Cerita ke-7 Zion dan Pucy –the dumbs-

Di sebuah kafe di bantaran Jago Bakar, Dungdung, 13 Oktober 2006

08.16 am – di tengah-tengah pembicaraan yang boring-

Pucy : “Lu kenapa akhir-akhir ini ngilang, yon? Lagi sibuk urusan tugas?”

Zion : “Kaga. Biasa aja. Kaga ngilang juga ah gw. Kaya lu ga sibuk aja.”

Puci : “Dicariin Kak Wang lu kemaren. Koq pertemuan mingguan TEKEK udah dua kali ga dateng.”

Zion : “ahahahhaha… gw lagi bingung aja ci. Gundah gulana. Alah! Akakakkak. Keren gini bahasa gw.”

Puci : “Hahahah.. lagi bosen bikin pergerakan buat manula. Bukannya lu dulu yang paling semangat. Inget ga waktu kita ketemu pertama kali di pertemuan mingguan TEKEK? Perasaan lu yang teriak paling keras. TEKEK! AUM! AUM! AUM!. Inget ga lu? ”

Zion    : “Akakkakakkaka….inget inget… “

—-jeda lama, pada ngelamun—

Puci    : “Oncom hey! kaya homo gini kita. Diem-dieman pandang-pandangan di kafe. Ngomong apa kek. Lu ga ada topic yah?”

Zion    : “Akakakkaka…Ada…tapi lumayan berat, lu kuat kaga?”

Puci    : “Akakakka.menghina dina lu. Masa pemimpin kelompok bincang bincang (KBB) manula kaya gw gini ga sanggup ngomong berat. Sok sini gw layanin. Apa topic lu?”

Zion    : “Ok, topic pertama namanya kesadaran. Gw kaitin ama aktivitas yang kita sama-sama didalamnya yah. Kalo gw omongin himpunan mahasiswa gw, lu juga kaga bakal nyambung. So kita ngomongin TEKEK aja. Gini , lu pernah sadar ga sih kenapa lu ngelakuin semua hal yang udah lu lakuin di TEKEK? Maksud gw, sebenernya lu sadar ga seh ngapain aja selama ini.”

Puci    : “Ya sadar lah. Lu kaya balik ke pertanyaan dasar gini seh yon. Kita di TEKEK yah berjuang buat manula. Biar kakek nenek itu kaga mati sia-sia, tau kudu ngapain di hidupnya yang tinggal sebentar itu. Masa lu tega kalo liat kakek nenek lu mabuk-mabukan di jalan and mati kelindes trek.”

Zion    : “Cuman itu?”

Puce   : “Ya ga juga, ini organisasi yon. Pasti banyak manfaatnya. Gw jago ngomong kaya sekarang gini juga berkat TEKEK. Gw di sana ketemu orang-orang yang jadi sahabat ampe sekarang kaya lu, ama Loky. Di sini karakter gw berubah. Sekarang kalo gw lihat ada kakek kakek di jalan pasti gw tanyain dia udah punya rumah belon. Diurusin keluarga ga. Punya duit cukup buat beli es krim ga. Punya duit buat makan enak ga. Gw udah ga egois lagi skrg, ya maksud gw agak ga egois. Ato manfaat lain gw sekarang jago urusan tetek bengek yang ada hubungannya ama manula. Gw tau semua merek makanan yang bisa dimakan nenek umur 80 tahun keatas yang gigi tinggal dua biji ato gw bisa kuat maen catur ama kakek-kakek ampe berjam-jam. Ato gw juga kuat buat nemenin nenek-nenek ngrajut sambil terus ngulang-ngulang cerita yang sama ttg cucunya. Gw udah sabar n tahan uji lah skrg.”

Zion    : “trus?”

Puce :  “Yah masih banyak lagi lah, Intinya gw banyak berubah gara-gara TEKEK n gw 100% sadar ngelakuin semua ini. Emank lu gmn? Selama ini lu ga sadar? Sakit lu? Akakkaka”\

Zion    : “Oncom!”

