Fulbright Journey (part 1) Maret – Juli 2010

-Tahap Saringan-

September 2010, saya mendaparkan email membahagiakan bahwa saya menjadi salah satu kandidat utama (principal candidate) untuk mendapatkan beasiswa Fulbright untuk belajar di Amerika. *sombong mode on* :p Namun banyak pertanyaan muncul di benak saya mengenai tahapan-tahapan selanjutnya tentang bagaimana mengubah status kandidat ini menjadi status penerima (Fulbright Scholarship Grantee). Jadi tulisan ini lebih ditujukan sebagai informasi untuk para kandidat utama  (ataupun cadangan) beasiswa Fulbright. Dari pengalaman saya proses selama hamper setahun untuk mengubah status kandidat menjadi penerima lebih melelahkan dan panjang dibandingkan mendapatkan status kandidat itu sendiri. Saya harap tulisan mengenai gambaran umum proses-proses tersebut bisa membantu orang-orang yang selalu ingin mengetahui info lengkap tentang sebuah masalah/prioses(seperti saya dulu, hehehe.). Tahapan-tahapan di bawah bukanlah sesuatu yang pasti terjadi setiap tahun dan hanya berdasarkan pengalaman saya seorang. Dan jenis beasiswanya terbatas untuk beasiswa Master/PhD. Untuk yang masih berburu beasiswa ini (belum menjadi kandidat), informasi lebih lengkap bisa dilihat di laman aminef.or.id.

Tahapan-tahapan

  1. Tahap Saringan  I (Dokumen) (Maret – April )

Pada tahap ini aplikan mengumpulkan semua dokumen yang disyaratkan. Biasanya berisi form aplikasi, fotocopi diploma, dan satu halaman essay. Menurut saya, bagian ini cukup penting karena menentukan masuk tidaknya aplikan ke tahap  berikutnya –wawancara. Bayangkan dari ratusan dokumen yang dikirim ke aminef, aplikasi kita harus tampak menarik dan meyakinkan untuk dibaca. Ada tiga hal yang menurut saya paling penting (sekali lagi ‘menurut saya’ :p) yaitu : rekam jejak, nilai toefl, dan essay (personal statement/study obejectives). Rekam jejak tentu saja penting. Informasi mengenai almamater, pengalaman riset, berorganisasi, dan pengalaman kerja. Yang kedua, nilai TOEFL lebih sebagai standar paling mudah untuk memotong jumlah aplikan menjadi lebih sedikit. Standar minimum waktu saya melamar adalah 80 (TOEFL iBT).

Yang terakhir adalah satu halaman essay yang menurut saya paling penting. Imajinasikan kalau kita adalah panelis Fulbright yang harus memilih dari ratusan dokumen aplikan menjadi empat puluhan orang yang masuk tahap wawancara dan kita harus membaca semua essay mereka. Saya akan langsung membuang essay yang dimulai dengan kalimat “My name is Bunga and I graduate from Bandung State University”. Kalau saya yaaaa. Heheheh. Saran saya sih mulai dengan kalimat yang menarik tapi jujur dan tidak hiperbolis. Isi essay juga buat lah yang kuat pastikan ekspresi yang didapatkan pembaca adalah “Dunia (Indonesia) akan mati kalau Anda tidak mendapatkan beasiswa ini dan menyelesaikan studi Anda di Amerika”. Pastikan juga alasan Anda begitu kuat bahwa pendidikan untuk ilmu jurusan yang Anda pelajari sangat bagus di Amerika dan tujuan Anda akan hanya bisa tercapai jika belajar di Negara ini (Yeeeah! :p).  O ya ada satu factor lain yang cukup penting yaitu surat Referensi. Ada dua yang dibutuhkan dan pastikan orang yang menulis harus sangat kredibel (dan sangat nerd dalam kasus saya).

2. Tahap Saringan  II (Wawancara) (Juni – Juli )

“I am pleased to inform you that the AMINEF selection committee has finished their review of the Fulbright Master’s Degree program applications and will consider you for an interview and that tentatively is scheduled to be conducted in Yogyakarta on July 27.”

Tahap kedua dalam tahapan Saringan adalah Wawancara. Deadline untuk mengirim aplikasinya biasanya di bulan Maret. Nah pengumuman yang masuk tahap wawancara ada di bulan Juni/Juli diberitahukan melalui email atau telepon.  Sesuai dengan tempat tinggal yang dicantumkan di form aplikasi, aplikan akan diberitahukan untuk datang pada sesi wawancara di tempat-tempat terdekat (Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dsb). Karena saya tulis alamat tinggal saya yang di Solo, saya harus pergi ke Jogja untuk wawancara. Di Jogja pada sesi wawancara saya berhadapan dengan lima orang : dua orang perwakilan AMINEF (satu orang Indonesia, satu orang Amerika), perwakilan ITB, perwakilan UGM, dan satu orang penerima Beasiswa Fulbright dari Amerika yang sedang riset di Indonesia.  Is there any advice? Just be yourself and impress them! Let them know that you are super-duper-smart, really understand the constellation of your field, and what are your study objectives. Don’t forget to give the impression that you are also a person who has good soft skills so you can adapt in the new environment. Answers all the questions smartly and prove that you have done a lot of researches before, in terms of study objectives and universities that you want to enter.

-bersambung-

13 thoughts on “Fulbright Journey (part 1) Maret – Juli 2010

  1. Dear Mb Yoel,

    Mb bisa bagi informasi untuk pendaftarannya ? Ingin sekali bisa dapet beasiswa untuk ngelnajutin kuliah. Ditunggu ya

    Salam
    Santi

  2. keren blognya mas, oh ya mau nanya gimana klo kita ingin apply fulbright tpi blum memiliki ijasah ?? sy kemungkinan lulus bulan oktober sementara tahap saringan 1 berakhir bulan april . . .

    • Hmm. saya kurang tau pastinya. tapi coba pakai surat keterangan akan lulus. biasanya kampus punya formatnya. cobain saja dengan surat itu. nothing to lose.

  3. Mas Yoel, saya ingin bertanya. Kalau standar minimum ibt score saat mendaftar adalah 80, bagaimanakah peluang saya yg ibtnya 85? Cuma selisih 5 point dr standar minimum. Apakah masih kurang “menjual” mas? Hehehe..😀
    Kalau boleh tau, dulu mas mendaftar di awal dengan nilai ibt brp yah?😀
    Thanks mas.. Tulisannya memotivasi banget nih😀

  4. mas saya mw nanya, klo untuk pemilihan universitasnya gimana?harus kontak terlebih dahulu dengan universitas yg dituju sebelum mengirm aplikasi atau bagaimana?
    terima kasih

Leave a Reply

