Nyoblos apa pak? Wah tgl tunggu kode dr pak RT nanti mas..

Alkisah gw baru balik dari bandung, naek kereta 8 jam and nyampe di solo sekitar pukul 5.30 WIB di stasiun Balapan. Udara solo masih dingin dan gw terancam pulang sendiri karena gw bilang ke supir buat jemput jam 7. Pilihannya cuman 3 : Mau telpon papa mama, naek taxi, ato naek becak. Orang yang mengenal saya pasti tahu saya pilih yang mana. Yup! Saya pilih naek becak. Lebih santai, lebih menarik, lebih asik, hehehehe.

Di dalam perjalanan iseng-iseng saya bercakap-cakap dengan si tukang becak. Mulai dari penampilan kota solo yang lebih baik hingga pemilu. Berikut sepenggal percakapan saya dengan si mang becak (diterjemahkan di beberapa bagian dalam bahasa Indonesia).

Yoel : Nyoblos apa nanti pak?
Mang Becak sebut saja kumbang : Wah belom tau nanti tinggal tunggu kode dari pak RT. Sekarang namanya sudah bukan nyoblos lagi mas, tapi nyontreng, capresnya ga mau dicoblos. Hahahahaa
Yoel : Hahahahahha, emank tunggu kode gimana pak?
Kumbang : Ya nanti dikasi tau dari pak RT harus milih siapa?
Yoel : Oh gitu pak, kalo pemilu yg kemaren emank nyoblos sapa pak?
Kumbang : “partai biru pacitan” mas
Yoel : Kenapa pak? Bukannya solo banyak PD*P ya pak?
Kumbang : Wah itu juga dpt kode dr RT
Yoel : Loh emank gmn caranya pak?
Kumbang : Ya di RT saya sudah ditentuin siapa nyoblos siapa, diarahin keempat partai mas, Partai kambing jantan,Biru pacitant, putih sorban,sama kuning karya. Ya yang ngasih paling banyak dikasi suara paling banyak. Sudah diatur semua, kita tinggal ikut.
Yoel : oo, gt pak. Emank dikasi brp pak?
Kumbang: 20rb mas seorang. Jadi kalau sekeluarga yang bisa milih 5 orang ya untung mas, bisa dpt 100rb
Yoel: wah itung2 buat nambah2 ya pak
Kumbang: Iya mas, lumayan

Nb : nama partai sengaja diplesetkan -dirahasiakan- drpd sya dituntut kena UU ITE,akaka)

Pyuh! Yah mau bilang apa lagi. Mau protes juga gimana. Orang memank banyak ‘wong cilik’ yang buat makan aja mikir mana dipikirin idealisme demokratis. So ayo anak muda, pilpres nanti jangan sampai golput. Tetap optimis untuk Indonesia!! Lebih baik berpartisipasi drpd pikiran kritis tapi hanya bs terus mengutuk negaranya sendiri!

Btw : pada pilih siapa neh? hehehehhehe

7 thoughts on “Nyoblos apa pak? Wah tgl tunggu kode dr pak RT nanti mas..

  1. Wah krg tau ko, ada sg blg pake ktp aja bs tapi hrs daftar dulu sbelone ke rt
    Plg gampang ya pls solo
    Sambil makan sate pengging contreng juga hehehe

  2. orang kecil yang nggak ngerti emang gitu, asal ngikut aja.. apalagi dapet duit..
    saya nggak golput, Yo.. pulang dulu ke Jakarta nih.

    hidup Indonesia!

  3. Weeee partai biru pacitan :p
    aku wong pacitan g rela nek diidentikkan dengan pak beye. tapi ya mo gimana lagi, emang beye asalnya sono,😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s