an. Jadi pekerja Amazon dapat fasilitas itu.

Nah selain FAANG, beberapa perusahaan tech lainnya kadang masih dimasukin ke tier 1. Untuk yang belum publik ada Airbnb, Uber, Lyft, Spotify, Dropbox. Yang sudah publik ada Microsoft, Yahoo, Intel, Twitter, Adobe, Oracle, LinkedIn, Snapchat, Instagram, VMWare, Paypal, Expedia, etc.  Walaupun banyak juga yang argue kalau perusahaan2 ini walau kasih benefit yang ga terlalu jauh dari FAANG, tapi mereka ga patut dimasukin ke tier 1 karena beberapa alasan. Alasan utama biasanya karena “sudah ga sexy lagi” bekerja di perusahaan2 ini. Microsoft yang cuman punya produk MS Office dan Windows yang masih berhasil dan sisanya ga jelas. Yahoo yang udah menghitung hari kematian. Twitter yang masih struggle buat cari duit dan berbagai macam lainnya.

Vested / Stocks / Refresher

Hampir di semua perusahaan tech ini ketika kita bergabung di posisi tech, maka akan selalu dikasih saham. Ada dua jenis saham yang dikasih employee, yang pertama ketika join (sign up stocks) dan saham yang dikasih setiap tahun (disebut sebagai refresher). Sign up stocks ini biasanya bisa dicairkan penuh selama 4 tahun dengan memakai sistem cliff vesting selama 1 tahun dan sisanya selama 3 tahun akan dicairkan setiap bulan. Bingung? Gw dulu juga. Haha. Waktu disuruh negosiasi kaya gini, mana gw tahu.

Contohnya gini, fresh graduate biasanya dapat saham senilai 200ribu USD yang akan bisa dicairkan (vested) selama 4 tahun. Di akhir tahun pertama, si fresh graduate ini akan dapat saham perusahaannya senilai 50 ribu (seperempat dari 200rb – disebut sebagai cliff vesting karena ia harus menunggu satu tahun dulu) dan mulai bulan ke13, setiap bulannya ia akan mendapat saham senilai 1/48 x 200 ribu USD (~4166 USD per bulan).

Bagaimana dengan refresher? Refresher ini semacam bonus yang diberikan pertahun dalam bentuk saham. Lama vestednya bisa 2 atau 3 tahun. Jadi misalkan dapat bonus sebesar 50 ribu USD dan vested selama 2 tahun, maka setiap bulannya seorang pekerja bisa dapat tambahan saham sebesar 1/24 * 50 ribu USD (~2133 USD per bulan).

Sign up stocks dan refresher inilah yang bikin orang tech di Bay Area sana susah berpindah kerja (aka Golden Chain). Bayangkan orang yang sudah bekerja selama 3 tahun, maka setiap bulannya dia akan dapat saham (vesting) dari sign up stocks dan 3 tahun refresher. Besar saham yang bisa dijual ini bisa2 melebihi gaji cash yang mereka dapatkan. Golden chain yang bikin mereka ga bisa pindah kerjaan walaupun mereka uda bosen di satu perusahaan.

Role dan Gaji Fresh Graduate

Tingkat jabatan posisi tech di bay area itu bisa saling diconvert antar perusahaan. Jadi misalkan posisi gw adalah Senior Research 1 di Uber (disebut sebagai Level 5a), gw kira2 tau kalau gw pindah ke Google, gw bakal dapat posisi apa dan level apa.

Contohnya di Uber, sebagai researcher begini tingkat jabatannya:

  1. Associate Researcher (Level 2)
  2. Researcher 1 (Level 3)
  3. Researcher 2 (Level 4)
  4. Senior Researcher 1 /  UX Manager 1 (Level 5a)
  5. Senior Researcher 2 / UX Manager 2 (Level 5b)
  6. Staff Researcher 1 / Senior Manager 1 (Level 6a)
  7. Staff Researcher 2 / Senior Manager 2 (Level 6b)
  8. Director (Level 7)
  9. VP (Level 8)

Nah, posisi diatas bisa diconvert ke perusahaan lain. Dibawah ini contoh kalau posisi engineer dari Uber, Google, dan Facebook saling diconvert.