Puce   : “emank lu gmn? Lu kenapa mau sama-sama ama gw nemenin nenek-nenek ngrajut sambil dengerin cerita ngebosenin about cucunya yang ga bisa ngomong huruf ‘r’ ? “

Zion    : “ Ga tau ci,Di titik ini keknya gw perlu mendefinisikan ulang kenapa gw melakukan semua ini.”

Puce : “Maksud lu?”

Zion    : “Ya, gw ga mau jadi robot yang ngelakuin banyak hal tanpa kesadaran. Cuman diprogram and jadi kebiasaan tanpa esensi”

Puce   : “Alah! Itu pernyataan klasik yon. Kadang jadi robot itu ada baiknya juga. Lu kaga perlu mikir, asal lu tau program yang decoding buat lu baik, udah ikutin aja.”

Zion    : “Kalo ada bug?”

Puce   : “Ya udah antepin aja. Ntar juga bugnya ketimbun ama hal-hal yang baik dari program itu. Lu ga usah pusing-pusing jadi orang.Mengalir aja, kaya anak kecil. Orang bilang punya sifat kaya anak kecil tuh baik. Lu sebenernya mau ngomong apa sebenernya. Langsung aja yon…gw kenal lu lah”

Zion    : “ Maksud gw gini. Gw tuh kudu sadar dalam ngelakuin semua hal. Termasuk aktivitas gw di TEKEK ini. Definisi sadar gw adalah gw tahu apa yang harus gw perbuat, gw tahu alasan gw ngelakuin itu,  en gw harus bisa mendefinisikan secara jelas kenapa gw memilih TEKEK ini. Gw ga mau jadi korban euphoria, Ga mau juga jadi korban kebiasaan dan ritual turun temurun. Semuanya harus tangible, terukur! Nah masalahnya, makin kesini gw makin ga terukur. Sekarang semuanya pake hati. Kadang ditambah istilah aneh. Divine vision, visi yang dari atas. Padahal nurut gw, perasaan pikiran dan kehendak, harusnya bisa menjawab semua keadaan. Otak gw menolak semua hal yang digeneralisir dan dipaksakan dan didoktrinasi. Membuat gw semakin bodoh dan barang pabrikan, sama semua, tinggal ditambah label jual gw udah ga ada bedanya ama barang sejenis. Paling yang ngebedain cuman warna, tapi itupun kalo orang udah kenal deket tau juga kalo sama ama barang sejenis lainnya.”

Puce : “Trus?”

Zion    :”Nah nurut gw harus ada jalan keluarnya. Walo pada akhirnya gw harus tetap memilih antara menjadi robot atau bebas dengan..”

Puce   :”Tapi sekali lagi, sorry gw potong, lu lebay yon. Gini. Gw di TEKEK udah 1 taonan lebih. Gw juga kadang ngerasa jenuh, ga tau lagi ngelakuin apa, capek aja. Tapi gw ga ambil pusing, yang gw tahu di TEKEK gw ditempatin, dan itu bener. Kalopun gw didoktrinasi –gw pinjem istilah lu, walo agak kasar-, gw rela koq. Dimana-mana doktrinasi itu ada kali, di kampus, sekolah, keluarga, rumah kostan, di TEKEK juga, Itu normal. Malah disini lu didoktrin yang bener. Kenapa lu harus nolak.”

Zion    :”Ga bisa gitu ci, siapa yang bisa pastiin kita didoktrin dengan benar. Lu oke2 aja karena lu ga lihat dunia luar. Kita -maksud gw- ga ngliat dunia luar, jangan-jangan di luar manula-manula yang kita urusin ada orang-orang yang lebih butuh kita. Yang gw utamain sekali lagi disini –kesadaran!. Kita harus melakukan segala sesuatu base on kesadaran, pertimbangan, dan prediksi. Bukan asal tembak dengan alasan hati dan tetek bengek lainnya.”

Puce   :”Udah gini aja. Knapa waktu itu lu triak TEKEK! Keras banget waktu pertemuan pertama. Lu pake hati atau kesadaran. Gw yakin lu pake hati. Jadi lu salah waktu itu? Ga kan. Kadang kita perlu pake hati yon. Ga semuanya bisa terukur dan terprediksi.”

