Cerita ke-13a Loky,Puci, dan Zion – the Paper –

“Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) atau High Common Factor (HCF) adalah sisa dari pembagian yang dilakukan berkali-kali terhadap beberapa bilangan dengan bilangan yang sama. Yang menjadi menarik adalah mencari bilangan pembagi yang sama untuk setiap bilangan, melakukan operasi pembagian dan melakukannya lagi terus menerus hingga bentuk yang paling sederhana, dan akhirnya kita bisa berkata ‘Eureka!, I’ve found it!” –YSK

Kamar kostan no 113, Ciumbuleuit 2-12, Dungdung.

28 Februari 2007, 06.15 pm

Loky, Puci, dan Zion

Loky –sambil ganti2 channel TV- : “Males banget neh, maen apaan yuk, troof kek, PS2 kek, petak umpet kek, gundu kek.  Bentar lagi gw mati kebosenan neh. Ci, lu ngapain di dpn laptop terus dr tadi, maen dota?”

Puci  : “Ngaco, ngerjain tugas oncom! Mana bisa maen troof berempat, lu kaga ada tugas? Perasaan lu katanya mahasiswa Universitas Gajah Duduk tapi nyantai gitu hidup lu, lu kuliah kaga seh? Jangan-jangan lu suka Ge-Be (Gaji Buta-red) ya…disaat yang lain susah-susah bikin struktur data spreadsheet pake bahasa C, lu malah santai-santai ngegangguin mahasiswa lain. Yon, temen lu diurusin tuh, kasih kerjaan kek, apa kek, biar diem ”

Loky   : “Oncom! Kaga kali. Lagi ga ada tugas-tugas aja gw. Lu masa ga tahu kalo dosen struktur data gw lagi hamil, jadi cuti  deh dia, cuti juga kuliah and tugas2nya. Jangan sirik aja lu.”

Loky –sambil lempar bantal ke muka pelor Zion- : “Yon, lu kebo banget seh! Bangun euy! Temenin gw maen dotA sini”

Zion    : “Krrrrr…”

Loky   : “Kebo banget seh. Btw lu ngerjain tugas apaan seh? Sini gw bantuin, drpd gw kaga ada gawe juga.”

Puci    : ”Ga usa. Ga percaya gw ama lu. Akakkakakka”

Loky   : “ Emank tugas apaan?”

Puci    : “Eksistensialisme….”

Loky   : “Ya elah. Ngapain juga lu ambil mata kuliah umum (MKU) kaga jelas gitu. Ambil yang rada-rada guna dikit napa. Emank paket A?”

Puci    : “Kaga juga. Seru aja keknya.”

Loky   : “Belagu ah. Gw ketawain ntar pokoknya kalo akhirnya lu dapet C. Emank lu suruh bikin apaan?”

Puci    : “Paper 3 halaman. Udah ah, diem, lagi mikir neh gw, lu ganggu aja dr tadi, kalo mau bantuin gw diem, ga nemu-nemu ide neh dr tadi.”

Loky   : “Yeeee.. mau dibantuin malah marah-marah. Sini beneran gw bantuin cari ide. Emank disuruh bikin paper tentang apa.”

Puci    : “Ni gw bacain. Kalo ga ada ide, janji diem yah abis ini. ‘Buatlah paper dengan jumlah halaman minimal 3 halaman. Tema paper kali ini eksistensi Tuhan atau Dewa atau Zat tertinggi atau Objek Supranatural dengan Kekuasaan Absolut. Jika Anda mempercayai adanya Tuhan tulislah pembuktian opini tersebut secara LOGIS (tidak boleh memakai pengalaman atau hal-hal  supranatural lainnya,) dan vice versa jika anda tidak mempercayai keberadaannya Anda juga harus membuktikannya. Anda boleh mengaitkannya dengan agama atau kepercayaan atau filsafat yang Anda percayai. Tulisan yang memakai pembuktian secara emosional (baca : menggunakan perasaan, pengalaman, dan tanpa logika) tidak akan dinilai (baca : nilai NOL). Deadline : 1 Maret 2007. Format paper : Size A4, Font Times New Roman, 12, Spasi 1. Tuhan/Allah/ Zat tertinggi/Objek Supranatural dengan Kekuasaan Absolut memberkati!’ “

Loky   : “…………”

Puci    : “Akakakakakka. Biasa aja donk muka lu. Ga usa cengoh gitu. Akakakkakakakkak. Jadi mau bantuin gw ga neh? “

Loky   : “Oncom! Siapa seh dosen lu? Deadlinenya besok lagi. Udah berapa halaman lu?”

Puci    : “Satu…Udah bikin judulnya. Akakkakaka ‘Why I am not a Christian’ Keren ga judul gw?”

Loky   : “Hahaha. Cupu banget. Udah bangunin si Zion aja. Siapa tahu dia ada ide.”

Puci    : “Yon..yon..yon.. YOOOOON!!!!”

Zion    : “Hmmm… apaan seh…..” –kembali tidur, balik kanan, peluk guling-

Loky   : “Timpa aja udah.”

-perbuatan kurang baik-

Zion    :  “Iya.iya. Apa seh? Ga bisa lihat orang seneng aja”

Puci    : “ bantuin gw neh, stuck. Ga ada ide buat paper.”

Zion    : “Emank apaan temanya.”

-Puce membaca tugas dari dosennya-

Zion    : “Trus lu mau nulis apa? Setuju ada Tuhan atau kaga?”

Puce   : “Sekarang seh mikirnya mau tulis kaga ada Tuhan. Lebih gampang keknya. Abis suruh pake logika. Udah coba gw mikir gimana ngebuktiin kalo ada Tuhan, tapi gimana yah. Gw lebih pake pengalaman. Ga mungkin kan gw tulis –Pada umur 12 tahun saya merasa bertemu dengan pencipta saya, sejak hari itu setiap hari dia menunggu saya untuk sedikit berbincang tentan isi hatiNya kepada saya, jika bapak mau mengenalnya, saya bisa memperkenalkannya dengan Bapak. Dia cukup ramah koq, kadang- . Bisa-bisa langsung dapet NOL gw. Jadi gw cari gampang aja. Ni gw udah bikin judulnya ‘Why I am not a Christian’.”

Zion    : “Yeah.. I see. Gw juga ga bisa banyak bantu keknya. Tapi kita diskusi aja, ntar lu tinggal simpulin dari hasil diskusi kita and lu tulis tu paper. Gw bantu mulai cara pikirnya.”

Loky   : “Cieeee. Ampun Masta! Ampun!”

“Berapa FPB 144 dan 36?”

“ Hmm.. Coba kita bagi ama 2 semua…sekarang jadi 72 dan 18.”

“Trus?”

“Hmm…let me think first”

-to be continue-

Leave a Reply

