Jalan-jalan di Seattle

Udah hampir dua tahun gw tinggal di Seattle. Kalau ada temen yang dateng kesini, tempat-tempat turis yang gw kunjungi bareng mereka ya itu2 aja. Ini hasil kompilasi dari tempat-tempat lumayan asik buat jalan-jalan di Seattle. Enjoy

296255_10150457296299167_1009152443_n

Informasi umum tentang Seattle
Kota yang terkenal karena sebuah film berjudul “Sleepless in Seattle” ini merupakan kota terbesar di area Pacific Northwest Amerika. Dengan kurang lebih 3.4 juta penduduk Seattle merupakan salah satu kota metropolitan di Amerika. Berikut adalah beberapa trivia tentang Seattle.

  1. Jumlah orang Asia di Seattle cukup banyak, sekitar 13% dari keseluruhan populasi. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan bagi traveler dari Indonesia karena asian food akan sangat mudah ditemui.
  2. Jumlah anjing di kota Seattle lebih banyak dibanding jumlah anak. Dengan perbandingan satu banding tiga.
  3. Ada banyak julukan untuk kota Seattle: “Emerald city” karena banyaknya pepohonan di daerah ini, “Rain city” karena tingginya intensitas hujan, “Coffee capital of the world” karena perusahaan kopi Starbuck dilahirkan dan berpusat di kota ini, “Jet city” karena industri pesawat terbang Boeing berpusat di kota ini, dll.
  4. Seattle juga sangat ramah dengan komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender). Menurut sensus terakhir Seattle adalah kota dengan jumlah kaum LGBT terbanyak kedua dari seluruh Amerika. Nuansa LGBT ini terutama sangat bisa dirasakan di daerah Capitol Hill.
  5. Selain Boeing, high-tech merupakan industri yang terkenal kedua di Seattle. Perusahaan-perusahaan teknologi seperti Amazon, Microsoft, dan Nintendo mempunyai headquarter di kota ini.
  6. Secara politik, Seattle termasuk sebagai blue state atau daerah yang lebih condong ke partai Demokrat. Maka dari itu sifat dari penduduknya yang mempunyai julukan “Seattleite” cenderung lebih liberal.
  7. Seattle disebut-sebut juga sebagai “the most literate city” dikarenakan mempunyai jumlah rasio pemimjaman buku dari perpustakaan umum yang paling tinggi seamerika. Ditambaha lagi, Seattle juga merupakan kota dengan jumlah persentase penduduk yang mempunyai gelar sarjana paling tinggi seamerika.

Tempat-tempat menarik untuk dikunjungi
Empat hari adalah waktu yang cukup untuk mengunjungi tempat-tempat yang menarik di Seattle. Berikut adalah tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi di Seattle.

  1. Seattle Center

311427_10150454338149167_1828416805_n

Seattle Center adalah sebuah kompleks seluas 9 bloks yang dijadikan tempat rekreasi baik untuk Seattleites maupun turis. Ikon yang paling terkenal di area ini tentu aja adalah Space Needle. Menara tinggi yang menjadi ikon Seattle. Namun ada banyak tempat menarik yang harus dikunjungi juga di daerah ini antara lain International Fountain, Glass Museum, Experience Music Project (EMP) dan Pacific Science Center. Jika waktu Anda terbatas pastikan Anda mengunjungi EMP karena museum ini termasuk museum yang paling keren di Seattle. Di tempat ini juga pengunjung bisa mengendarai Seattle Monorail menuju downtown Seattle.

  1. Pike Place Market

306493_10150454338289167_1017695827_n

Pasar yang paling terkenal di Seattle ini berada di tepi danau dan terkenal dengan dua dagangan utamanya yaitu bunga dan seafood. Ada beberapa spot yang wajib dikunjungi selama di Pike Place Market yaitu:

  1. Flying fish shop

Toko penjual seafood ini terkenal dengan gaya berjualannya yaitu setiap kali ada pengunjung yang membeli sajian laut mereka, mereka akan melempar sajian laut itu ke bagian pembungkusan. Pengunjung pasar akan bergerombol mengelilingi toko ini untuk menunggu pertunjukkan gratis ini. Di depan toko ini juga ada patung babi yang cukup terkenal. Banyak orang berfoto di depannya.

  1. Gum wall

Tidak jauh dari flying fish shop atau tepatnya di bagian bawah pasar ini dapat ditemui sebuah gang kecil dengan tembok penuh permen karet (gum wall). Bau menyengat permen karet sudah bisa tercium dari ujung gang ini. Namun tidak puas rasanya kalau ke Pike Place Market tanpa berfoto di depan tembok itu.

