The First Two Months in US (Part 2)

Yap! I arrived in Seattle, the city of rains, safely. Tahap pertama masih ngurus-ngurus administrasi and trying to settle as soon as possible. Here are some big picture of my experience.

Settle Down

Hari kedua nyampai di Seattle gw langsung ke kampus, dianter dengan sangat baiknya ama mba Linda. O ya waktu awal ini gw tinggal di apartemennya mas Anto. Mas Anto and mba Linda baru pindah ke Seattle tahun lalu karena mba Linda lanjutin studi Law untuk PhD di UW juga. Mereka punya dua anak, Sekar and Seto. My favourite is Seto!!! He is gorgeous. Akakka. Super aktif tapi super lucu juga. hehehe

UW

Di kampus, gw segera buat student ID, lapor ke International Office, urus pendaftaran buat Fall Quarter, buat janjian ama supervisor, buat account bank, and jalan-jalan di kampus tentunya. You know what? I instantly fell in love with UW (baca : U-Dub From U Double-u :p). Begitu liat Suzallo Library, langsung jetlagnya ilang (hiperbola). Tapi beneran, I think UW is very beautiful campus. She (yap! She is a woman because she is very beautiful) has a lot of gothic style buildings. Ada air mancur gede juga ditengah kampus ngingetin gw akan Indonesia tenggelamnya ITB. Kalau waktu ga berawan dari kampus bisa langsung liat Mount Rainier, and It could be very hilarious moment just for standing in the center of campus and staring at the scenery!!!

Suzallo Library

 Reading Room

the fountain

Near the Quad

Housing

Yap. Cukup buat senang2nya. Gw harus mulai cari tempat tinggal permanen. Lumayan stress, untungnya ada mas Anto dan mobil cantiknya yang nemenin buat liatin tempat satu2. Setelah seminggu liat lebih dari 10 tempat akhirnya gw putusin ambil tempat tinggal di daerah Wedgewood. Agak jauh dari kampus karena not in walking distant (30 menit). Kalau naik bis sih cuman 10 menit sebenernya, tapi begitu ketinggalan satu bus, gw harus nunggu another 20 minutes in that chill-freezing-weather. However, gw udah terlanjur jatuh cinta ama tempatnya. Agak over-budget tapi udah paling mending menurut gw.

Gw tinggal di basement rumah satu couple bule, Brad ama Nicky. Mereka punya satu anak yang lagi kuliah di lain tempat and tinggal di lantai atas. Gw dapat separate pintu masuk, kamar, plus private bathroom and kitchen. Quite comfortable and paling okenya gw ga perlu beli2 furniture karena mini studio mereka udah full-furnished. Alat-alat kitchen udah lumayan lengkap juga, gw tinggal beli ricecooker. Heheh.

The Kitchen

Starting to create a rhythm of life

Setelah tinggal seminggu lebih di rumah mas Antok and mba Linda, tanggal 19 September kalau ga salah gw pindahan ke tempat baru. Agak kagok, karena harus mulai bikin kebiasaan baru. Belanja Grocery- Masak-Cuci2 Dishes- bersih2 semua harus dilakuin sendiri. Akakka. Ga ada amareto yang bisa ditelpon buat ngirimin ayam Nanking atau mba kostan yang diminta tolong bersihin kamar mandi and ngerapiin kamar.  *sigh* Tapi life must goes on. Gw mulai belajar masak dengan kagoknya pakai resep2 cc gw atau resep dari internet. Kadang seru kadang capek juga. Terutama bagian cuci2 piringnya, gw paling males. Hehehe. Buat pakaian cukup gampang tinggal pake mesin cuci + mesin pengering, tanpa disetrika. Bodo amat. Akakak. Kalau mau ke acara penting baru gw setrika. Hehehe *malu*.