Screen Shot 2018-03-05 at 12.07.02 AM

Standard salary di Bay Area lumayan tinggi karena biaya hidup yang tinggi dan jumlah demand yang ga sebanding dengan supplynya. Untuk fresh graduate dengan jabatan software engineer 1 (T3 di Google, E3 di Facebook, SDE 59 di Microsoft, L4 di Amazon) di perusahaan Tier 1 bisa mempunyai rentang gaji di sekitar 100k – 150k USD / tahun atau 108 – 160 jt/bulan.

H1B, Green Card, dan L1

Banyak pekerja dari luar US yang ingin mendapatkan visa kerja di US. Visa kerja ini biasa disebut sebagai H1B – visa kerja dan tinggal sementara. Setiap tahunnya US mempunyai kuota terbatas untuk jumlah visa H1B yang mereka terbitkan. Makanya tech-tech company ini berlomba2 untuk cepet2an mendapat kuota yang banyak. Sayangnya jumlah yang tersedia selalu ga sebanding dengan permintaan. Jadi banyak yang ga dapat visa kerja dan terpaksa dikirim ke kantor cabang di luar US (London, Singapore, Zurich, Amsterdam, dll). Salah satu temen designer gw juga “terpaksa” kerja dari kantor Uber yang di Singapore karena dia ga dapat visa ini.

Untuk yang dapat visa H1B ini, mereka bisa mengajukan ijin menetap sementara atau yang disebut sebagai green card. Ada juga visa yang sering dipakai untuk bekerja di US yaitu visa L1 atau visa internal transfer. Misalkan seseorang telah bekerja di perusahaan US selama 1 tahun di kantor cabang yang non US, dia bisa ditransfer untuk bekerja di US dengan menggunakan visa ini. Perusahaan di tier 1 dan tier 2 aja yang juga biasanya bisa sponsor visa untuk pekerja non US dengan visa H1B atau green card.

Dress Code

MTIyMzAyMTA4MTU3Mzc5MTc0.png

Kalau kita pergi ke San Francisco, San Jose, dan Bay Area sana, kita bisa dengan gampang liat orang mana yang bekerja di perusahaan Tech. Dress codenya hampir sama: super casual dan sering pake SWAG (baju kebanggaan tech company itu). Begitu juga dengan gw. Biasanya kalau ke kantor kalau ga pake sandal ya sneaker, plus kaos monochrome dan celana jeans/jogger. Ada trend yang lumayan muncul juga sejak jaman Zuckerberg: orang selalu memakai baju yang sama tiap hari. Gw udah melihat beberapa orang kaya gini di kantor yang di US. Selalu blazer yang sama, baju item yang sama, kemeja biru yang sama, setiap harinya! Katanya biar ga harus mikir setiap pagi mau pake baju apa dan personal branding. Gw juga sedikit ketularan, melihat dari jumlah kaos polos warna hitam yang gw punya (so far ada 8!)

Unlimited Holiday

Tech Company juga biasanya pake sistem liburan ini: bebas mau ambil liburan sebanyak apapun. Kedengeran menarik tapi sebenernya ada riset bilang kalau jumlah liburan yang diambil pekerja di perusahaan dengan sistem ini justru jadi lebih sedikit dibandingkan yang dikasih jumlah cuti fixed. Gw tau kenapa karena gw ngalaminnya sendiri: sungkan kalau mau liburan!!! Berasa kalau mau apply cuti itu karena dapat grace dari perusahaan dan bukan hak gw. Walau waktu gw liat2 tahun lalu cuti gw lebih banyak dari jumlah cuti fix yang perusahaan Jerman kasih ke gw. Hehehe.