  1. The first Starbuck shop

304082_10150454339154167_585922319_n

Di seberang pike place market ada sebuah toko starbuck yang selalu penuh dijejali oleh turis. Toko starbuck ini disebut-sebut sebagai toko Starbuck yang pertama kali ada di Seattle. Hanya saja sebenernya toko itu bukanlah toko starbuck yang pertama melainkan toko Starbuck yang dibangun kedua di Seattle. Tidak disediakan tempat duduk di toko Starbuck ini sehingga pengunjung hanya bisa membeli kopi dan membawanya pergi.

  1. Toko penjual makanan-makanan khas

Ada beberapa makanan yang merupakan signature dari Pike Place Market yang harus di coba. Makanan-makanan tersebut antara lain: chowder, crab pancake, macaroni cheese, dan homemade bakery.

  1. Seattle Aquarium

Tidak jauh dari Pike Place Market, tepatnya di dermaga nomor 19 (Seattle Waterfront’s Pier 19) adalah lokasi Seattle Aquarium. Disini kita bisa melihat hewan air khas dari daerah Puget Sound (area lebih luas disekitar Seattle). Di sepanjang waterfront juga terdapat berbagai macam took-toko unik. Sempatkan untuk mengunjungi toko unik yang bernama Ye Olde Curiosity Shop.

Setelah menghabiskan waktu beberapa jam di Pike Place Market dan Seattle Aquarium, downtown Seattle bisa dijelajahi dengan berjalan kaki dari Pike Place Market. Hanya dengan berjalan kaki, ada beberapa tempat yang lagi-lagi merupakan signature dari kota Seattle.

  1. Downtown Seattle

320428_10150454339849167_1170901802_n

Downtown Seattle termasuk nyaman dan aman untuk dijelajahi dengan berjalan kaki. Jika Anda ingin berbelanja, Anda bisa berjalan menuju Pine Street. Mulai dari 3rd hingga 7th street berjejer tempat berbelanja yang khas Amerika dan Seattle seperti Nordstorm, Macy’s, Westlake Center, Pacific Place, dsb. Terdapat juga skybridge diantara Pacific Place dan Nordstorm. Dari skybridge ini kita bisa melihat pemandangan downtown Seattle.

301498_10150454339939167_2071187068_n

Seattle Public Library

Tidak jauh dari kompleks perbelanjaan ini, jika kita berjalan ke University and 1st street kita akan menemukan Seattle Art Museum (SAM). SAM merupakan salah satu museum yang paling terkenal di Seattle, dengan lebih dari 23000 objek seni yang dipamerkannya. Museum ini juga gratis dikunjungi untuk setiap Kamis minggu pertama setiap bulannya.
Sekita tujuh blok dari SAM, tepatnya  di Spring and 4th street bisa ditemukan ikon Seattle lainnya yaitu perpustakaan umum Seattle (Seattle Public Library). Perpustakaan rancangan lulusan Cornell University ini mempunyai bentuk yang unik. Pengunjung bisa menjelajahi gedung ini hingga lantai teratasnya. Di dalam gedung ini ada sebuah lantai yang cukup unik dimana desain interiornya didominasi oleh warna merah (Red Floor).

  1. Pioneer Square

Jika berjalan ke arah selatan dari downtown Seattle kita akan memasuki area yang disebut sebagai Pioneer Square. Daerah ini semacam “kota-tua”-nya Seattle, dimana bangunan-bangunan tua dan antik jamak ditemui. Jika anda berkunjung ke daerah ini jangan lupa untuk mengunjungi Smith tower. Sebelum space needle dibangun, Smith tower adalah bangunan tertinggi di Seattle. Pengunjung bisa naik ke tingkat tertentu di menara ini untuk menikmati pemandangan Seattle dari atas. Di area ini kita juga bisa mengikuti salah satu tour yang terkenal di Seattle yaitu Seattle Underground tour. Pada tahun 1889, daerah Pioneer Square ini dihancurkan oleh kebakaran. Pada proses pembangunan ulangnya, masyarakat sepakat untuk menaikkan jalan, bangunan, dan trotoar satu tingkat diatas bangunan sebelumnya. Sejak itu Seattle bawah tanah bisa dijelajahi.

