The First two months in US (Part 1)

Today, tanggal 5 September genap 2 bulan gw tinggal di Tanah Obama. Excited walo kadang homesick and kewalahan kuliahnya. Udah lama ga cerita2 about experience so I will try to distill what I have experienced for these two months. Pumpung minggu ini ga banyak tugas (atau berlagak ga banyak tugas. Hehe).

Jakarta-Singapore-Tokyo-Chicago-Iowa (5 September-6 September 2011)

Sampai di Bandara Suta dianter Hansel, Christopher, ama Nyokap. Disana ketemu lagi ama Fene, Henry, Sandy, Dhennys,

It was really a long long long journey. Total perjalanannya kira-kira sekitar 36 jam, bener2 bikin mati kutu apalagi kalo sendirian perginya.  Dari Jakarta ke Singapore masih oke banget, karena naiknya SQ. Mulai dari Singapore sampai ke Iowa naiknya United airlines aka penerbangan amrik mahal tapi kurang oke servicenya. Tapi mau gimana lagi, konon katanya karena ini beasiswa dari State Department US, semua penerbangan harus pakai (dipaksakan) maskapain penerbangan US (yang terkenal kurang oke).

Di pesawat kerjaannya kalau ga tidur, nonton film, makan, tidur lagi. Pernah bener-bener bosen ampe jalan2 ke kabin belakang. Transit di Singapore lumayan lama sekitar 8 jam, and transit di Tokyo sekitar 4 jam. Entry gatenya di Chicago, lumayan tegang krn takut abon bee-ch**ng-hiang gw diambil. Hehe. Tapi ternyata bagasi gw ga diperiksa sama sekali. Faktor luck mungkin, jadi karena antrian cek-isi-bagasinya panjang banget entah kenapa  beberapa org (termasuk gw) disuruh lewat line lain. DI line itu kaga diperiksa apa2 bagasinya. Yeey! Makanan-makanan berharga gw lolos smua berarti.

Di Chicago harus pindah ke terminal domestic, udak capek berat masih harus jalan-jalan cari cara pindah terminal. Udah kaga menikmati lagi kalo akhirnya gw nyampe di US. Sampai di tempat tunggu gw kenalan ama beberapa Fulbrighter lain yang bakal naik pesawat yang sama ke Iowa. Dua orang korea, dua orang Jerman, satu orang Portugal, satu orang Polandia kalau ga lupa. Chit-chat basa-basi ampe akhirnya kita terbang and nyampain di Iowa dengan selamat.

Gateway Orientation  (6 September-10 September)

Ngapain gw di Iowa? Tidak lain tidak bukan buat ngehadirin seminar orientasi buat orang-orang yg dpt beasiswa Fulbright dari beberapa Negara. Ini Gateway terakhir so kebanyakan orang-orang yang dateng yang ke Universitas-universitas di North-West Coast (UC Berkeley, UC Irvine, Stanford, UCLA, UW dll) dan beberapa ke OSU. Uni2 di North-West Coast emank kebanyakan pakai system Quarter bukan Semester jadi mulai kuliahnya paling telat (akhir September). Ada sekitar 40 orang kalau ga salah, lengkap dari semua benua kecuali Australia.  Ntah kenapa gw sedikit bersyukur ketrima di UW. Bayangin kalo gw ambil uni2 yang lain kaya R*T.Bakal sering ada conversation berikut

A : “Hi, Where will you study?”

B : “Err..in R*T..”

A : “Pardon? Where is it?”

Akakkaka. Karena grantee yang lain kebanyakan diterima di Uni2 yang oke juga (keliatannya). Walo ga ketemu satupun yang ke MIT. MiT udah mulai kuliah kali yah.

Kita bener2 dijamu (sebelum hidup ala mahasiswa nantinya) selama 5 hari ini. Tidur di Sheraton Hotel, diajak keliling2 Iowa, disediain uang makan, dijamu ama President (rector) of Iowa University, dll. Tapi tujuan utamanya tentu aja buat seminar orientasi.

