Kaleidoskop.

28 April gw ke bandara SeaTac, Seattle. Bareng 3 koper gede, satu koper kabin, and satu backpack. Perasaan campur aduk, karena Seattle has been a good home for me. Beberapa tahun gw tinggal di US and I experienced many things. Yang gampang keinget tentunya yang bagus2. So kali ini gw tulis hal2 yang gw experience di US and I am quite proud of it. Agak congkak, tp bodo amat, dengan gw tulis, next time gw bisa kembali lagi baca tulisan ini and being thankful for what Jesus has blessed me. Thanks to senator Fulbright who made (some of) my dreams come true.

1. 13 states

Kata orang kalau waktu mahasiswa punya waktu banyak tapi ga punya uang buat jalan2, nanti kalau udah kerja punya uang tapi ga punya waktu buat jalan2. So I didn’t want to miss this moment. Kapan lagi bisa jalan2 muterin tanahnya paman Sam. I am quite satisfied on what I’ve achieved. I explore 3 states in West Coast (Washington, Oregon, California), 3 states in Midwest (Illinois, Iowa, Missouri), 5 states in East Coast (New York, Massachusetts, DC, Maryland, Virginia), 2 states di mountains area (Nevada, Idaho), and 1 states in South (Arizona). Kota-kota yang jadi highlight perjalanan gw antara lain New York, Chicago, Boston, DC, SF, LA, St Louis, Las Vegas, Portland, and Seattle tentunya! It was an amazing experience for me. Something that I will value it very much. Dari semua states itu West Coast masih favorit gw: cuaca bersahabat, atmosfer friendly, and cool people. Washington  and California yang gw paling demen. Ada dua state yang masih kepingin banget buat didatengin which is Florida and Texas. Semoga kesampaian kapan2.🙂

13 States!

13 States!

2. 4 themes park

Desember 2011 seminggu sebelum Natal, gw pergi ke 4 themes park dalam waktu 4 hari. Cukup gila sih. Abis itu capeknya amit2. Theme park pertama Universal Studio di Hollywood. Agak kecewa karena theme parknya ga terlalu beda ama yang di Singapore. Tapi yang unik kita bisa naik kereta untuk muterin studio2 tempat pembuatan film2 universalnya. Other than that I think It is just okay but not great. Six Flags di Magic Mountain jadi pemberhentian kedua. Ga pernah denger tentang theme park ini sebelum ke US, tapi ada temen yang bilang bahwa harus cobain theme park ini. So I took his advice and I should thank him! It is super worth it. Harga tiket ga terlalu mahal dibandingin universal or disneyland tapi seru banget kalau pergi ke theme park ini selagi masih muda. :p Six flags ini terkenal dengan thrill ridesnya, jadi di didalam satu park bisa ada 15an roller coaster dan teman2 sebangsanya. Dari roller coaster paling panjang, paling tinggi, roller coaster terbang, roller coaster mundur, roller coaster berdiri, sebut aja pokoknya; gw sampai eneq2 di akhir hari itu.🙂 2 theme park terakhir tentu saja Disneyland Park & Disneyland California Adventure Park!!! I think they are the winner! Jago banget buat bikin orang seneng and kagum. Highlightnya adalah World of Color di Disney California Adventure Park. Bener2 speechless abis liat pertunjukan itu. Ga paham gw gimana orang bisa kolaborasi buat mainin emosi orang sambil manjain telinga and mata. Superb!

Disney California Adventure Park

3. Hiked on 5 trails (or place)

Spring 2012 pertama kalinya gw hiking ke Mt. Si. Jam 2 pagi dijemput temen and pergi ke gunungnya dengan niat buat liat sunrise di pagi hari. 7 jam hiking bolak-balik was an awful time for my legs. Tapi somehow gw mulai enjoy nature setelah itu. Setelah Mt Si gw hiking di sebuah trail di deket Leavenworth, Rattlesnake Ridge, trail di Lake Tahoe, dan terakhir ke Yosemite National Park.  Hopefully gw bisa explore gunung2 di Indo. It should be very fun.

