Summer Program week1

It is summer!!! Gw mulai berkeringat and harus mandi tiap hari *sigh*. Minggu kemarin lumayan excited, karena akhirnya setelah menganggur sebulan summer program gw mulai juga.

Summer program yang gw ikut ini lumayan unik, karena betapa diversenya pesertanya. Jadi ada 20 orang yang join summer ini, 11 orang dari Tsing Hua University China (they pride their university as the best uni in China) and 9 orang US students (gw dianggap as US students. haha). Nah trus kompetisinya juga separo technical separo design. Hampir separo dari computer science PhD students and separo lagi dari master students with design background (UX design, visual communication deisgn, or information design). Emank kayanya sengaja disetting kaya gini supaya lebih diverse class discussionnya and lebih mantap hasil akhir summer programnya.

Ngapain aja di summer program ini? Basically dalam 8 minggu kita diajarin tentang gimana nge-desain produk dengan fondasi Human Computer Interaction (atau lebih umum disebut as Interaksi Manusia Komputer di Indonesia). Pagi-nya akan ada lecture dari berbagai macam dosen (dosen dari computer science, design, and business background). Kenapa ada dosen bisnis juga? karena kita di-encourage buat ngembangin entrepreneurship juga and diajarin how to monetize our product. Nah sorenya biasanya diisi buat ngerjain tugas bareng kelompok kita. Karena ada project deliverable tiap beberapa hari sekali. Setiap hari Jumat, juga bakal ada industry tour. Rencananya kita bakal dibawa ke Adobe, Google, Amazon, Microsoft, Boeing, and Intel companies.

Nah minggu pertama kemarin lumayan agak stress sih. Karena minggu awal identik dengan minggu ideation and brainstorming. And gw ngerasa susah banget buat come up with original idea. kayaknya semua macam aplikasi udah exist. haha. Tapi gw jadi inget di kelas Capstone gw dulu ada yang bilang kalau nothing is really original. we just need to steal their ideas, improve and combine it, and make it better.

Gw diassigned dalam kelompok isi ber4. Satu orang computer scientist, satu org social scientist, satu org visual designer, and satu org UX researcher/designer (gw.. ngaku2. :p). Seru juga kerja di interdisciplinary team gitu, walau yang dari China kadang masih susah buat communicate fluently. But I think we did a good job last week.

Yang plg menarik justru Industry tour jumat kemarin. Kita ke microsoft research building 99. Kereeen abis!!! I hope I can share with you guys about what we saw. But karena NDA, gw ga boleh post anything publicly ttg riset2 mereka. Di dalem gedungnya juga ga boleh foto2. Persis waktu dulu gw ke Boeing field. Mungkin takut kalau ide2nya bakal dicuri org. Tapi intinya gw kaya ketemu Tony Stark2 gitu. Misalnya gw masuk ke salah satu ruang lab mereka trus ada satu orang super nerd berambut putih and berpakaian aneh ngejelasin how he can move interface from one hand to the other person’s hand or throw it to floor/wall (*ups* siap2 ditangkep gw :p).

Ada krg lebih 850 PhD yang kerja di Microsoft research itu, tiap orang kaya fokus ke projeknya masing2. Ada cubicel2 penuh barang2 aneh and org2 aneh. :p Tapi waktu makan siang, uniknya mereka jadi  pada santai. Pada ke living room main card games or board games. Definitely a unique experience for me. Iri abis karena mereka punya tempat research kaya gitu, yang hasil risetnya bisa bener2 inform design and products.

O ya..sekali lagi, nama gw misspelled ama mereka. “YEL” Sumitro???? Rats!

Overall, gw cukup enjoy summer programnya. Walau cukup capek karena harus di kampus 9 to 5 everyday. Tapi i think I will learn a lot. Perjuangan buat masuk ke programnya ga terbuang sia2. Hehe. Karena sebenernya gw ga bisa ikut krn gw bukan US citizen and bukan PhD student. Tapi gw “ngeyel” dulu. Gw temuin kepala summer programnya and berusaha yakinin kalau gw candidate yang oke yang patut dipertimbangkan. *terlalu pede*. Mungkin karena gw ngeyel, dianya bilang “ya uda cobain aja apply and ikutin proses seleksinya and let we see nanti”. Dan gwpun ikutin proses seleksinya and minta beberapa dosen gw buat ngasih good rekomendasi ke si kepalanya. And it works! Gw ga ngebayangin betapa bosennya gw kalau ga ketrima di summer institute ini and bakal nganggur another two months. Bisa jalan2 sih, tapi pasti boros. haha. So I think God knows the best for me.

Happy Summer everyone!!!

PS: Btw I learned some mandarin words from the Chinese students. The first word that I learned is “Piqu” that means ***  Hahahah

3 thoughts on “Summer Program week1

Leave a Reply

