Puci, Loky, dan Zion -the birth-

“I’ve got my memory. Always inside on me. That I can go back . Back to how it was “ – This is Home (from Chronicles of Narnia)

Puci, Loky, dan Zion  -the birth-

Dungdung, 19 Agustus 2005.

Angkot Cicahem – Ledeng  08.13 pm

Puci dan beberapa orang tak dikenal lainnya

Puci seorang mahasiswa asal kampung Astina akhirnya berhasil menyelesaikan Ospek yang sudah berlangsung selama seminggu.  Malam ini dia pulang dari kampus dengan naek angkot. “Dasar sopir kurang terdidik, masa ngetem lama banget, bisa-bisa sampai ayam tumbuh gigi saya ga pergi2 juga dari tempat sini” pikirnya. Sambil terus menggerutu matanya tiba-tiba tertarik melihat sebuah brosur usang yang ditempel sekenanya di pintu angkot. Pikirannya pun terusik dan mulai membaca tulisan yang tampak diatasnya.

_____________________________________________________________________________

“Data mencatat bahwa Dungdung merupakan kota dengan populasi manula yang paling tinggi di seantero negeri Garuda. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya panti jompo yang tersebar di seluruh penjuru kota. Namun keadaan kaum ini cukup memprihatinkan. 92% dari kelas sosial ini ditinggalkan oleh keluarganya, tak ayal membuat mereka hilang tujuan hidup. Tak sedikit dari ‘oma-opa’ ini yang hanya hidup untuk menghabiskan oksigen hari demi hari. Tanpa tujuan apalah arti hidup mereka. Fakta di lapangan semakin diperburuk dengan paradigma ngawur yang sudah dianggap biasa oleh  masyarakat. Misalkan para manula ini biasa menghabiskan waktu sehari-hari dengan seenaknya, minum ciu , hura-hura, pesta para manula, bahkan parahnya banyak opa-opa yang suka maen ke jalan Dasamuka (sebuah jalan di kota Dungdung dimana prostitusi dilegalkan –red). Hidup hanya sekali, kenapa harus dibuat susah – pikir mereka.”

“APAKAH ANDA BISA DIAM DALAM KEADAAN INI????”

“Kami adalah LSM yang menamakan diri sebagai TEKEK (Tebus Kakek Nenek). Sebuah organisasi nirlaba yang memperjuangkan kehidupan yang maksimal bagi para manula. Nama TEKEK yang merupakan singkatan dari Tebus Kakek Nenek dipilih karena filosofi kami menyimpulkan bahwa hidup kaum manula ini harus ditebus dari setiap perlakuan yang tidak sehat.  Apakah Anda ingin melihat kakek-nenek Anda meninggal dengan cara yang tidak terhormat? Bergabunglah bersama kami demi kakek-nenek yang lebih baik.”

“Pertemuan bagi para relawan akan diadakan pada hari Minggu, 21 Agustus 2005 di Gedung ICHTUS (Ikatan Cendekiawan Hebat untuk Tolong Usia Senja). Contact Person : WANG (081877777777)”

“Wah apaan neh? Baru pernah dennger gw ada LSM aneh kaya gini. Tapi cukup menarik juga keknya. Ah liat ntar lah, kalo gw nganggur pengen coba lihat gw.” Pikir Puci.

Mobil Kijang Krista. 08.13 pm

Zion dan papanya

Zion                    : “Males banget pa ospeknya, cuman suruh jongkok trus bikin body wave, gitu aja terus2 an.”

Papanya Zion (PZ) : “Ya namanya juga ospek, yang penting sekarang udah selesai kan. Papa besok balik Jakarta yah. Kasihan mama kamu sendirian di sana. Toh ospek kamu udah selasai dan kalau papa terus-terusan temenin kamu di kost-kostan nanti kamu diejek anak papi lagi. Masak kamu mau.”

Zion                    : “Iya, iya. Siapa juga yang maksa papa buat nemenin Zion. Eh pah lihat tuh ada orang kribo teriak-teriak di tengah jalan. “

PZ :                     “Mana? Mana? Ya ya.. Papa lihat. Di sebelah mobil VW itu kan?”

