Bolot

Image source: http://leftycartoons.com/slippery-slopes/

Again, twitter just makes me too lazy to write in my blog. But I think I will write again about this topic in another time.In this mean time, I will just copy paste my twitalk that I made yesterday.

1. Krn kasus Irshad Manji and Bentrok FPI-preman di solo rame di Indo. Gw jadi rajin baca media online. #Bolot

2. And sampai gw terdampat ke media “non-sekuler” arrahm*h.com. Di tempat ini gw menghela nafas berkali2. Karena bbrp berita-

3. -nya emank rada #bolot. Sebenernya hati bilang: tutup situsnya, ngapain dibaca terus, ntar kesel sendiri. Tapi ttp baca bbrp juga. hehe

4. I don’t want to attack one particular religion karena #kebolotan ada dimana2. Dan fanatisme dgn satu agama selalu jd media terbaik-

5. -berkembang biaknya virus #kebolotan ini. Padahal dari kecil org sudah diajarin buat berpikir secara ga-terlalu-bolot di sekolah.

6. Tapi emank sekali lagi fanatisme merusak segalanya. Gw kasih contoh salah satu hal yang paling gampang dipakai org2 bolot: Slippery Slope

7. Waktu mau tes GRE, dulu gw belajar macam2 fallacy dalam berlogika. Kaya post hoc ergo propter hoc, argumentum e silentio, dll.

8. Nah salah satunya informal fallacy yang disebut slippery slope ini. If one thing happens, the other bunch of things will happen too.

9. tapi yang #bolot, rangkaian argumennya. Contoh: Hari ini Dewa Tapir pake baju hijau, dia ke pantai ParangTritis, Jogja,

10. Tapir bermain di pantai, tiba2 dia terhanyut dan meninggal -> Maka dari itu jangan pakai baju hijau kalau ke pantai Parangtritis Jogja.

11. A leads to B, B to C, C to D, D to something hyperbolic. Bolot! Nah slippery slope kaya gini banyak ditemuin di fanitisme agama.

12. di KRISTEN contohnya. waktu dulu gw inget tahun 2008 ada rame2 tentang Uganda – salah satu negara mayoritas kristen.

13. Salah satu parlemen yang ‘katanya’ kristen mengajukan undang2 anti gay. I dont agree with gay-life. But this was his argument :

14. Gays can’t reproduce. They need to recruit people. Then Gay recruit kids. They will sexually abuse them and turn them into gay.

15. Many of them will go after children then we need to make law to allow killing gay people. Slippery slope!

16. Hukum akhirnya dibuat, dengan argumen2 kaya gini yang didengungkan ke org2 yang ‘katanya’ kristen. Banyak yang termakan dan jadilah law.

17. Nah model2 argumen aneh gini yang banyak ditemukan juga di media2-non-sekuler itu. Coba gw kutip salah satunya.

18. Ini tentang seseorang yg komentar ttg ultah Israel. Dia blg : “Pertama Indonesia saja tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel,

19. dan kedua Israel merupakan penjajah. Jadi, berteman dengan Israel jelas sebuah pengkhianatan terhadap konstitusi” Bolot! Slippery Slope!

20. dan banyak slippery slope2 lainnya.Kadang bikin gemes sambil ngakak : Musik rock adalah musiknya setan, Musik setan bawaan dari Yahudi.

21. Bangsa Yahudi mau menjajah Indonesia melalui music.” Sapi Suci! or “Komnas HAM usul dihapus info ttg agama di KTP ->

22. maka Indonesia akan kehilangan identitasnya sebagai negara dgn agama mayoritas tertentu”. Come oooon!!! B-o-l-o-t!!!

23. Fallacynya pun ga cmn kaya gt doank. Contoh lain : Ignoratio elenchi . Argumen yang menhindari pertanyaan dgn pertanyaan lain.

24. Wapres Budiono menganjurkan agar suara Adzan tdk terlalu keras. nah komentarnya “Berani tidak wapres Budiono mengatur maksiat?” *sigh*

25. Semoga mayoritas org indo ga sebolot yg bkn berita2 and argumen2 itu. otherwise ujung2nya: argumentum ad populum. Kebodohan masal.

26. Kebolotan sebenernya bukan monopoli suatu agama terntentu. mau islam, kristen, pemyembah-dewa-tapir semuanya bisa bolot.

27. Pikiran yang sempit, ketakutan, keparnoan mungkin bbrp penyebab utamanya. Semoga orang terus menguji dan bertanya. *pelampiasan-end

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s