The First Two Months in US (Part 3)

Walau lumayan udah bisa adaptasi di kuliah and urusan sehari2 (masak, dll), mulai musuh gw yang kedua which is finding the right community! Yap. Gw tau kalo gw bakal stres and depresi kalo ga cepet2 dapet teman berbagi derita. Heheh.

Mas Anto, Mba Linda, Sekar, and Seto

Karena dari awal udah numpang di tempat mereka, mungkin chemistry beda kali yah. Gw enjoy banget tinggal ama mereka. Mereka berdua juga dari Jogja , jadi bikin tambah nyaman lagi. Hehe. Waktu masih tinggal disana udah kaya anak pungut lah gw. Makanannya super enak2 dari bothoq, nasi liwet, kangkung, sambel goreng, dan makanan2 lain yang bakal susah banget gw bikin sendiri. Hehehe.

Mas Anto and Mba Linda

Steve and Susan

I met Steve 2 years ago in Bandung  karena Steve selalu datang setahun sekali ke bandung buat training guru di tmpt gw ngajar dulu. Sedangkan gw ketemu Susan, istrinya beberapa bulan lalu ketika gw diminta tolong ama sekolah buat nemenin mereka jalan-jalan di Bali (mau banget donk. Hehe). Sebenernya mereka ga tinggal di Seattle tapi di Vashon Island, 30 menit perjalanan naik ferry dari Seattle.

Mereka baik banget ama gw, waktu awal-awal dianter2in beli perlengkapan sehari-hari dan diajak makan. Waktu ditanya mau makan apa, segera gw bilang “How about Indonesian food”. Hehehhe. Dan kita sampai juga di Indo Café di Northgate sana.  Susan juga bantuin cari barang sambil selalu bilang “Always find the cheap..cheap.. cheap one”. Hehehhe. Gw sempet berkunjung juga ke rumah mereka waktu week end beberapa minggu lalu. Lumayan santai and enjoy and they also invited me to come for the thanksgiving. Yeay! I am ready for another Turkey. Hehhe

Took Ferry to Vashon Island

Adam

I met him in the first week after came for HCI Seminar. Dari cuman ngobrol2 sambil jalan ke perpus ntah kenapa kita jadi sering jalan bareng. Kita cmn ketemu di satu kelas yang sama. Tapi dia baik banget. Beberapa kali ngundang gw buat main di tmptnya and dimasakin. Sempet ketemu juga ama mantan pacarnya (baru putus kemarin. Hehe). Adam aslinya dari Illinois, lulusan UIUC and diberkati ama otak super encer. Umurnya baru 21 and udah master aja (walau mukanya kaya umur 25, standar muka boros amrik. Akaka.). Gw juga jadi beberapa kali undang dia dtg ke tmpt gw and masakin dia. Walo gw uda bilang kalo gw ga pernah masakin orang. Akakjaj. “You will be my first guinea pig, Adam.”

Beberapa kali dia juga bantuin gw buat koreksi paper gw. Sabar banget ngajarin gw, kapan pake “the”, kapan pake “a”. Pernah liat gw kedinginan pake jaket tipis, langsung dipinjemin jaket tebel dia. Hehehe. Tampang gw kalo kedinginan pitiful banget mungkin yah. Overall, I think he can be my best friend. The other good thing, he is also very achiever-kind-of-person. Jadi lumayan lah buat ikut motivasi gw yang kadang ga punya ambisi buat pekerjaan. Hehehe.

Ms Memey

Yap. Mantan kepala sekolah tempat gw ngajar dulu ini kuliah di US juga. Dia kuliah di Idaho, 4 jam mungkin dari Seattle. Lumayan seru juga ada temen deket dari CBCS yang bareng2 kuliah di Amrik. BBM-an, minta resep, telp2an. heheh. I will also meet her and several other friends this December . We will stay in Susie’s house in LA and travel around California. yeaay!

Indonesian Community

Jumlah orang Indo disini lumayan banyak karena merupakan salah satu lumbung belajarnya org Indo. Kebanyakan pada ambil college dulu selama dua tahun baru lanjut ke uni. Tuition fee di college jauh lebih murah bisa sekitar 10rb per taon, bandingin ama UW yang nyampe 30rb per taon. Tapi kebanyakan anak S1, yang ntah kenapa kadang ngerasa udah kurang nyambung. Ketemu beberapa dari mereka di gereja Indo. They are very nice people, definitely I know that I can jump to their group very easily and have fun together. Cuman akhirnya gw decide buat ga ke gereja Indo ini, so jadi ga sering ketemu juga. Paling ketemu n nyapa kalo papasan di kampus.

