Simple design change solves my problem

I need to admit that I am a very clumsy person. While living for 6 years in Bandung,  I have lost 3 handphones and 2 wallets.  I also have problem with ATM. Beberapa kali kartu ATM gw ketelen.

Beberapa taun lalu, kalau org mau ambil uang di ATM di Indo mereka harus masukin kartu, masukin pin, input request kita buat ambil uang, ambil uang, and akhirnya kartu ATM kita dikeluarin. Nah karena sistem ini, banyak org lupa ambil ATMnya setelah mereka dapat uangnya. I did that several times. Haha.

Kalau kartu debitnya nangkring beberapa lama di mesin ATM itu, si mesin bakal ‘menelan’  kartunya. Nah kayaknya bank2 mulai sadar kalau ada banyak kartu ATM yang ketelen di mesin2 ATM itu krn ada banyak juga org2 clumsy kaya gw. Haha.

Nah beberapa tahun terakhir gw sadar mereka mulai ganti sistemnya. Setelah nsabah selesai ngasih input request ke ATM buat ambil duit, mereka bakal keluarin kartu ATMnya dulu and then baru keluarin uangnya. Premisnya, nasabah ga akan lupa ngambil uang so ATM dulu yang dikeluarin.

I think that is a good idea tapi tetep aja ada org2 super-clumsy kaya gw yg bkn another problem. Misalnya gw pernah ninggalin uang 500rb di mesin atm di jalan cihampelas, gara2 gw terlalu fokus buat “ga boleh lupa ambil kartu debit”nya. Jadi gw masukin kartu, pencet2, ambil kartu yang keluar, trus pergi aja. And lupa kalau setelah ambil kartunya, uangnya baru keluar. Dan melayanglah itu uang 500rb. Atau ada  juga org2 yang ga tau kalau kartunya udah keluar, and terlalu fokus nungguin uang yang belon keluar2. Jadilah kartu atmnya berakhir tertelan juga karena kelamaan nangkring di mesin atm-nya.

Nah, setelah beberapa bulan disini, gw temuin kalau bank2 di us telah nemuin simple design change yang bisa solves this problem. Apa solusinya? Kartunya ga perlu dimasukin ke mesin atm!!!! Jadi kita tinggal slide kartunya di awal, abis itu udah deh tinggal transaksi. Dengan cara kaya gini, nasabah jadi ga bakal ninggalin kartu debitnya. Karena refleks setelah slide kartunya, ya masukin kartunya balik ke dompet. Small design change but I think it is pretty smart!

3 thoughts on “Simple design change solves my problem

  1. udah lama kali itu…. dari 4 or 5 years ago disini…. kartunya pasti kluar dulu baru duitnya….

    trus yg di slide juga udah ada…tapi ga banyak…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s