Information Visualization!

Yep, I have 2 more free days lagi sebelon balik ke kebiasaan cycle nulis-baca-kerja kelompok-ngedepanin tools. So I will use this free time to write in my blog as much as possible. This post is the sequel of my previous post : Booyah! . Isinya tentang kelas2 yang gw ambil selama setahun ini. Kali ini gw mau nulis tentang kelas 511 gw: Information Visualization.

Another interesting class for me since I learned a lot of new things. Definisi Information Visualization sendiri adalah memproduksi representasi visual (bisa interaktif) dari data abstrak yang bisa memperkuat pemahaman manusia akan data itu. Contoh dari representasi visual ini yang paling umum dan mudah ditemui adalah infografik. Walaupun sayangnya ada banyak infografik yang sebenernya cuman copy paste data and tambah gambar2 lucu. Tapi sebenernya ada banyak contoh2 representasi visual ini, terutama yang interaktif.

Nah kelas ini bisa dibilang separo praktis separo teori. Ga se-teori banget kaya kelas teori, tapi ga se-praktek juga kaya Capstone kelas gw misalnya. Tugas bacaan tetap ada tiap minggu, malah lebih strick dibanding kelas teori gw satunya. Dinilai di tiap minggu karena harus buat discussion response buat masing2 paper/ chapter buku yang dibaca. Lumayan ribet sih. Tapi I learned a lot. Misalin gw jadi tau kalau Edward Tufte (salah satu gegeduknya infovis) pernah (secara kontroversial) bilang kalau grafik yang pernah dibikin ama Charles Minard berikut ini adalah infovis terbaik yang pernah dibuat manusia. Emank keren sih, dalam grafik ini  Charles Minard ngejelasin perjalanan Napoleon dari Prancis ke Rusia. Ada hampir enam atau tujuh variabel (informasi) yang bisa didapat ama pembacanya seperti jumlah pasukan, waktu, suhu udara, latitude, longitude. Padahal cuman pake garis dua dimensi and dua jenis warna.

Di kelas ini juga gw jadi kenal ama Hans Rosling. Oh my! Gw demen banget ama dia. Pengen banget bisa jadi kaya dia. Hahah. Pernah nonton presentasi dia di TEDx conference dimana dia nerangin tentang demografi manusia pake interaktif visualization dia. Semua orang yang nonton pada terpukau and ketawa. Mungkin itu satu2nya waktu orang bisa begitu tertarik ama diagram lingkaran. Hahaha. *nerd* Videonya ada di bawah ini. Harus ditonton!

Projek kelasnya sendiri ada 4. 3 projek “kecil” and satu projek besar. Di projek pertama kita harus pakai software visualization Tableau namanya. Walaupun sebenernya instructornya ngebebasin sih, kalau kita mau bikin visualisasinya pake bahasa lain kaya javascript d3 juga mangga. Diprojek yang lain kita harus mengkritik visualisasi2 yang ada and analisis how to improve it. Yang paling melelahkan tentunya projek yang terakhir. Bekerja dalam kelompok yang isinya 5 orang, kita harus bikin interactive visualization untuk sebuah masalah tertentu.

Buat bikin prototipe coret2 gini, diskusinya bisa berjam2.

Dalam proses pembuatan interactive vis ini harus pake user-centered design method juga. Jadi ada user research, prototyping, usability testing, iteration, dll. Kelompok gw berinisiatif untuk ikut visualization challenge yang namanya VAST (Visual Analytic of Science and Technology) challenge 2012. Challenge adalah kita dikasih SUPER BIG data (yang kalau dibuka pakai excel aja ga bisa and harus dibagi2 jadi tujuh file, itupun masih ngehang terus). Data ini tentang sebuah imaginary planet dan imaginary bank yang punya data tentang network status dan workstation/server2 miliknya. Nah tugas kita buat bikin sebuah dashboard buat ngebantu Network Security manager ambil keputusan dan mengawasi network di bank ini.

Lumayan gila ngerjain projek ini. Bahkan kayaknya gw ngehabisin waktu paling banyak di projek ini dibandingkan ngurusin projek2 kelas lainnya. Dalam seminggu bisa ketemu beberapa kali ama team. Dan kepala bisa super pusing setiap kali diskusi, karena emank susah banget buat bisa come-up with great ideas to visualize the data. Moreover, the super big data set yang perlu dihandle bikin beberapa tool kaya Tableau sekarat. Out of memory.

Berbagai cara ditempuh. Mulai dari kontak amazon server buat minta bantu komputasi datanya. Normalisasi datanya ampe bikin random subset data buat analisis awal. Gw udah sering putus asa, padahal secara defacto gw kaya bertindak jadi project leader buat team ini. Gw selalu yang mimpin diskusi waktu ketemuan. Untungnya ada satu orang cewek yang orangnya super optimis, yang bikin gw ga pesimis2 amat.

At the end, gw cukup seneng ama projeknya. Kita berhasil bikin satu dashboard yang interaktif. Di dashboard itu kita implementasiin teknik2 infovis kaya brushing and linking, detail on demand, etc. Di tambah lagi kita bikin beberapa animasi untuk nunjukkin anomali2 dari bank of world ini (buat ngejawab pertanyaan lombanya).

Presentasi akhirnya, gw yang bertugas buat nerangin animasi2 and anomali2nya. Udah berharap bakal kaya Hans Rosling *ngarep* biar bikin bubble2 itu menarik. Tapi ga terlalu berhasil. Haha. Super nervous and Jinglish gw ga improve2 keknya. :p

Tapi overall, gw lega selesain kelas ini. Seneng juga bisa tau kalau gw lumayan oke buat jd project leader. *ngaku2* :p

Ini satu screenshot dari dashboard yang kita bikin. Sayangnya animasinya ga bisa gw upload karena bentuknya .wmv and males cari converter. .

Leave a Reply

