Komparasi transportasi and penginapan (di US)

3 mingguan terakhir ini gw sibuk planning buat winter break ke East Coast, US. Nah berikut adalah perbandingan mode transportasi and jenis2 penginapan yang gw tulis berdasarkan pengalaman gw.

TRANSPORTASI

4 opsi untuk satu hal ini adalah mobil pribadi, bus, kereta, or pesawat. Gw prefer pesawat buat perjalanan jarak jauh and bus buat jarak dekat. Opsi mobil pribadi seru juga kayaknya, semacam road trip gt. Tapi cuman memungkinkan kalau ke daerah2 deket tmpt tinggal kita. Agak impossible kalau misalin mau travel dari LA ke New York misalnya. Mati di jalan. haha. Itu kaya naik mobil dari Aceh ke Papua. :p

Pesawat

Buat high season (Desember, Summer), harga tiket pesawat memang melambung tinggi. Dari West Coast – East Coast bakal sekitar 180-300an dollar sekali jalan. Nah dari semua web pembelian tiket (kayak, expedia, dll), gw paling rekomendasiin orbitz.com. Dari pengalaman gw, gw selalu dapat cheapest price disana. Nah ada dua pengecualian buat bisa dapet harga tiket lebih murah dari website ini.

Pertama kalau kita udah tau trend pesawat airline mana yang harga tiketnya selalu murah ke kota tujuan kita. Misalnya gw tau kalau penerbangan Seattle-Jakata ada penerbangan Eva Air yang relatif selalu lebih murah dibanding airline lain. Ya langsung aja ke website penerbangan itu. Website2 seperti kayak, expedia, travelocity, dll belum tentu meng-agregate penerbangan semua airlines. Kalau airlinesnya ga ada kontrak ama website2 itu, ya ga bakal ditampilin. Nah gimana kita tau trend2 itu. Ga ada cara lain selain nanya orang2 lokal. Kadang mereka bisa tau. misalin penerbangan keluar dari Seattle, alaska air suka murah. Jadi akhirnya selain cek orbitz.com gw selalu cek alaska air juga kalau mau keluar dari Seattle. Air asia contohnya, ga ada tuh di orbitz.com / kayak/ dll. So emank harus pasang telinga lebar2 juga utk trend penerbangan murah.

Nah pengecualian kedua, kalau kita mau book multi-city flights. Pesen tiket pesawat round trip Seattle – New York pasti jauh lebih murah dibandingkan pesen 3 macam tiket, Seattle – Chicago, Chicago – New York, and NY- Seattle. Tp kadang kita mau penerbangan kaya gt, supaya kita bisa spend waktu di Chicago dulu sebelum lanjut ke New York misalnya. Menurut gw   kalau kita mau pesen tiket multi-city flight gt, ada dua opsinya. Pertama cek manual lewat orbitz.com. Cara kedua lewat itasoftware.com. Nah yang kedua itu adalah traveller planning website dari google. Kita bisa cek penerbangan paling murah tapi ga bisa beli disana. Kita cuman bisa dapat list penerbangan yang paling murah untuk travel plan kita, dan nantinya bawa list itu ke agen penerbangan. Hebatnya si website itu ya untuk multi-city flights. Dia akan berusaha bikin penerbangan kita jadi round trip dengan stopovers dengan berbagai macam cara. Yang nantinya bikin harga lebih murah.

Pengalaman gw pakai website itu ketika mau pulang ke Indo summer kemarin. Kebutuhan flight gw lumayan unik. Seattle – Jakarta, Jakarta – Beijing, and Beijing – Seattle. Kalau gw pesen ketiga flight itu sendiri2 pasti jatuhnya mahal banget. Nah pakai ITA software itu, somehow flight gw dibikin jadi Seattle – Beijing rountrip, Beijing- Jakarta roundtrip, plus Jakarta- Singapore roundtrip. Keren juga websitenya. Gw menghemat hampir 800an dollar lewat konfigurasi yang dia saranin itu. Tapi kalau cuman mau penerbangan one way atau round trip menurut gw website2 biasa lainnya udah oke koq. Hasil pencariannya bakal sama.