Entitled and Rat Race

Di Blind (forum anonim untuk tech company), kadang gw suka geleng2 kepala dengan tema2 yang diangkat ama orang2 tech ini. Beneran semuanya feel entitled. Contohnya kaya gini nih:

  • Gw baru lulus dan dapet tawaran 150k dari Google dan 120k di Amazon, menurut kalian ambil yang mana yah? Gw berasa dikasih tawaran lebih kecil (lowball)
  • Kenapa makan siang di Uber ga enak banget yah, ga seenak di Twitter yang pake chef terkenal. Perusahaan mana yah yang makan siang gratisnya enak?
  • Temen gw umur 28 karena bitcoin dia dapat total aset 2jt dollar. Gw merasa gagal. Apa yang bisa gw lakukan supaya mengejar ketinggalan gw?

Such a rat race right?

Depressed

Orang2 ini biasanya muda, single, in their late 20 or 30. Secara financial terlalu mapan. Terbang kemana2 naik bisnis class dan tidur di hotel bintang 5 (fasilitas kantor tentunya). Karena secara financial udah ga mikir, jadi kelebihan bandwidth otaknya jadi buat mikir yang aneh2. Dan jadinya banyak banget yang depressed. Again di forum blind lu bakal liat orang2 yang depressed ini. Ujung2nya bakal banyak trend2 di Bay Area yang berusaha buat bikin hidup mereka lebih happy: Iboga, Ayahuasca, Yoga, Makan makanan super sehat yang sampai kaya powder2 atau blender2an gitu, Fitness, Crossfit, Volunteering, LSD, dll.

Menarik kan? Hampir 2 tahun gw juga dalam golden chain ini. Menunggu waktu biar bebas. 🙂

Gimana dengan budaya tempat kerja kamu?

Jawaban Ask Me Anything


Tahun lalu, gw tulis post yang intinya orang bebas nanya gw apapun. Maaf baru bisa jawab sekarang. Here you go:

I’m Albert, a 20 year old informatics student in Surabaya. This comment is actually for the “10 years!” post (what will I talk about if I meet you in person), but I thought about too many things and somehow neglected writing them. Well this post came out and I won’t miss my chance this time!

At this stage of my life, I’m still searching for my worldview. I’m a Buddhist since birth. I go to Vihara a lot but all my schools are Christian (university too). I learn a lot about both religions, yet there are still a lot of unsatisfying answers. I would call myself a sceptic.

I have been reading your blog since the “12 hal” writing and pretty sure you are a reasonable and open-minded person. Also, you have met a lot of atheists and agnostics. Really want to hear your perspective about this.

Do you think that Christianity is true or you can’t say for 100% sure but choose to have faith in it or what? And most importantly, why? – Albert

Engga. Gw ga yakin kalau kekristenan itu 100% benar. Apalagi prakteknya, pendetanya, doktrinnya, teologinya, agamanya, orang2nya, dan termasuk gw pengikutnya. Status gw gimana sekarang? Susah sih. Secara jujur karena gw lahir dan bertumbuh di agama ini jadi kayanya gw jadi nyaman dengan kepercayaan ini. Gw bisa kasih berbagai macam alasan “logis” ke lu kenapa agama ini menurut gw yang paling benar, tapi gw merasa itu cuman karena gw ingin konsisten dan benar aja. Gw yakin pasti banyak lubang dari apologetic2 itu. Tapi selain itu juga karena pengalaman sih. Entah itu benar atau ga. Tapi gw punya beberapa pengalaman pribadi bersama Tuhan Yesus yang gw sembah. Apalagi ketika gw di saat2 paling gelap. Nah pengalaman2 ini yang selalu bawa gw kembali ke Yesus ketika gw lagi liar menjadi pilgrim di luar sana. I don’t think I answer your question. Mungkin karena gw gengsi ingin keliatan “politically correct”. Tapi dalam hati gw, gw ga ada bedanya ama pengkotbah fanatik yang dijalan2 itu, yang merasa agamanya paling benar koq. :p

Kalau sampai punya kekuatan utk bisa erase one thing from your own memory, apa ada yg mau di erase atau lebih milih untuk ga pake? and why is that memory or why don’t you want to erase any? – Maria