Isi seminar orientasinya lumayan lah. Walau sebagian informasinya udah pernah diberitahu waktu PDO (orientasi waktu masih di Indonesia). Tema2nya masih seputar Culture Shock, American Culture, Academic Life, dll. Tapi ada dua tema yang menurut gw menarik banget. Yang pertama tentang US Politic. This session was AWESOME! Professor yang ngejelasin bener-bener oke banget. Dia certain dari sejarah mula-mula pembentukan Amerika hingga hal-hal tersebut mempengaruhi bentuk pemerintahan US sekarang. Kekhawatiran orang Amerika tentang kekuasaan di pusat, monopoli satu lembaga, dan kerumitan system politiknya ternyata ada hubungannya semua tentang sejarah pembentukan Amerika. Sangking menariknya kayaknya sebagian besar yang denger seminar itu langsung pada tertarik buat jump di Political Science. Akakkakak.

Sesi yang menarik kedua tentang American Football!!! Heheh. Kita dibawa di Iowa Stadium yang super gede and dijamu disana. Setelah dinner reception, kita dikuliahi tentang American Football. Cukup menarik. Gw share beberapa hal menarik di twitter gw waktu itu. “You can only know American People if you can understand American Football”.

O ya, ditahap ini gw mulai sedikit culture shock. Akakka. Dasar ndeso, baru beberapa di US udah kangen makanan indo. Entah kenapa rasanya beda ama kalau jalan2. Kalau jalan2 ke luar negeri gw suka banget cobain makanan2 asing and gpp banget buat ga makan nasi or makanan indo. Tapi ntah kenapa karena gw sadar gw bakal di US beberapa tahun, jadi bikin lebay perasaan mellownya karena ga bisa makan makanan2 kesukaan gw.

Di sini juga gw mulai belajar buat bangun hubungan. Ga gitu gampang karena urusan bahasa. Akakkak. Ntah kenapa gw ngerasa orang-orang yang dari Eropa bahasa Enggerisnya udah oke-oke. Tapi jangan nanya2 yang dari Cina, Taiwan, atau Afrika. Heheheh. Gw sekamar ama Master student jg dari Thailand. Kanit namanya. Keturunan Cina Thailand yang bakal belajar something tentang system engineering di Stanford. Dari mulut dia, gw denger sisi lain tentang IIE (organisasi yang mengurus beasiswa Fulbright di Amrik). Menurut dia, dia ga pernah saranin orang-orang yang dapat Fulbright taon dibawah dia buat urus aplikasi ke Dream Universitas ke tangan IIE. Dia bilang “Will u believe to give ur dream to one organization that needs to take care more than 1000 applications?”. Jadi saran dia, mending urus sendiri aplikasi ke Dream Universitynya and biarin IIE urus ke-4 Universitas lain yang bisa dibuat cadangan. Agak tercengang, tp here is it. He got accepted in Stanford. Heheheh. I c ouldn’t complain for his opinion. Hehe

 

Anak indo yang bareng gw di gateway ini cmn Wasti yang ke UCLA. Lumayan lah tetep ada org buat diajak ngomong bahasa Indo. Setelah 5 hari dimanjain kaya sapi Wagyu, kita akhirnya pergi  buat siap2 dijadiin steak wagyu. Dari bandara kecil di tengah-tengah ladang jagung Cedar Rapid gw terbang lagi ke Minnesota. Transit disana beberapa jam and terbang lagi ke Seattle. Setelah another 8 hours journey across time zones, gw nyampai di Sea-Tac Airport. Steve sebenernya nawarin buat jemput gw cuman daripada ribet and udah terlalu malem, gw putusin naik shuttle. Kira-kira satu jam sampai akhirnya gw nyampe di apartemen mba Linda, tempat gw menumpang sampai sekitar semingguan berikutnya. Seneng banget, masih inget malem itu makan sambel goreng. Mak Nyuss!!!! Akkakaka. New days finally really began.

-bersambung-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s