Seattle

Gw mulai jalan-jalan explore Seattle. Pakai student card dari kampus, gw bisa naik bis/ferry/kereta tanpa perlu bayar lagi (karena bayar dimuka semacam abonemen gitu). Semua orang bilang sistem transportasi di US jelek ga kaya di Eropa, untungnya Seattle lumayan. Hampir semua area bisa dijangkau pakai metro, walau tetep perlu jalan. Gw cuman sempet jalan-jalan ke downtown, Pike Market, Kerry Park, Kirkland, Bothell, International District (China Town),  dsb. Ga terlalu banyak explore karena kuliah udah keburu mulai tanggal 29 Septembernya.

Seattle from Kerry Park

Kuliah

Gw cuman ambil 10 sks semester ini. Iya! Cuman 10, separuh dari sks yang gw biasa ambil waktu di ITB. Tapi ternyata emank rata-rata orang ambil segitu kalau master. 10 sks aja gw udah kelimpungan. 10 sks itu isinya 2 kelas, 1 reading group, ama 1 seminar.

Dua kelas yang gw ambil lumayan oke walau kadang masih struggle. Di satu kelas (sebut saja kelas A) kadang gw melongo and kaya orang bloon kaga ngerti pada diskusiin apa. Emank bener apa kata org di orientasi2 itu, budaya belajarnya beda banget. Di kelas A ini si dosen paling cmn ngomong 30 menit, 3 setengah jam lainnya murid2nya yang pada ngomong. Nah itu bikin banyak masalah buat gw. Pertama berarti ada aksen 24 orang lainnya yang gw harus ngerti and kadang mereka ngomong pelan banget. Bikin kuping Indonesia gw ketar-ketir buat ngerti apa maksudnya. Masalah kedua, jadi ada pressure buat ikut terjun ke diskusi juga padahal gwnya kadang kaga ngerti ini lagi ngomongin apa. Akkakaka. Jadi gw paksain kalau *agak* bisa nyambung, buat ikut angkat tangan and ngomong dengan Jinglish gw (Javanese English =p).

Beban bacaan buat kelas A ini juga gila2an. Tiga sampai empat paper setiap minggu plus nulis response paper. Waktu awal-awal gw masih sempetin cari arti setiap kata pake kamus. Akhir-akhirnya udah kaga sempet lagi, beberapa kali aja kalo katanya menarik. Gw belajar buat baca pakai konteks and kadang skimming kalau kaga sempet lagi. Kelas A ini paling melelahkan, 4 jam maksa otak gw dengerin orang-orang diskusi ditambah jadwalnya cmn berselang setengah jam sesudah reading group gw.

Yap. Gw join reading group quarter ini (cmn 1 sks). Heheh. Menarik banget, jadi tiap minggu kerjaanya cmn baca buku and diskusiin buku itu bareng-bareng selama satu setengah jam. Pesertanya cuman 9 orang, termasuk dosennya. Agak jiper sebenernya karena gw satu2nya anak Master yang lain anak PhD smua. Sampai minggu ke 6 ini kita baru bahas satu buku, bahas satu chapter per minggu. Judul bukunya the Pedagogy of the Opressed and it is very interesting book (salah satunya karena merupakan buku paling mahal yang gw beli, akakka. Maksudnya, cmn buat bahas itu buku aja harus bayar 1 sks.  Thx to Fulbright! :p) .

Kelas kedua yang gw ambil (kelas B) cukup menarik juga. In fact gw lebih enjoy kelas ini dibanding kelas satunya. Dosennya umur 50an, PhD tapi udah berpengalaman banget. Dia sekarang jadi angel investor buat startup2 yang mau mulai usaha software. Banyak statement2 kerennya, kaya dia cmn mau support satu start up kalau dia bisa liat company itu bisa hasilin 100jt dollar per tahun. Konon katanya biasa konsultasi ama dia 500$ perjam.Hehhe. Tapi orangnya humble banget, setiap ada student masuk disapa ama dia satu-satu.

