Working memory

One more. This time about our working memory and personal statement.

1. Iseng. Kultwit ttg bikin essay buat personal statement/essay satu halaman.

2. Gara2 tulisan gw di blog. Sering org krm email ke gw mnt tlg buat proofread essay satu halamannya buat aplikasi beasiswa/uni.

3. Nah ada single tip dari gw buat non-native english speaker kaya kita: jangan bikin kalimat kepanjangan!!!

4. Entah knp org suka bikin kalimat super panjang, sampai harus tahan nafas buat baca ampe akhir titik. Masalahnya kt bukan native.

5. Krn bkn native, kt terbiasa terjemahin kalimat panjang dlm indo ke dlm inggris which the result is a very confusing statement.

6. Sedikit trivia. Otak kita cmn bisa menyimpan maksimal tiga data dalam satu waktu sebelum mencerna/meprosesnya.

7. Kenapa kita bisa gampang hitung 11 kali 7? Krn di otak ada 3 data “7 x 1 = 7, 7 x 10 = 70, 70 + 7 = 77” nah gmn kalau 234 kali 11 ?

8. Bakal susah menghitungtanpa bantuan kertas. Begitu juga dengan kalimat. Kalimat “saya suka makan krn makan itu nikmat dan sehat”, lbh-

9. -gampang dicerna, krn cmn 3 data. Bandingkan dgn “sya mau makan krn makan itu nikmat, sehat,sejahtera,enak,bahagia, dan sukacita”

10. Memori otak sementaranya ga sanggup buat simpan lebih dr 3 : nikmat,sehat,sejahtera,dll. Kita ngemasukin data ke-4, data pertama dihapus

11. Jadi harus baca berkali2 buat bs mencerna kalimatnya. Nah di essay org2 suka kaya gitu tuh. “I believe by studying I can apply..,impleme

12. -t..,solve…,build.., develop..” Sampai klausa (data) ke-4 yang baca udah ga tau ni org mau ngomong apa. Diperburuk ama kt bkn native.

13. So make it simple. Running statement can make you looks stupid or smart. But for us, non native speakers,usually it makes us looks dumb.

14. Bkn berarti ga blh bereksperimen dgn kalimat panjang tp just hati2. End

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s