Orang Aneh    : “ TEKEK buat bangsa! TEKEK untuk Indonesia! TEKEK demi Asia! TEKEK! TEKEK! TEKEK!”

Zion                    : “Ih pah..orangnya jalan ke mobil kita pah. Ayo cepet jalan pa!”

Orang-Aneh (sambil mengetuk kaca mobil) : “Permisi om, permisi, boleh dibuka kacanya?”

Zion                    : “Pah orangnya minta dibukain tuh kacanya, jangan dibuka pah,”

PZ                       : “Udah dibuka aja kayaknya juga cmn mau kasih brosur, tuh ditangannya ada banyak brosur”

-kaca mobil dibuka-

Orang Aneh    : “Om, ini brosur dari TEKEK. Bagus isinya, silahkan dibaca yah om, terutama adiknya itu harus baca yah.”

-kaca mobil ditutup-

Zion                    : “Ih aneh banget seh orang itu. Teriak-teriak cuman mau kasih brosur. Brosur apaan seh pah, sini biar Zion lihat”

_____Brosur___________________________________________________________________

Data mencatat bahwa Dungdun..bla..bla..bla..etc………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………..Contact Person : WANG (081877777777)”

_____Brosur___________________________________________________________________

PZ : “Tentang apaan on?”

Zion : “Ga tau, kurang jelas, ntar aja Zion baca lagi di kostan. Pah, udah mau nyampe neh, papa langsung balik Jakarta aja. Ok”

Tempat biasa buat makan mahasiswa – Terang Benderang – 08.13 pm

(Loky dan teman-teman barunya)

Loky                : “Huah! Males banget! Minggu pertama ga penting gini. Mana ga ada cewek cakep lagi di kelompok ospek gw.”

Teman A       : “Ya elah. Lu ma cewek aja di otak. Udah pesen makan lom lu?”

Loky                : “Udah. Gw pesen ayam cola. Katanya enak.”

Teman B        : “Ati-ati lu bisa mencret ntar.”

Loky                : “Kaga lah, gini-gini perut gw udah diospek dari beberapa minggu yang lalu, alias udah mencret dari waktu pertama kali nyampe Dungdung. Udah jago lah perut gw urusan kebal ama makanan kotor sekarang.”

Orang Aneh tiba-tiba sok memperkenalkan diri (OATTSMD) : “Wah mahasiswa baru yah. Gimana ospeknya? Ga serem kan? “

Loky                : “Kaga, malesin aja. Siapa yah saudara? Anak baru juga?”

OATTSMD     : “Bukan saya mahasiswa tingkat atas koq, cuman pengen kenalan aja ama anak-anak baru”

Loky                : “Halah, ga mungkin. Pasti ada maunya. MLM yah? Gw anti kalo lu ajak2in gw MLM. Gw udah bilang dari awal ye.”

OATTSMD     :”Hahahha, bukan koq. Cuman ya kalo udah ketemuan langsung aja deh. Gw dari organisasi namanya TEKEK. Nah organisasi ini cool banget lah. Lu bisa punya banyak pengalaman ama manula di sini.  Nah hari minggu ini kita ada pertemuan buat anggota-anggota baru. Kalo lu tertarik datang yah. Asik banget lah pokoknya. Nih brosurnya.”

Loky                : “yah.yah.yah.. gw simpen aja sini brosurnya. Kalo ada waktu ntar gw datang deh.”

OATTSMD     : “Ok! Gw tunggu yah! Ya udah sok dimakan makanannya. Ati-ati bisa mencret. Makanan disini bersih banget. Akakkakak”

Loky                : “Orang aneh..brosur aneh…”

_____Brosur___________________________________________________________________

Data mencatat bahwa Dungdun..bla..bla..bla..etc………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………..Contact Person : WANG (081877777777)”

_____Brosur___________________________________________________________________

-to be continued-

One thought on “Puci, Loky, dan Zion -the birth-

  1. akakakak…dasar yoeell yoeell ahhhaha..:D keren2..lu emang berbakat nulis buku..surely! btw gw slalu bisa nebak tuh tulisan2 lu..apa y selalu imply something yg around hidup lu bgt cuma bisa ketebak akakakak..:p i know it..keren2 el..proud of u! support deh buat nulis2nya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s