Zion    :”Yah itu pengalaman bukan kebenaran. And gw yakin waktu itu banyak variable yang bisa menjelaskan keadaan gw, bisa kondisi, atmosfer, perasaan, sound system, air conditioner, kursi empuk, perut kenyang, dompet tebal, apapun itu. Dan sekarang gw harus bisa mendefinisikan setiap variable dengan jelas dan memilih mana yang harus memperngaruhi gw mana yang ga.”

Puce :”Jadi lu mau berhenti dari TEKEK gara2 lu mau cari kesadaran dulu?”

Zion :”Hmm.. ga juga..”

Puce   :”Loh? trus gmn donk?”

Zion    : “ Ya ga gimana-gimana. Gw kan ga bilang apa2. Orang td kan kata lu ga ada topic. Yah gw cari2 aja topiknya.”

Puce   : “trus intinya, kenapa lu ungkapin semua pikiran lu, tapi tetep mau stay di TEKEK?”

Zion    : “Ga tau…karena gw bodoh kali…”

Puce   :”Hahahahhaa…ya udah, lu lebih bagus jd orng bodoh kalo gt. Dengan jadi org bodoh sebenernya lu sedang mendefinisikan ulang kesadaran lu. Dari tadi kita ngomong tentang hal luaran dan ga pake istilah –istilah aneh kaya divine vision yang lu sempet sebut tadi. Padahal nurut gw di dalem itu kita bisa jawab pertanyaan lu tentang definisi ulang itu.”

Zion    :”Emoh! Kaga tertarik ah. Lu kaya jilat omongan sendiri ci, tadi bilang ga mau dijelasin, sekarang pengen semua dijelasin. Udah..jadi orang bodoh aja kaya gw. Orang bodoh kadang banyak untungnya.”

Puce : “ahahhaha.. ya udah. Cheer for the dumbs!”

“Cara utama untuk mengalahkan hikmat adalah menertawakannya, melecehkannya, sehingga harga dirinya jatuh dan tak bertaring lagi.” -YKS

4 thoughts on “Cerita ke-7 Zion dan Pucy –the dumbs-

  1. hahahahha…woke bgttt cuii😀 jgn2 ampe skrg si zion belon nemu jwbnnya akakak…mgkn ga yah si TEKEK itu HOME ato our LOVE’s EXPRESSION (i mean a place where u NEED to express ur love)? akakaka…

    cuma kekny gw ga gitu setuju sama quotenya elo..mgkn LOGIKA kali y bukan HIKMAT cos mnrt gw HIKMAT itu positif meaningnya y ga sih hehe..tapi point ttg KESADARAN itu bagus bgt😀 krn mnrt gw HATI dan OTAK itu harus ada dua2nya…cerdik spt ular dan tulus spt merpati akakkaak..:p

  2. huahahahaha, kaya dejavu..
    huahahahaha, kaya pengalaman pribadi..

    buat zion :
    tenang yon, lo bebas kok milih apa pun, n Si Empunya Gerakan TEKEK ga bakal marahin lo kok. malah Si Empunya Gerakan TETEK bakal ngdukung banget setiap perenungan lo,,so ya dah, nyantai dl, mikir dl. wajar kok.

    buat puce :
    hehe, ngerti dikit lah, kalo ga smua org dpergerakan lo tu sama kaya lo..bisa lempeng ja nglakuin sgala sesuatu, bisa dgn polosny patuh n bergerak.
    but i like kind of peoples like u. really do. seru!
    beruntung bgt lah si zion pny tmn kaya lo! hahahaha.

    eh, yoel, lo tuh jd si zion ato puce yah? (hahaha)

  3. hush! eci jgn sebut merek donk!!! gw bela2in buka fesbuk gr2 mo bc ini cerita…mantappppphhhhhhhh!!!….gw tau cerita seorang tua yg gamo ngaku bodo makanya skrg di kondisi yg bs dibilang menderita, tp si kakek bilang “wong cari kebenaran koq mau enak2an….kerja keras nak n tanggung resikonya…hahahaha.” sambil dia menghilang di tengah kabut di malam hari.

Leave a Reply

