Q & A tentang Fulbright (not official)

Karena pernah menulis tentang beasiswa Fulbright, saya suka mendapat email yang isinya pertanyaan2 tentang Fulbright. Saya suka jawab semampunya dan hanya berdasarkan pengalaman saya. Berikut adalah pertanyaan2 umum yang pernah ditanyakan ke saya. Jawabannya tentu saja tidak official dan tidak pasti. Semua hanya berdasarkan pengalaman saya sebagai Fulbrighter dari tahun 2011-sekarang.
O ya satu lagi. Fulbright dieja dengan satu huruf “l”. Fulbright adalah nama salah seorang senator US yang memprakarsai beasiswa ini.  Namanya J. William Fulbright.

Berapa orang interviewers dalam tahapan seleksi wawancara fulbright?

Waktu itu saya ada 4 interviewers. 2 dari pihak Amerika dan 2 dari pihak Indonesia. Yang pihak Indonesia biasanya adalah mantan penerima beasiswa Fulbright. 1 dari pihak Amerika biasanya adalah orang USA yang sedang menerima beasiswa Fulbright di Indonesia. 1 sisanya biasanya adalah officer dari pihak Fulbright.

Dimana seleksi wawancara beasiswa Fulbright diadakan?

Di beberapa kota seperti Jakarta. Jogjakarta, dsb. Calon penerima beasiswa yang masuk tahap wawancara akan diminta untuk kota yang terdekat dengan domisilinya.

Ketika melamar beasiswa Fulbright apakah perlu memakai TOEFL iBT resmi?

Tidak. Pakai yang TOEFL itp aja bisa. Nanti setelah lolos tahapan wawancara dan diterima sebagai candidate baru akan diminta untuk mengambil tes TOEFL iBT  untuk dipakai dalam proses aplikasi ke universitas2 di US.

Berapa batas nilai TOEFL agar bisa dapat Fulbright?

Silahkan lihat requirementnya di web aminef.or.id.

Berapa batas nilai TOEFL yang diminta oleh Fulbright setelah kita lolos seleksi?

Waktu angkatan saya kalau sudah diatas 80 sudah tidak diminta untuk mengulang lagi.

Berapa nilai TOEFL yang dianjurkan?

Setiap universitas biasanya mempunyai requirement yang berbeda2. Silahkan memeriksa requirementnya dari website uni2 yang ingin dituju.

Adakah tips untuk mendapat nilai tes GRE yang kompetitif?

Untuk GRE yang kualitatif (matematika), menurut saya tidak terlalu susah. Bahannya sama seperti matematika SMA hanya tanpa kalkulus. Yang berbeda mungkin istilah2nya yang dalam bahasa Inggris. Jadi banyak berlatih soal matematika dari buku2 persiapan seharusnya cukup.

Untuk GRE yang verbal cukup menantang buat saya. Metode memakai Flash Card mungkin bisa dicoba. Silahkan di-google “Flash Card GRE” dan berlatih tiap hari.

Berapa lama harus belajar GRE?

Tidak banyak waktu yang disediakan oleh Aminef. Maksimal sekitar satu bulan. Jadi saran saya kalau cukup percaya diri di tahapan wawancara, silahkan mulai belajar GRE.

Berapa rentang waktu pengumuman GRE?

Sekitar sebulan dari waktu tes. Walaupun nilai verbal dan qualitatifnya langsung bisa dilihat.

Berapa besar beasiswa Fulbright?

Pertahun: 30.500$ untuk tahap master dan 40.000$ untuk tahap PhD

Apakah beasiswa ini mencakup biaya hidup?

Iya dan tidak. Jumlah 30.500/40,ooo$ adalah jumlah yang tidak banyak untuk uang sekolah + biaya hidup di US. Biasanya jumlah tersebut tidak mencukupi. Tetapi pihak Fulbright akan berusaha untuk meminta beasiswa tambahan dari universitas2 yang akan diapply oleh Fulbrighter. Jika mendapat beasiswa tambahan dari kampus yang dituju, maka semua biaya sekolah + biaya hidup akan ditanggung oleh Fulbright. Jika tidak maka akan diminta dana pribadi untuk menutup kekurangannya.

Berapa besar stipend/uang bulanan yang akan diberikan Fulbright?

Jika jumlah beasiswa dr Fulbright dan beasiswa tambahan dari kampus (jika ada) bisa memenuhi semua uang sekolah dan biaya hidup maka stipend akan diberikan per bulan. Besarnya bervariasi, tergantung dari estimasi living expense di kota yang dituju. Bervariasi dari 1000$-ish sampai 2000$-ish  per bulan. Jumlahnya tidak berlebih banyak, tapi masih cukup untuk jalan2 berkeliling US selama break. :p

Apakah beasiswa Fulbright bisa cukup untuk bersekolah di Ivy League (Harvard, MIT, Stanford, dll)?

Salah satu karateristik dari Ivy League adalah tingginya tuition fee. Tapi setiap tahunnya tetap saja ada beberapa Fulbrighter yang bisa tembus ke kampus2 ini. Mereka pasti mendapatkan beasiswa tambahan dari kampus yang dituju atau menggunakan dana pribadi.

Bagaimana mendapatkan beasiswa tambahan dari kampus yang akan dituju?

Masalah negosiasi beasiswa tambahan ini akan diurus oleh pihak Fulbright. Fulbrighter dilarang untuk ikut campur.

Apakah stipend yang diberikan bisa cukup untuk Fulbrighter yang membawa keluarga?

Fulbright tidak menyarankan untuk membawa keluarga karena stipend yang diberikan memang direncanakan untuk satu orang saja. Tapi saya mengenal beberapa Fulbrighter yang membawa keluarganya. Tentu dengan perjuangan yang tidak mudah. Istri/suami dari fulbrighter ada yang mencoba mencari pekerjaan blue collar. Dan tidak ada kepastian bahwa pekerjaan bisa didapat.

Apa perbedaan study objective dan personal statement?

Study objective lebih tentang detail rencana riset yang akan dilakukan selama studi di universitas yang dituju. Personal statement adalah essay tentang siapa diri kita dan mengapa universitas yang dituju harus menerima kita.

Universitas-universitas mana saja yang bisa di-apply melalui beasiswa Fulbright?

Semua universitas di US. Fulbright akan mendaftarkan kita ke 4 (untuk master) atau 6 (untuk Phd) universitas yang ingin kita masukin. Daftar 4/6 universitas itu adalah hasil negosiasi kita dengan pihak Fulbright. Fulbrighter juga bisa mendaftar ke universitas2 lain di luar daftar 4/6 universitas itu dengan biaya pribadi.

Bagaimana nasib kandidat cadangan Fulbright?

Saya juga tidak tahu. Tapi di angkatan saya mostly yang termasuk kandidat cadangan bisa berangkat juga.

One thought on “Q & A tentang Fulbright (not official)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s