Pendidikan Pasca Sarjana di US (Part 1)

Copy Paste dari tweets gw lagi. hehe

1. kali ini akan twitalk tentang….asuransi!!! Hmm… Ga jadi dink,ada yg lbh menarik. Yaitu ttg #us-education! Hahaha :p trolling..

2. Twitalk kali ini bakal panjang. Jadi kalau males liat nama gw nongol terus, silahkan unfollow segera. Bbrp hal perlu disebut sebelumnya.

3. Pertama: gw BIAS! haha. jadi jangan harap mendapatkan pandangan objektif dari twit2 berikut. Kedua: gw ga pernah kuliah s1 di us

4. so pengalaman gw cukup spesifik: di UW, graduate level, seattle, big uni, kota, north west. So ga smua bisa digeneralisir ke kasus lain.

5. Ketiga, kabar baiknya selain pengalaman pribadi gw punya sumber2 lain: cerita2 temen, seminar2 yg gw disuruh ikut sebelon kesini, dll

6. so ga terlalu bisa ngomongin internal (ketidakbolotan dlm berargumen) dan external (apa bisa digeneralisir) validity dr twit2 gw berikut.

7. Beberapa temen kalau di BB nanya nya selalu sama “studi di US kaya apa?” nah pertanyaan ini susah bgt dijawab krn sangat bervariasi.

8. I will start with the system. Ada dua tipe college di US: yaitu community college (CC) dan university. CC cuman bisa nyediain assosiate-

9. -degree/seperti d2 di indo.Nah uni bisa ngasih bachelor degree/seperti sarjana di indo. n org bisa transfer dari cc ke uni stlh taun ke2.

9. kualitas pendidikan di CC “cenderung” lebih rendah. pengajar2nya ga seexpert uni, peluang utk berkembang (riset, kerja praktek, dll) lbh-

11. -kecil. Tapi org indo banyak yg ke CC dulu karena lebih MURAH. Biaya sekolah di CC di california pertaon bisa ‘cuman’ 20rb/tahun.

12. -sedangkan uni bisa abis 50rb/tahun. Biaya sekolah di us emank rada ga masuk akal, apalagi buat international student. Uni biasanya-

13. -gila2an buat org asing. Di UW misalkan, untuk org lokal mereka cmn bayar sktr 20rb pertaon, inter student dichargenya bs sampai 35rb.

14. apalagi sejak krisis, uni2 pd ga pny duit. International student jadi sapi peras. Tapi hal ini ga bkn org berenti ke us.

15. 3 negara pengekspor student terbesar di us adlh Cina, India, dan Korsel. mereka ber3 udah ambil 46 persen dr smua int student di US.

16. Jumlah total int student skitar 700rb. how about indo? we have 6942 students who went to US last year. peringkat ke-19.

17. Krn mahalnya harga sekolah, hampir 80 persen us student either work-study or have financial loan. Loan yg harus ditanggung bertaon2 stlh

18. -lulus. International student justru umumnya lebih “mampu”, krn mereka ga perlu kerja dan berasal dr keluarga2 super mampu.

19. Nah knp org mau byr mahal2?Apa kualitasnya sebagus itu? sekali lg gw bias. org suka nanya apa lebih bagusnya studi di us dibdg ue/japan.

19. Ya gw ga bisa jawab, krn ga pernah kuliah di UE/jepang. Tapi ini beberapa hal yg gw suka denger di seminar Fulbright. Jadi fulbright –

20.-itu semacam beasiswa dari us state department untuk mhsiswa negara2 lain. Bbrp gw bisa dtg ke seminar2 yg mereka bikin n ketemu mhsiswa2

22. dari UE/jepang/negara2 maju lain and nanya kemereka apa keunggulan studi di US. Nah digabungin ke pengalaman gw ini bbrp poin okenya.

23. pertama, adalah academic freedom. Budaya utk berpikir secara akademis dan semua pendapat adl “benar”. Gw msh struggle disini.

24. Diskusi2 dan tugas2 di kelas dirancang untuk mengeluarkan pendapat sendiri. “What do you think” adalah pertanyaan nomor satu dimana2.