Hmm. Kalau mau jawaban Miss Universe kayanya harus jawab “ga mau erase apa2”. Karena pengalaman buruk juga yang ngebikin siapa diri kita sekarang. Tapi kalau mau jawaban Mr. Sumitro, kayanya gw mau erase pengalaman2 traumatic (baik yang gw sadar atau ga sadar) yang lebih banyak mudharat buat karakter gw sekarang dibanding manfaatnya. :p
I’d really like to know about your depression story and how you overcame it 😉
Maybe it sounds weird or even morbid, but I guess we all learn much more from failure stories than success stories. – Louisa
Hmm. Yang ini lebih enak kalau diperbincangkan dengan secangkir kopi. 🙂

Week 9


12:10 am, Hilton Shukumvit, Bangkok.

My first 16 weeks in 2018:

  • Week 1: Jepang
  • 2: Singapore
  • 3: Hampi, Bangalore (India)
  • 4: Singapore
  • 5: Jogja, Solo
  • 6: Jakarta, Bandung
  • 7: Solo
  • 8: Sydney, Bali
  • 9: Bangkok
  • 10: Singapore
  • 11: Hongkong
  • 12: Singapore
  • 13: San Francisco
  • 14: San Francisco
  • 15: Tokyo
  • 16: Tokyo

Gimana rasanya? Capek, butuh me time.

Ngeluh ga? Kadang

Bingung ga? Lumayan. Kadang bingung gw ini ngapain kerja koq “ngoyo” gini.

Stress ga? Biasanya malem2 gini. Kalau capek seharian berhaha-hihi ama temen kantor.

How long have you been doing this? Baru 1 tahun 8 bulan. Tp rasanya uda bertahun2 gw nguli gini.

Pengennya apa? Ga tau pengennya apa. Ada ga yah kerjaan yang chill tp tetep digaji gede? Ongkang ongkang kaki and bisa settle down tapi tetep bisa high flyer?

Pasangan hidup? After I solve this chronic existential crisis.

Tell me your day to day life and let’s trade for a month!

Anaknya Pah ET


Dari eulogy yang gw bacakan waktu upacara tutup peti Papa hari ini.

Biasanya di waktu seperti ini akan ada kotbah dari pendeta ttg arti kematian ataupun penghiburan untuk keluarga yang ditinggalkan papa.

Saya mengambil jalur lain daripada kita bosan mendengar kotbah yang mirip atau berisi penghakiman, saya ingin bercerita sedikit tentang papa untuk menghormati papa untuk terakhir kalinya.

Papa terkena serangan stroke pada tahun 2003, beberapa kali penyumbatan di tahun2 berikutnya, dan ditambah dengan diagnosa bipolar, selama 15 tahun terakhir papa berjuang untuk semangat hidup.

Inilah beberapa hal yang ingin saya ingat tentang papa.

Yang pertama, papa sayang sekali dengan keluarganya. Dari semua hal yang dilakukan ke saya ada satu hal yang saya selalu ingat.

Saya ga pernah lupa ketika saya masih kelas 2 SMP, tahun 2003 tepat sebelum papa terkena stroke. waktu itu papa sedang di Jakarta. Tiba-tiba papa menelpon saya untuk menanyakan apa saya mau dibelikan komputer.

Waktu itu harga komputer cukup mahal, dan tentu saja saya senang sekali. Papa juga senang sekali. Padahal komputer itu bisa dikirim lewat paket dari Jakarta, tp papa ngeyel. Papa kepingin bawa sendiri komputernya dengan pesawat supaya Ia bisa memberikannya secara langsung kepada saya. Dengan deg2an saya menunggu papa datang, dan akhirnya papa bawa komputer besarnya, ditenteng di dlm pesawat.

Karena komputer itu, saya berkenalan lebih awal dengan teknologi dan akhirnya memilih kuliah di bidang itu di ITB. Berkat papa dan komputer yang ditenteng di pesawat itu lah, saya bisa bekerja di bidang saya sekarang ini.