Yang gw beberapa kali main justru ama anak2 graduate Indo yang belajar di UW. Ada Mba Kumala, Mba Nisa, Mba Mia, Mas Alfitri, dll. Suka ada acara makan2 org indo dan makanannya selalu enak2. Akakka. Lumayan lah, jadi anak bawang diantara PhD – PhD itu. Heheh. Siapa tau kalo salah satu dari mereka nanti jadi mentri gw juga jadi ikut terkenal. Hehe

Keuntungannya jadi lebih banyak acara akademis yang gw tau dari mereka. Kaya reception ama dubes Indo (Dino P.) atau book release ttg Yap Thiam Hien, gw jadi ikut diundang juga. Hehehhe

Beberapa hari lalu, gw ketemu juga ama Grad student lain dari Indo. Seneng banget, krn ntah kenapa ngerasa punya banyak nilai yang sama. Namanya Karin, dulu kuliah di ITB juga and akhirnya kerja di Schl*mberger. Setelah 2 taon kerja disana akhirnya mutusin buat kuliah lagi. Katanya di perusahaan itu ga punya kehidupan walo di gaji dollar.

Gw ketemu dia di Odegraard Writing Centre semacam tempat buat bantuin kita ngembangin ide buat Paper. Surprisingly, dia salah satu staffnya. Keren banget nurut gw karena gw masih kewalahan nulis, e dia udah jadi trainer. Akakak. Akhirnya janjian lunch bareng and keep in contact.

Foto burem ama Mr. Ambassador

Church Friends

Butuh waktu hampir dua bulan buat gw mutusin gereja local gw. Pilihannya ada 3, satu gereja Indo, and dua gereja bule. Setelah dua kali ke ibadah gereja Indo and dateng ke small groupnya akhirnya gw decide buat ga ke gereja itu. Orang-orangnya sih asik banget, sempet tergoda buat cari kenyamanan disana. Tapi, ntah kenapa gw kurang nyaman dengan “makanan”nya. So I decided to cross out this first option.

Pilihannya tinggal dua gereja bule. Yang pertamanya gerejanya Judah Smith. Gaya gereja ini miriiiip banget ama gereja gw di Bandung. Bener-bener mirip walau ada versi2 amriknya. Udah kenal juga ama beberapa orang walau belum pernah dateng ke small groupnya. Gw join International communitynya and kenal sama satu orang namanya Johnson. Ortunya Chinese Malaysia tapi dia lahir disini. Lumayan cepet deket juga (salah satu sebabnya  mungkin krn muka dia mirip temen gw di bandung-depe. hehehe).  Gw udah hampir buat mutusin ke gereja ini sampai beberapa kejadian terjadi di gereja satunya lagi.

Pilihan kedua adl gerejanya Mark Driscol. Gayanya bedaaaaa banget ama The bridge (gereja gw di Bandung). Tapi ntah kenapa gw ngerasa cocok and “klik” di gereja ini. Gw baru tiga kali ke gereja itu. Yang kedua  and yang ketiga sebenernya krn accident. Yang kedua karena harus nemenin temen indo gw yang baru dateng (semacam nemenin and ngenalin gereja), and yang ketiga karena  bangun kesiangan buat ke gerejanya Judah Smith. Tapi dari tiga kali ibadah itu, ntah kenaoa gw “kena” banget. Akakak. And somehow I really enjoyed the service.

Uniknya minggu kemaren gw tau2 diajak makan ama 2 deacon (semacam full timer) dari gereja ini. Gw ga tahu ada angin apa karena gw enjoy banget ngobrol ama mereka. Sebelon pulang, mreka berhasil paksa gw buat ikut Camp in the following Week end and join one of the community group.

3 hari gw ikut camp mereka and akhirnya decide buat tertanam di gereja itu. Di sana juga gw ketemu ama anak2 komsel gw.Dijemput ama PKSnya buat naik mobil ke tempat campnya. *berasa kena outreach. Akakka* Ketemu orang2 yang ntah kenapa juga langsung nyambung. Heheh. Hari selasa kemarin akhirnya dateng ke community groupnya and kenalan ama satu org lagi and I think they can be my family  here definitely. Heheh. So here I am. Formally will join membership class this Sunday and become member of the coolest Church in Seattle.🙂

Elbow Lake

Canoeing with Keith

Michael, Andrew, Jeff, Adam, Nate

– selesai –

One thought on “The First Two Months in US (Part 3)

Leave a Reply