25. Nah sedangkan dr kecil ampe kuliah, gw ga sadar selalu percaya kalau dosen dan text book adalah monopoli kebeneran. Mereka yang tau, –

26. – gw cukup dngr dan kerjain tgs dari mereka. So ga nyaman bgt buat gw kalau disuruh tulis/bicara kritik tentang textbook/dosen/org lain.

27. Mana bisa gw kasih kritik ke paper yang masuk ke jurnal international? Bukannya textbook itu standar? dsb dll. Ga nyaman!!!!

28. Tapi budaya2 itu yang bikin org2 pd kritis and anti kebolotan. Ga heran org banyak ateis,krn agama sprti islam or kristen punya prinsip-

29 – bahwa kebenaran mutlak datang dari holy booknya (Alkitab or Alquran). Suatu konsep yang “ga nyaman” buat mereka.

30. Academic freedom ini yang bikin ilmu berkembang pesat. Academic discourse jadi makanan sehari2 di kelas.Nah ini nyambung ke hal oke ke2:

31. Metode kelas yang ga one-way. Nah ini terutama buat kelas graduate atau kelas undergraduate taon ke-4. Dosen dikit ngajarnya!

31. Misalin gw ada kelas 4 jam. Kalau di total2, si dosen cmn ngomong sejam. Sisanya 25org lain yang cerewet. Nah ini yg gw kagum dr dosen2.

32. Ga gampang buat desain sistem kelas yang bisa “maksa” org buat diskusi “seenaknya” tapi org2 tetap bisa belajar. Makanya sebelon kelas-

34. -biasanya si dosen ngasih bacaan super banyak. Kadang males baca, tapi kalau ga baca siap2 aja jd “orang bolot” di kelas. Diem and –

35. -tau apa2. Tapi susah buat ga baca, krn dosen biasanya ksih tugas buat nulis “response paper” tiap kelas. And paper kita scr bergantian

36. dijadiin bahan diskusi di kelas. Gw paling stress kalau pas dpt giliran paper gw “dibedah”. bakal ketauan smua bolot2nya. :p haha

37; hal ketiga yg keren ya hubungan dosen and murid. Nah ini cmn buat level graduate biasanya. Kita udah dianggep temen.

38. Tapi emank dosen di us terkenal ga “hierarki”. Kita panggil nama mereka pakai nama pertama, kaki org2 pada naik di meja kalau lagi kul,

39. ,dosen minta spidol si muridnya lempar aja spidolnya ke dia, dll, dsb. Kadang gw masih ga nyaman, apalagi liat kaki diangkat di meja slm

40 -selama kuliah. Risi liatnya. haha. *http://mantan-guru.com*. Hal yg keempat tentunya fasilitas. Perpus, alat2, software2, smua lmyn

41. -software2 dr microsoft, adobe,dll biasanya “dipinjamkan” gratis.Quarter ini gw “dipinjemin” software yg biaya langgananny 1199 pertaon

42. Perpustakaan ada namanya inter-state library which mean kalau kita nyari sebuah buku, and bukunya ga ada di kampus, library bakal pinjem

43. -itu buku dari kampus lain. Hal oke yg terakhir: Kesempatan. Di bidang IT misalnya Microsoft, Amazon, Facebook, twitter, dll smuanya di

44. -di us. And mereka gerilya cari org2 terpintar di kampus lewat “academic recruiter”nya. Makanya org suka blg “american dream”, krn lwat

45. edukasi mereka bisa naik social kelasnya. Overall I still believe that US education is still the best (super bias! :p).

46. Dari world rank misalkan, Peringkat 20 pertama didominasi US. UK dan Japan masukin beberapa uninya, 300 peringkat pertama juga US

47. US masih mendominasi. Walau peringkat satu dan dua biasanya dimenangin tipis oleh UK.

2 thoughts on “Pendidikan Pasca Sarjana di US (Part 1)

  1. Kalau bukan lecturers chance untuk jadi fulbright candidate gimana ya?, saya fresh graduate IT dan sedang bekerja di consulting company, terus saya denger fulbright hanya menyediakan biaya untuk jurusan liberal arts saja, seperti sastra dan budaya… , mohon pencerahannya🙂

Leave a Reply

