Hanya andalah yang bisa membuat diri anda mengerti

Ada satu dosen saya yang sering bilang kalimat ini “Hanya Anda sendiri lah yang bisa membuat diri Anda mengerti”. Dalam hal ini , pengertian yang dimaksud tentunya tentang mata kuliah yang diajarkan.

Namun akhir-akhir ini , terbersit sebuah kalimat lain “Hanya Anda sendirilah (dan Tuhan) yang bisa menyelematkan diri Anda sendiri”.

Awal tahun baru gini , di beberapa universitas pasti lagi sibuk2nya ‘penjangkauan’. Menjangkau anak-anak baru untuk bisa (berharap) masuk ke dalam komunitas yang sehat. Mengajak mereka untuk tumbuh sehat di dalam komunitas.

Namun setelah dua tahun saya masuk di dalam komunitas , ada (mungkin) sebuah realita yang saya anggap unik. Sebagian orang menganggap komunitas akan membantu mereka untuk hidup benar. Menyembuhkan setiap cacat rohani , cacat jiwa , dan bahkan cacat fisik. Mengharapkan banyak dari sebuah komunitas , atas setiap waktu dan tenaga yang telah diinvestasikan. Sangat benar setiap kalimat di atas. Namun semua mandaat itu harus dimulai dengan sebuah kesadaran diri.

Ketika Anda tidak ‘sadar’ bahwa komunitas bukanlah ‘Tuhan’ itu sendiri , maka yang ada adalah sebuah jebakan untuk masuk ke dalam sistem radikal yang terprogram.

Komunitas bukanlah Tuhan , namun komunitas adalah tanah yang siap membantu seseorang untuk tumbuh , ketika dia mau mati.

“Hanya biji yang mati lah yang bisa mulai tumbuh di bawah tanah…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s