Hal lain yang perlu dipertimbangan lain  kalau mau pesan pesawat adalah Miles! Setia ke salah satu airline ga ada ruginya, karena kita bisa ngumpulin miles penerbangan kita. Miles penerbangan itu bisa ditukerin ke tiket gratis nantinya. Gw lumayan setia ama United airlines. Jadi misalnya untuk penerbangan yang sama, United lebih mahal 20 dollars dari Delta, gw akan tetep beli United airlines. Lumayan buat ngumpulin point. Hasilnya not bad. For example, ampe sekarang gw udah ngumpulin sekitar 34rb miles (points). Harga tiket gratis paling murah bisa dpt 16500 miles untuk sekali jalan domestic  flight and 32.500 untuk sekali jalan Seattle – Singapore.

Bis

Opsi Bis dipake buat perjalanan jarak pendek di satu area. Misalkan untuk perjalanan antara Boston, DC, New York, and Philadelphia, ada banyak opsi bus yang bisa dicari. Begitu juga bis antara Seattle, Portland, and kota2 di California (San Diego, San Fransisco, LA, etc)

Ada banyak jenis2 busnya : greyhound, megabus, peterpan, dll. Tinggal ke situs mereka and dibanding2kan aja mana yang lebih murah. Boston – DC sekitar 8-10 jam perjalanan, DC – New York and New York – Boston sekitar 4-5 jam perjalanan. Tergantung lama transitnya. Kalau mau ngirit naik bis malem biar sampai di kota yang dituju pagi2. Lumayan ngirit satu malam penginapan. :p

Cuman yang perlu diperhatikan, mode transportasi ini buat orang marginal. Middle class families aja jarang naik bus. Jadi disaranin buat pergi berkelompok kalau naik bus. Lebih dari sisi keamanan aja.

Kereta

Gw ga pernah naik kereta disini. Karena mahal. Hahaha. Waktu perjalanan hampir sama kaya bus, tapi harganya hampir sama ama pesawat. Mabok kan. Biasanya orang naik kereta lebih buat rekreasi sih, and emank lebih aman dr bus tentunya. Ada wifi-dll. Rute yang sama untuk kereta biasanya pasti ada rute bisnya. Tapi buat ngecek2 siapa tau dapet lebih murah bisa ke websitenya Amtraks.

Perbandingan apple to apple (untuk Desember 23-29 2012)

DC – New York | Pesawat 45$ (delta airlines) -1jam, Kereta 40$ (Amtraks) – 4jam, Bus 19$ (Greyhound) – 4jam

Boston – DC | Pesawat 72$ (airtran) – 2jam, Kereta  100$ (Amtraks)-7 jam, Bus 30$ (megabus) – 9 jam

PENGINAPAN

4 opsi juga : numpang temen, hostel, hotel, and numpang apartemen/rumah orang ga dikenal. Tentu paling enak and murah ya opsi pertama. Nginep di tempat temen. Gratis plus dapat tour guide lokal pula. Haha. Masalahnya kalau untuk jalan2 rombongan, susah buat numpang di tmpt temen. Karena belum tentu tempat temen kita cukup buat banyak org, Winter trip kemarin gw cukup beruntung tp, cost penginapan gw lumayan hemat karena ada temen di LA and Sacramento. Jadi bener2 hemat. Karena cost penginapan ini mahal banget menurut gw di US.

Hotel

Buat book hotel biasanya gw pake traveladvisor.com. Disana bisa search berdasarkan budget yang kita mau. Opsi ini tentu opsi yang paling pricey. Ada trik lain buat dapet hotel dengan harga miring. Yaitu pake priceline.com. Sistem priceline.com ini kaya ebay, pakai bid2an. Jadi gw tinggal masukin data kapan gw mau nginep, di kota mana, and budget gw berapa. Setelah itu tinggal nunggu hotel2 buat nge-bid tawaran kita. Gw ga pernah sampai deal. Karena budget gw ga sampai hotel. haha. tapi temen gw pernah masukin tawaran 60 dollar, di boston, and Merriott hotel ambil tawaran dia. Great deal banget. 60 dollar buat Merriott. Itu hampir sama ama harga hostel. Haha. Next time kalau gw punya waktu lama buat planning, I will try to use that website.