Yosemite National Park

Yosemite National Park

4.Went up  3 Skycrappers.

Empire State Building di New York, Willis tower di Chicago, and Space Needle di Seattle. Paling suka skydeck yang di Willis tower. Berasa merinding ketika liat ke bawah. Hahah. Willis tower juga merupakan bangunan paling tinggi di US dan ketujuh di seluruh dunia. Paling ga worth it Empire State, karena gw dateng ke New York mendekati tahun baruan, Antrian bisa ampe 3 jam cuman buat ke atas. Won’t do it again if I need to queue for 3 hours.

Skydeck at Willis Tower, Chicago

Skydeck at Willis Tower, Chicago

5. I learned how to ski.

Salah satu bucket list gw. Dan ternyata super susah! hahah. Ben dengan sabar ngajarin gw, tp tetep aja jatuh2 terus. Mau buat jalan aja juga susah. hahaha. But it was fun actually walau hari sesudahnya kaki biru2 semua. :p

With Ben, si jago ski.

With Ben, si jago ski.

6. Belasan Museum

Dulu waktu kecil demen banget ke museum. Tapi entah kenapa sekarang excitementnya aga kurang berkurang. Tapi tetep aja ada belasan museum yang gw kunjungin selama di US. Paling eneq2 ama museum waktu di National Mall, Washington DC. Di situ mungkin ada belasan museum yang free masuknya. Sehari bisa ke 5 museum. Di museum pertama masih semangat baca2 informasinya, di museum terakhir udah pikirannya mau dinner apa hari itu. Hahaha. Dari semua museum yang gw paling suka justru di Chicago. Namanya the Museum of Science and Industry. Super gede and I think they have a lot of interesting things there.

The Museum of Science and Industry, Chicago

The Museum of Science and Industry, Chicago

7. San Fransisco, Seattle, New York

Tiga kota itu favorit gw. Seattle buat tinggal, San Fransisco buat kerja, and New York buat jalan2. :p I think kalau ada orang yang nanya ke gw, gimana bikin itinerary buat jalan2 di US selama seminggu, I will tell him/her to spend 2 days in SF, 2 days in Seattle, and 3 days in New York.🙂 Seattle itu ijo banget, full of smart people, and homey banget. Persis kaya bandung. SF modis and gaul banget, and kotanya enak banget buat jalan2. Ga serame New York tapi masih ada smuanya. Sedangkan New York walau penuh banget, tp banyak banget things to do nya.

New York dari Empire State Building

New York dari Empire State Building

8. I gambled in Las Vegas…and lost.. haha

Pertamanya mikir cuman mau pake 20$ buat coba2 gamble, tapi akhirnya keterusan and I didn’t win any penny. Hahah. But it was a unique experience. Dan ternyata Las Vegas ga melulu tentang gambling, di sana tiap hotel berlomba2 buat menarik pengunjung dengan atraksi2 unik. Mulai dari air mancur raksasa, pertunjukkan gunung berapi, musical shows, dll. Gw cuman 3 malem di Las Vegas and definitely it was not enough to explore it!

Salah satu hotel di The Strips (jalan utama di Vegas)

Salah satu hotel di The Strips (jalan utama di Vegas)

9. I visited around 11 Universities

Entah kenapa gw enjoy banget suasana kampus. 11 Universitas! MIT, Harvard, Stanford, UCLA, Colombia, U of Chicago, Loyola, DePaul, U of Iowa, US Naval Academy di Annapolis dan tentu saja UW! Mungkin gw bias, tapi ntah kenapa UW masih favorit gw. ;p Even bangunan bata merahnya Harvard ga bisa ngalahin Cherry blossom + Suzallo Librarynya UW. hahah. Go huskies!