Yang kedua, papa juga adalah orang yang sangat suka memberi dan royal. Pernah suatu ketika papa bawa mobil box jualan moto atau vetsin nya ke stasiun kereta api di Solo balapan. Kemudian papa bagi2kan moto ke para tukang becak disana. Waktu mendengar cerita itu saya bilang ke papa “pah, koe ki ngopo. Masak bagi2in moto gratis di stasiun kereta api. Apa engga rugi?”

Tapi akhirnya dari sana saya belajar dari papa untuk bisa weweh, suka memberi. Kalau sekarang, saudara dan teman saya bilang kalau saya adalah orang yang generous. Itu semua karena papa. Saya melihat dari papa, betapa semangat dan happynya dia ketika memberi ke keluarga dan teman2nya.

Kata temen papa kemarin, papa kalau beli barang ga pernah mau satu. Paling tidak dua. Karena papa emang suka banget memberi untuk orang lain. Karena papa yang selalu suka memberi lah saya bisa juga bisa belajar menjadi berkat untuk orang lain.

Dan setelah kejadian bagi2 moto di kereta itu, ketika masa kuliah, setiap kali saya pulang dari stasiun kereta Solo balapan dengan naik becak dan bilang kalau alamat saya di cokronegaran, dody pet shop: terkadang ada tukang becak yang masih ingat akan ke-weweh-an papa. “Ooo itu dulu yang om-nya bagi2 moto itu yah” kata mereka.

Papa juga sangat bangga akan anak2nya. Papa dan mama keduanya hanya lulus sma. Setelah sma dia harus langsung bekerja untuk membantu keluarganya. Tapi kami anak2nya, karena kerja keras papa dan mama, semua bisa bersekolah sampai S2 di luar negeri. Cici Ina sekolah di Australia, ci Vivin di Jakarta, dan saya di Amerika Serikat. Kata orang, orang tua berhasil ketika anaknya mempunyai pendidikan yang lebih baik dari orang tuanya. Pah, papah sudah berhasil.

Saya ingat mama pernah bilang kalau papa dengan bangganya cerita ke teman2nya ketika saya masih bekerja di Jerman. “Anakku gajine gede”. Saya bangga banget waktu itu. Kepuasan saya waktu dulu juga ketika pernah ajak papa jalan2 ke Singapore dan traktir makanan kesukaan papa: kepiting.

Papa juga adalah seorang survivor. Karena saya sendiri pernah mengalami depresi, saya tau benar betapa susahnya untuk bangkit dari keterpurukan. Tapi papa tetap bertahan bertahun2 setelah mengalami stroke. Ide-ide bisnisnya tidak pernah berhenti, papa ingin buka cabang toko pet shop di sini dan di situ. Papa ke Bandung, ke Jakarta mencoba peluang bisnis baru. Akhirnya lewat cici dan koko saya, impian papa tercapai. Mereka membuka beberapa toko pet shop baru dan grooming. Sesuatu yang papa impi2kan. Pah, lewat c vivin dan ko steven akhirnya impian papa sudah tercapai juga.

Papa juga seorang yang makannya pilih2. Kalau soto papa cmn suka soto pak geger. Kalau martabak manis papa cmn suka martabak manis bangka. Pernah waktu papa mengunjungi c Ina di Australia, papa suka banget makan alpukat disana. Katanya “alpukat neng kene iki bedo rasane”. Saya engga tau, waktu itu menurut saya semua alpukat rasanya sama aja. Hanya setelah saya belajar makan makanan yang enak beberapa tahun terakhir ini saya baru tau kalau lidah papa memang ga pernah salah. “Alpukat neng Australia emang bedo rasane”. Sekarang, lidah papa menurun ke Kezia, keponakan saya. Dia suka sekali makan makanan2 yang enak. Pah, lidahnya Papa sekarang nurun lo ke Kezia.

