Nǐ shì zhōngguó rén ma? (Are you a chinese?)

A common experience for second-generation immigrants is to identify with their country of origin while they live in the adoptive country of their parent but, in contrast, to feel that they belong to their new country when they visit their parents’ country of origin. This is because they are likely to live by a mix of cultural (hidden) rules from both societies while emotionally needing a primary group with which to identify. To no surprise, they often seek comfort with one another.” – Geerts  Hofstede, et al. from “Cultures and Organizations: Software of the Mind” book

 

Dengan mata sipit and kulit berwarna kuning kaya gw, gw bakal selalu dikira orang local ketika gw jalan2 di Beijing. Cukup lucu karena mereka suka ngecerocos ngomong in Mandarine dan gw cmn bengong2 sambil bilang “Wǒ bù zhīdào” or I don’t know (“ora cetho” in Javanese :p). Uniknya mostly dari 6 US student yang dibawa ama professor gw ke US cmn satu yang white. 4 orangnya asian american, satu orang gw (yang sangat nampak asian jg), dan Alexis, satu2nya whitey di antara kita. Jadi sering banget lah kita dianggap orang local. hehe.

kiri ke kanan: King, Randy, Alexis, gw, Nancy. 5 dari 6 US students yang diboyong ke China. Cuman Alexis yang white, sisanya asian american and gw.

Karena penampilan kita ini, banyak kejadian unik happened. Tapi kejadian paling unik buat gw terjadi ketika abis pijet di satu tmpt spa. Pijetnya aja udah aneh, karena gw yang kebagian seruangan ama si professor. Hahaha. Aneh aja. Ga akan gw ngebayangin misalin gw harus pijet seruangan ama dosen pembimbing TA gw di ITB dulu. Won’t happen in millions life. hahaha. Tapi ya karena ama si James ya udahlah yah. Si Alexis, Nick, dll di ruangan sebelah.

Nah uniknya ada satu kejadian setelah kita selesai pijet. James udah keluar dari tempat spanya. Tinggal gw and Alexis di ruang receptionist mau bayar pijetnya. Diajak ngomong lah gw ama salah satu tukang pijetnya.

Nǐ shì zhōngguó rén ma? (Are you a chinese?)

Gw masih ngerti waktu ditanyai itu, krn gw tau “ni” itu kamu, “shi” itu adalah, and “cungkuo ren” itu chinese.

Waktu ditanyain ini jujur gw agak blank. haha. Gw pandang2an ama si Alexis, sambil bingung jawab apa. Am I a chinese? Yes. Kalau di Indo gw ditanyain “Are you chinese?” pasti gw jawab iya. Karena maksudnya apa gw org Indo yang etnis Cina. Tapi kali ini yang nanya org Cina and mereka nanya apa gw orang Cina juga. Apa gw juga merupakan bagian dari mereka juga. Akhirnya gw jawab “No. Wo shi yìnní ren” – Tidak, Gw orang Indonesia…..

Rasanya waktu jawab itu serasa gimanaaaaaa gt. Hahahhaha.

Konteksnya karena dalam pergaulan dan percakapan antara orang Indo-Chinese biasanya kita merefer ke kelompok etnis kita (Chinese) sebagai “zhōngguó rén” dan kelompok bumi putera sebagai “yìnní ren”. Dan kadang orang etnis Cina di Indo memakai term “yinni ren” (dibaca inni-ren) ini sebagai derogatory term. Seperti misalin kalau ada orang Indo Chinese yang pacaran ama non-Chinese, temennya bisa nanya “Inni-ren yah pacarnya?”. dsb dst

Waktu jawab itu perasaan campur aduk. Lebai sih. tapi ya mau gimana, selama ini dari kecil dengan mostly bergaul dengan org Indo Chinese, sadar ga sadar gw dicuci otak kalau memang ‘kita’ adalah “zhōngguó rén” dan ‘mereka’ adalah “yìnní ren”. Hahah

Dan akhirnyaaaa di Beijing, tanah leluhur gw itu gw bilang ke mereka “wo shi yinni ren”. Gw orang Indonesia. hahahha

Tapi gw ga kecewa. Memang gw orang Indonesia yang keturunan Cina. Semoga seperti gw ga malu mengakui tanah air Indonesia sebagai bangsa gw di tanah leluhur gw, bangsa gw (dan negara) Indonesia ga reluctant juga untuk mengakui gw sebagai warga negaranya. Semoga….

One thought on “Nǐ shì zhōngguó rén ma? (Are you a chinese?)

Leave a Reply