Hostel

Hostel ini khasnya backpacker. Tapi hostel di US tetep aja mahal2. Rata2 permalem buat sekamar yang isi 6-8 orang sekitar 30$/malem/orang. Harga bervariasi hingga 60$/malem/ org untuk harga hostel di NY. Apalagi untuk tanggal2 high season tertentu. Tahun kemarin misalnya, waktu di San Fransisco gw nginep di Hostel. Harga permalemnya melonjak jauh buat tanggal 30 Desember – 1 Januari. Dan naiknya harga kadang ga masuk akal bisa 3 kali lipat lebih dari harga normal. Untuk di NY misalnya, gw uda hunting2 hostel buat tahun baru dari beberapa minggu lalu. Buat kamar is 6-8 bed aja permalem bisa ampe 150$/malem. Mabuk! Itu setara harga semalem buat hotel Hilton di Bandung. haha. Cek situs2 kaya hostelworld.com buat hunting hostel ini.

Apartemen/Rumah orang

Ada trend baru buat cari penginapan beberapa tahun terakhir. Yang pertama dengan numpang gratis lewat situs2 kaya couchsurfing.com or hospitalityclub.org. Sistemnya, kita cari orang yang mau ngasih tumpangan kita lewat semacam social network situs mereka. Karena gratis ya jangan berharap banyak. Biasanya cuman dikasih sofa (couch). Heheh. tapi not bad kalau mau gratisan. Nah kalau buat rombongan, jelas opsi ini jelek banget. Susah banget buat cari host yang mau nerima 4 orang langsung misalnya. Untuk itu gw prefer ke opsi kedua.

Opsi kedua sistemnya hampir sama, yaitu kita nginep di apartemen/rumah punya orang lokal. Cuman harus bayar. Ada banyak orang yang punya apartemen/rumah kosong buat disewain. Nah instead of landlord2 ini nyewain bulanan, mereka tawarin tempat mereka untuk disewa per hari lewat situs2 tertentu (airbnb.com / homeaway /flipkey/craiglist). Gw pribadi pakai airbnb, karena banyak temen yang saranin pake situs itu. Di situs itu lengkap, foto2 apartemen/rumahnya, fasilitas2 yang disediain, harga per malam, dsb. Rangenya bervariasi dari yang murah banget sampai yang mahal banget buat penthouse. Dari 10$ untuk sofa di Brooklyn, hingga 5000$ untuk mansion di California.

Keuntungan dari pakai service ini ada banyak. Pertama kita ga kaya beli kucing dalam karung, karena jelas foto2nya and komentar orang2 yang pernah make tempat itu. Kedua buat rombongan, lumayan worth it karena kita bisa share the cost. Misalnya buat winter trip ini gw dapet apartemen di NY dua kamar dengan harga 24o$/malem. Jadi sekitar 60$ per orang. Not bad banget buat NY semasa new year eve. Bandingin dengan nginep di hostel yang satu kamar isi 8 org dengan harga 150$/ orang buat tanggal 30 Des- 1 Januari itu.

Keuntungan terakhir kita bisa masak! Hahaha. rumah/apartemen yang disewa biasanya sudah lengkap dengan kitchen, living room, and dining room. So waktu travel kita bisa masak. Hemat costnya. Haha. Waktu winter trip kemarin ke SF misalnya. Hari2 pertama kita makan di luar terus. Tapi akhirnya ga kuat juga. 15$an sekali makan mahal juga. Bandingin ama masak, 15$ bisa buat 3 orang kali. So kalau at least bisa makan sekali lewat masak aja, pasti udah berhemat banyak.

Yaps. That’s all. Udah panjang. Dipersembahkan untuk mahasiswa2 dengan stipend terbatas. :p

5 thoughts on “Komparasi transportasi and penginapan (di US)

Leave a Reply