Seminggu lalu kebetulan saya pulang ke Solo. Saya bersama teman2 saya dari Amerika mau jalan2 di Solo. Malam itu kami mau makan di restoran raja kepiting bersama papa dan mama saya. Dan ketika saya masuk ke restoran itu bersama teman2 saya, salah satu tmn saya ketika melihat papa dari kejauhan, langsung bilang “Is that your father? “ – apakah itu papa kamu?

Saya bilang iya dan bertanya “how do you know?” Dan dia jawab “he pretty much looks like you” – papa kamu mirip banget sama kamu. Saya bangga karena saya mirip papa walau sebenarnya ga nolak juga kalau dapat hidung mancungnya mama.

Itulah beberapa kenangan tentang Papa hingga akhirnya papa mengembuskan nafasnya yang terakhir di pagi ini.

Terimakasih untuk keluarga papa. Mami wa, Ko Giok, dan Ko San. Saya tahu mereka semua sayang banget sama papa. Juga Om Yan dan Kong Ho, kedua teman karib papa. Terimakasih sudah jadi teman karibnya papa dari sejak SD. Dan juga grup acara makan papa hari Rabu dan Kamisan. Terimakasih sudah bikin hari2 tua papa lebih ceria. Terimakasih juga untuk teman dan saudara yang sudah datang hari ini. Semoga kesalahan papa bisa dimaafkan dan kebaikannya bisa dikenang.

Hari ini adalah hari Valentine – hari kasih sayang. Rasa sakit dan sedih yang kita rasakan saat ini adalah tanda kasih sayang. Kalau kita tidak mengasihi papa maka kita juga tidak akan merasakan sakit dan sedih ini. Untuk itulah saya juga bersyukur akan rasa sakit dan sedih ini. Karena yang bersedihlah yang mempunyai hubungan.

Terakhir, akan saya tutup dengan sebuah ayat alkitab dari Ibrani 11:16 “He has prepared for them a city”. Dia telah mempersiapkan sebuah kota baru untuk papa di surga nanti. Dan oleh karenanya saya dan keluarga bisa ikhlas melepas papa untuk berjumpa dengan Tuhan Yesus.

Dari saya. Yoel, anaknya papah Eng Tiong. 14 Februari 2018.

Dulu


So one of my friends visited me during my stay in Jakarta. He needed some help on his scholarship application.

We spent around 3 hours working on his essay. It is very cool that he wants to study about neural language processing and deep learning.

When, we were almost done, I checked my emails. One email showed that some of my research plan did not go as I wished it to be.

My sudden reaction when reading that one email: “Fuck!”

Then, my friend reacted “You used to teach me for not cursing…”

I was like….. “…..”

We then just continued our work.

But during these 2 nights, I keep thinking those words:

“Dulu lu yang ngajarin gw buat engga ngumpat ko…”

Sorry friends…

I met someone


I have been working remotely from Solo for almost a week by now. Although I have been spending most of my time in my room, working, I still met some people here and there.

I met someone, she is in her 85. She does not remember anyone, her children, nor her grandchildren. Everyday her life depends on other people help. Her legs are numb and stiff because she just lays on her bed all the time. I wish she can be happy.

I met someone, she has a very quiet husband. She is an entreprenur. She got married with a younger man. When her husband was 19 y.o and she was 21 y.o. She asked me “when will you get married”. I told her “I am not sure.”. Then she asked me again “don’t you want to have a child?”. She has 3 children. I told her “every person can have different definition of happiness”. I wish she can also define her own happiness.

I met someone, he has same-sex attraction. He just broke up with his boyfriend, a Swiss dude. He said “I really want to live together with someone else. Make a coffee for my husband. I feel content with my career, I just need someone who can give me a commitment.”. When I told him how sometime people in Solo bother me by keep asking me about my personal life. He answered “Chill man. Look at me, how many people have been gossiping about me. If I care what they say, what kind of life I would have?”. I wish he can get a commited partner and live together happily.

