How are you doing? Doing really well, how about you?

Siapa bilang orang Indonesia atau Jawa yang paling jago basa-basi. I think Americans are so much better at that. 1 tahun 7 bulan gw hidup di tanah Pacific North West ini. Yang katanya orang2nya lebih cuek, lebih dingin dengan orang asing. Dibanding dengan daerah southern misalkan. Tapi tetep aja, I think banyak banget basa-basinya.

Hari ini gw nanya ke temen gw. “Do you really mean it, everytime you say “have a good night” to a stranger?”. One of them said yes, and the other say sometime. Gw berkesimpulan kalau memank orang Amerika punya lebih banyak kultur sapaan aja. Dan sapaan ini diomongin kesemua orang yang kita berbagi kepentingan (Seperti waiter dan pelanggannya). Sedangkan di Indonesia, basa-basinya lebih ke orang yang bener-bener kita kenal.

Tapi ada satu basa-basi yang menurut gw lumayan meaning di US. Yaitu budaya berterimakasih. Temen-temen gw suka banget berterimakasih ke hal-hal kecil. “Thanks for asking”,”Thanks for coming”,”Thanks for joining me today”, Terimakasih buat ngebukain pintu, dsb dst. Waktu awal kadang gimana gitu, tapi lama2 gw terbiasa juga buat “sadar” kapan buat terimakasih. And I really mean it.

Satu hal yang gw miss tentang basa-basi orang Indonesia yaitu basa-basi tentang bentuk tubuh. “Kurusan yah?” “Gendutan yah”. Karena ga pernah ada yg basa-basi ttg bentuk tubuh, gw ga sadar kalau gw bener2 tambah gendutan. hahahah. Sampe hari minggu kemarin, gw ketemu ama temen Indo yang udah ga ketemu lama. And dia kaget on how much weight that I did gain. *facepalm*

Budaya basa-basi Amerika…yang terlalu sering…tapi terkadang terasa hangat. And for sure I will miss it. Howdy?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s