Balada DS Dua-Nol-Satu-Sembilan

Sebulan terakhir ini gw dibikin galau ama dua surat. Yang satu namanya TOA (Terms of Appointment) and yang kedua namanya DS-2019. Ribet banget sih tinggal di negara orang. Apalagi negaranya sok anti imigran kaya amrik gini. Super fobia bakal ada imigran gelap.

Apa itu DS-2019? DS-2019 itu surat ijin buat non-US citizens buat TINGGAL selama di US yang biasanya dikeluarin untuk orang2 yang mau studi/riset/mengajar/studi banding/etc, tapi kegiatan mereka itu disupport oleh US Government. Surat ini hampir sama dengan I-20, aka surat ijin buat TINGGAL juga and studi di US buat mahasiswa International biasa yang ga disupport US Government (aka bayar sendiri). Nah kalau I-20 ini dikeluarin ama kampus,  sedangkan DS-2019 ini dikeluarin ama Departemen Dalam Negeri US.

Nah apa bedanya ama Visa? Kalau Visa itu surat ijin untuk MASUK ke US.

Jadi misalin DS-2019 gw berlaku antara 2011-2013. Mungkin aja Visa gw cmn antara 2011-2012. Dengan kata lain gw bisa tinggal seenak udel selama tahun 2011-2013 (pake DS-2019), tapi cuman bisa keluar-MASUK US seenak udel selama 2011-2012 aja.

Waktu masa 2012-2013 gimana? Ya.. kalau gw udah keluar dari US, ga bisa masuk lagi ke US pake visa itu walaupun surat ijin tinggal gw masih valid. Biasanya orang perlu renew visa di home-countrynya kalau kasus ini terjadi.

Nah kalau TOA itu semacam surat perjanjian gw ama US State Department ttg berapa grant yang bakal gw dapet tiap tahunnya.

Ribet kan?

Gw pikir gw bakal adem ayem aja ama surat2 ini. Karena emank ga rencana balik ke Indo summer ini. Tapi tau2 ada rencana mendadak. Sekitar sebulanan lalu professor gw tiba2 bilang kalau dia dapet funding tambahan dari Intel, jadi gw bisa ikut bareng dia ke Beijing buat presentasiin projek kita bulan September pertengahan.

Terang aja gw langsung kebingungan. Karena Visa gw uda expired dari July lalu. Jadi kalau gw nekad terbang ke Beijing, gw ga bakal bisa masuk lagi ke-US karena visanya uda expired.

Trus gimana donk? Ya satu2nya cara gw harus balik ke Indo cuman buat ngeperbarui Visa gw. Nah sampai sini keliatan gampang, gw tinggal pulang Indo and minta visa baru. Tapi masalah kedua muncul, DS-2019 gw bakal expired September 2012 ini. And Visa baru cuman bisa keluar kalau DS-2019 at least masih berlaku 3 bulan kedepan. Tidaaak. Ribet amat.

So gw harus minta DS-2019 gw segera dikeluarin at least 2 minggu sebelum gw wawancara visa. Jadi deh gw ngehubungin pihak perwakilan US State Department (sebut saja si Mawar) buat minta DS-2019 baru. Nah DS-2019 ternyata baru bisa keluar kalau TOA yang baru (buat taon ajaran depan) udah keluar. Parahnya TOA baru gw belum keluar juga. Aaaargh.

So sejak July gw hubungin lah si Mawar, ngasih tau rencana gw. Udah gw bikin sedetail mungkin, kapan gw harus ke Indo, kapan gw mau wawancara visa, kapan gw harus ke Beijing, and balik ke US lagi. Tapi yaaaah, si Mawar ini memang super nyebelin. Dia kaga bales2 even ampe minggu kemarin. Walo sebenernya si Mawar ini udah terkenal annoying and ga responsible. Semua orang yang dapet dia as an advisor di Seattle pada setuju kalau dia super lelet and lemot and nyebelin!

Sampe Kamis kemarin, email gw masih ga dibales. Telepon sekali, dianya ga ada. Padahal professor gw udah makin asem aja mukanya. Nanyain kepastian gw, karena dia mau book tiket, akomodasi hotel, dsb. Gw jadi makin ga enak aja. Udah dibayarin tiket gw ke Indo segala, tapi gwnya kaga bisa ngasih kejelasan lagi.

Ampe akhirnyaaaaa. Kamis minggu kemarin gw telpon manajernya si Bunga. Gw ceritain issue gw and minta dia beresin TOA and DS-2019 gw. Hebatnyaaaa, ama dia gw langsung dapet TOA di hari itu juga. Dia bilang kalau dia pake sedikit pengaruhnya biar TOAnya bisa dikeluarin. Dengan TOA keluar, gw sedikit tenang karena DS-2019 pun bisa segera dikeluarin juga.

And tebaaak??? Gw dapet DS-2019 juga akhirnya hari ini!!!  Yaay. Dikirim pake FedEx dari New York sana. So excited. Walau kadang ngedumel juga ama si Mawar, ternyata issue gw bisa dihandel selama seminggu doank!!! Coba dia ga lemot, ga perlu kan gw mikirin beberapa alternatif perjalanan, liatin orbitz.com ampe mata capek, and bisa fokus ama summer project gw. Mawar mawar!

Haah! Tapi semua kekesalan hilang dengan dapet surat dua halaman itu. Dengan tanda tangan manis di kolom “ijin untuk meninggalkan US” . Yaaay! So I will go home to Indo by the end of this month, renew my visa, spend some time with my family and friends, and fly to Beijing from Indo to meet my professor and present our project there. So excited! Sate kambing here I come!!!

 

Leave a Reply