I met someone, he works as marketing director of a transportaion company, reporting to the company’s director. He has been working there for 9 years, right after he graduated from his college. His first salary was around 800k IDR but now he earns 6.5 millions IDR. He said “I won’t be able to get this salary in other companies in Solo because I just graduated with D3 – 3 years of college education. That’s why I stick with this company.” I wish he can get a salary raise to make him happier.

I met someone, she is a housewife. She has two kids and she loves them so much. She said “I feel very content just being a mom. Cooking food for my kid and taking care of them”. She used to have a babysitter but not any more. “It is too expensive. 2 millions IDR per month”. Her son also loves snacking. “He can spent 200k per month just for buying snacks in his school.” I wish her son is always happy, with or without those snacks.

I met someone, he is turning 30 this year and he is super afraid with that. He is sad. Most of his time, he is just working. Sometime he wonders “why do I need to think about my work too much? You should think more about your family, friends, health, and soul”. Maybe he should find something else to do. But he is afraid to come out from his comfort zone. He earns more than 200millions IDR per month from his job and it becomes a golden chain for him. I wish he is not sad anymore.

(Bukan) Petualang


Gw lagi di bath tub skrg. Lumayan refreshing and relaxing. Setelah semingguan kmrn gw ada bisnis trip di India.

Perjalanan di India kemaren lmyan bikin gw banyak pikir. Ada momen2 dimana toleransi kenyamanan gw ditarik sampai ke limitnya. Buat ngasih gambaran, ada waktu dimana gw tinggal di sebuah kota kecil (desa?) namanya Hampi. Di desa itu gw bersama ribuan orang India lainnya melihat kuil2 dan reruntuhan sisa peradaban manusia zaman dahulu. Kotor, panas, liar, ramai, berisik, dan eksotis.

Di kota yang sama, ketika kita menyebrangi sebuah sungai dari daerah kuil2 tersebut, kita bakal bisa lihat daerah hippies. Macam versi mininya khaosan roadnya thailand. Di situ kita tinggal, bersama puluhan bule2 yg kebanyakan dr eropa. Santai, smoking weed, chilling.

Setelah tinggal Hampi selama 2 hari akhirnya gw dan temen2 gw balik ke Bangalore untuk kerja di kantor kita yg disana. Tinggal di hotel berbintang dengan kamar nyaman dan tissue toilet…

Di waktu itu akhirnya gw bener2 realize kalau gw makin berumur. Sisi adventerous gw uda berkurang banyak. Gw lebih enjoy kamar di hotel chain drpd smoking weed bebarengan bule2 hippies dari Eropa sana.

Jadi lebih lemah dan bukan petualang lagi.

Ini jg bikin gw berpikir kalau tahun ini gw akan mencoba buat ga restless lagi. Gw akan mencoba untuk ga berandai-andai lagi. “Gimana yah kalau gw pindah kerja Indo aja yah?” “Gimana yah kalau gw pindah kerja di US yah?” “Gimana yah kalau gw terima tawaran kerja ke Bangkok atau Eropa lagi yah?”

Gw akan mencoba buat fokus settle down and bangun hidup gw aja. Mungkin bulan Juli nanti gw pengen tinggal di satu apartemen sendiri. Masih mikir sih. Satu bedroom condo di daerah tgh Singapore harganya paling ga 3000an dollar. Sekarang gw bayar 1800an dollar buat share 2 bedrooms apartement ama housemate gw. Sebenernya gw jarang di rumah juga sih. Tp ntah kenapa gw ngerasa pengen settle down aja. Berbaik hati dengan hidup gw sendiri.

Tahun ini umur gw 30. Masa yah gw kudu hidup frugal terus. Kalau mau nabung buat dinikmati nanti, emang kapan mau nikmatinya? Bukankah gw harus menikmatinya sekarang.

Sampe sekarang gw ga punya loh rak buku sendiri. Karena gw pikir gw belon mau settle down.

So yah. Gw mau coba fokus. Double down ke kerjaan apapun gw pny skrg. Dan kalau emang mau pindah, gw ga mau impulsif. Karena toleransi berpetualang gw (sayangnya) udah berkurang jauh….