Ngomongin cara ngajarnya? He is impressive!! Entah berapa macem insight yang gw dapet dari dia. Dia selalu nekanin ke ide, ide, and ide. Dia bilang begitu ide ada, gampang buat lanjutinnya. Tinggal hire programmer dari Irlandia atau Argentina which only have cost for 7 dollar per hour.  Intinya gw jatuh cinta gila ama professor ini. Ga terlalu banyak paper wajib yang dibaca (kebanyakan optional),  tapi kita disuruh kerja kelompok. Ada 4 orang satu kelompok and gw “dipaksa” jadi ketua. Jadi ceritanya di kelas kita disuruh ngisi tes personalitas gitu. And karena hasil gw extrovert and driver (koleris/dominan), gw harus jadi ketua buat tiga orang thinker lainnya. Ampun dah, mana language barrier ini bikin gw kurang pede. But the good things I can learn to lead (in English!!! :p). At least to lead introvert people first. Hehhehe

Kelas seminar cukup ringan. Cuman dateng duduk dua kali seminggu, dikasi free lunch and dengerin kotbah pembicaranya. Lumayan oke2 sih. Selama ini pembicaranya dari Microsoft, Windows Phone, Wikipedia, Uni of Nottingham, Uni of Michigan, dan beberapa company/universitas lainnya. The good thing is I can learn a lot of cutting edge researches and new paradigm. For example, I never realized before that just to make a usable soft board, It takes very complicated research with those nerdy-and-dorky-algorithms.

Overall, gw cukup enjoy kuliahnya walau kadang stress juga. Gw harus memaksa buat bersabar ama diri sendiri and ga boleh terlalu berharap bisa ngelakuin semuanya dalam dua bulan. Keep saying to myself “be patient with urself”.

Yeah I will occupy UW! :p

Yeah I will occupy UW! :p

-bersambung-

6 thoughts on “The First Two Months in US (Part 2)

  1. UW benar2 indah ya, apalagi waktu spring, it turns into cherry wonderland!
    Btw, izin nge-link ya … saya sudah tidak tinggal di Seattle lagi, tapi seru membaca cerita2 tentang Seattle… mudah2an tidak keberatan …

  2. hai mas yoel..nice to reading your blog..aku pengen sekali coba fulbright,mungkin thn depan.Cuma yang agak ganjel, kalo punya keluarga plus aku juga punya toddler gimana ya? apa aminef mengijinkan kita untuk bawa ? terus kalo lg orientasi kyk yg di sheraton itu, biasa nya keluarga para grantee (yg misalnya iku) mereka stay dimana? thank u mas

    • kalau kaya orientasi, dependant ga bisa ikut. Kalau punya keluarga memank tidak disaranin, krn kesibukan kuliah dan stipend yang hanya memang ditargetkan untuk satu orang saja. Tapi memang tetap saja ada beberapa grantee yang membawa keluarganya. Pastinya lebih keras berjuangnya disini. hehe

  3. tapi dari pihak aminef mengijinkan ya ? ada gak link blog grantee yang bawa keluarga nya? mau doong mas.hehe.Btw,kalo GRE itu selalu ada metematika nya ya? kalo jurusan nya bukan berbau angka kyk mas yoel,tetap harus tes matematika nya jg ya? ugghhh..thanks anyway mas sudah nyempetin bales komen..😉

    • mengijinkan aja hanya “tidak disarankan” dan diminta menyediakan bukti jaminan uang juga sepertinya. Untuk GRE, iya setau saya selalu ada matematikanya. Ini blog istri penerima Fulbright, dulu saya sempat menghubungi mereka untuk tanya2. Ada link instant messagernya kalo ga salah (di blognya). http://thej2diary.multiply.com/

  4. beda banget ya emang Jepang sama Amerika. Di sini pas kuliah bisa dibilang cuma dosennya yang ngomong. Di Indonesia masih mending kadang ada yang nanya2.😀

Leave a Reply