  1. International District

International District adalah nama China Town-nya Seattle yang terletak di selatan Pioneer Square. Dinamakan sebagai International District karena ada komunitas etnis Jepang yang cukup besar juga di daerah ini. Di area ini, jika Anda menggemari makanan dim sum jangan lupa mengunjungi restaurant Jade Garden yang selalu penuh dikunjungi warga Seattle. Tidak jauh dari Jade Garden ada sebuah museum yang cukup unik bernama Wing Luke Museum. Museum ini khusus berisikan informasi tentang Asian American atau immigrant dari Asia yang sudah lama berdomisili di Amerika. International district terkenal juga dengan asian grocery terbesar di Seattle yang bernama Uwajimaya. Toko ini khusus menjual produk Asia terutama barang-barang buatan negeri Jepang. Dua stadium utama Seattle yaitu Century Link field dan Safeco field tidak berada jauh dari area International district. Centurylink field adalah markas untuk klub American football (Seattle Seahawk) dan klub sepakbola Seattle (Seattle Sounders). Sedangkan Safeco field adalah markas untuk klub baseball Seattle (Seattle Mariners).

  1. University of Washington

407745_10150706282784167_477732441_n

Belum puas rasanya jika ke Seattle tanpa mengunjungi University of Washington. Kampus cantik ini berada di bagian utara kota Seattle. Di dalam perpustakaan kampus ini kita bisa meminta peta untuk menjelajahi kampus dengan bangunan-bangunan berbata merah. Landmark yang paling terkenal di universitas ini adalah Suzallo library. Di dalam perpustakaan ini jika Anda pergi ke lantai atas, Anda akan menemui sebuah ruang baca dengan desain interior yang sungguh menakjubkan. Penggemar film seri Harry Potter pasti bisa mengaitkan ruangan ini dengan ruang makan sekolah Hogwart. Selain Suzallo Library tempat-tempat yang perlu dikunjungi di area kampus ini adalah: the Quad, Burke Museum, Drumheller Fountain, dan  Red Square. Di dekat air mancur Drumheller, jika Anda jeli Anda bisa menemukan sebuah taman tersembunyi yang cukup unik dan cantik.

303538_10150449006654167_316043493_n 527000_10150918221454167_719726089_n

  1. Beberapa tempat menarik lainnya.
  1. Boeing field tour di Everett

Everett adalah kota di bagian utara Seattle yang merupakan lokasi dari pabrik pesawat terbesar Boeing. Jika Anda ingin melihat bagaimana pesawat-pesawat Boeing diproduksi, Anda bisa mengikuti tour di tempat ini.

  1. Gaswork Park

Taman ini berada diantara Univeristy of Washington dan area Fremont. Dari taman ini Anda bisa melihat pemandangan skyline Seattle

  1. Queen Anne Park

Queen Anne adalah daerah yang cukup borjuis di kota Seattle. Namun jika Anda berkunjung ke taman di Queen Anne Anda bisa melihat pemandangan skyline Seattle dari ketinggian yang pas.

  1. Fremont Troll

Patung Troll raksasa yang menjadi ikon area Fremont.

8 thoughts on “Jalan-jalan di Seattle

  1. Msih tnggal diseatlle mas?
    1bulan sekali kapal aq sandar ditacoma,
    Bingung mau jalanjalan kmna?
    Bisa temenin kita warga indonesia semua.

  2. Bro Krisnanda ,,kalo kota aberdeen jauh ga dari seattle…tertarik juga kerja di seattle sekalian liat kota yang dikenal sebagai Kota kelahiran Grunge atau Seattle Sound kayak Kurt cobain gitu..

  3. Hallo saya Farisa, thanks for sharing yaa.. menarik bgt!!!

    Boleh minta saran, suami saya mau sekolah S3(beasiswa) selama 4thn di sana. Kira2 dimana tempat tinggal/kawasan yg ok, murah n cocok utk anak2??? Atau ada link website room for rent yang oke selain airbnb??

    Sangat berharap dpt tempat tinggal yg murah, soalnya untuk keluarga tidak ditanggung oleh beasiswanya…hiks.

    Terima kasih yaa.

    • Biasanya tempat tinggal yang disediakan dari kampus harganya lebih miring. If your husband will study at UW, they do have some housings for families. Salah satunya namanya Blakeley village. Keluarga PhD Indonesia biasanya tinggal disitu. But, the waiting list is long.. Untung2an bisa dapat tempat disana. Mungkin bisa antri secepatnya biar chance dapatnya lebih tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s