Suzallo Library, UW di kala salju

Suzallo Library, UW di kala salju

10. Lion King & Rent musical shows, and Cold Play concert!

Yang terakhir lumayan random and mendadak. I am not that super excited about Cold Play walaupun lagu2 mereka ada di itunes gw. Tapi karena ada temen yang ngajak, why not. And it turned out that I really enjoyed the concert. Desember 2012 di Brooklyn, New York gw ikut2 triak2 nyanyi lagu2 mereka juga.  Tata panggung super keren dikombinasi ama gelang2 yang nyala sendiri bikin gw cukup berdecak kagum. Dan si cold play juga main habis2an sih. Beda cerita dengan Lion King, super excited waktu nonton-nya. It was one of my priority bucket list. Minskoff Theater, January 2013, I made it!

Cold Play concert

Cold Play concert

11. 2 Soccer Games and 1 Baseball Game

Gw kurang demen ama Baseball game. Ga terlalu thrilling waktu nontonnya. Tapi akhirnya gw lumayan menikmati Soccer game karena orang Seattle lumayan gila ama klub sepakbolanya (Seattle Sounders) – walau di musim ini mereka lumayan sucks. Pertama kali diajak nonton Adam, dan gw iya2in aja. And emank dasar si Adam american banget, dia ga terlalu tau aturan sepakbola. Hahah. Tapi akhirnya dia jd lumayan maniak gt nonton Sounders game. Nonton Soccer game live kedua waktu ulang tahunnya Adam. We celebrated his birthday in the Century Link field and Sounders menang 2-0 waktu itu. We love you sounders, we do. We love you sounders, we do We love you sounders,Hey, Ho, Sounders we love you!. 

12. Thanksgiving, Christmas, Easter, New Year Eve, & 4th of July

Dari semua hari besar American, gw paling terkesan ama Thanksgiving. Siapa yang ga ngiler ama kalkun + stuffing + gravy sauce + cranberry cake + etc + etc. Walaupun waktu di Bandung gw udah pernah ngerayain Thanksgiving bareng2 guru2 CBCS yang american, rasanya tetep beda aja waktu ngerayain yang beneran di US. Thanksgiving tahun 2011 gw rayain bareng Papa Steve and keluarga besarnya di Vashon Island. Memey (kepala sekolah CBCS yg belajar di amrik juga) and Abul (temen fulbrighter) join bareng juga. It was a lot of fun. Seharian cuman makan – ngobrol- makan – ngobrol. Thanksgiving tahun 2012 gw rayain bareng Hansen family. Seneng juga bisa reunian bareng keluarganya Gerrit: Julie, Evan, and Paul. Paling kaget ama Evan yang udah lebih tinggi dari gw. Makanan2 hampir sama and hampir sama juga enaknya. Hehehe

Gerrit ama nyokapnya (neneknya evan) lagi motong si turkey. Thanksgiving 2012 with the Hansen.

Gerrit ama nyokapnya (neneknya evan) lagi motong si turkey. Thanksgiving 2012 with the Hansen.

Christmas and Easter malah lumayan lowkey buat gw. Ntah kenapa mostly waktu Easter and Christmas gw malah lagi travelling. Christmas 2011 gw rayain bareng keluarga sepupu nyokap di Sacramento, California. Easter 2012 gw rayain di gereja yang di Seattle, menikmati dark Fridaynya Mars Hill. What an experience! Christmas 2012 gw rayain bareng Melvin and Jacky (temen jalan2) di Virginia, di sebuah kota deket perbatasan Virginia-Maryland. Easter 2013 gw rayain di gereja Indonesia bareng Deddy (temen waktu kuliah ITB dulu) di San Jose, California. Lumayan unik juga ternyata, gw ngerayain paskah and natal selama di US di 4 kota (and 3 state) yang berbeda-beda.

New year Eve tahun 2011 gw rayain di San Fransisco, liat kembang api di Pier something bareng Melvin, Jacky, and Marlene. Karena emank dari sononya gw demen banget ama SF, pengalaman ini lumayan unik. Pulang jalan kaki bareng ratusan orang lainnya di jalan protokolnya SF. Unik banget. New year Eve tahun 2012 gw rayain di Central Park, New York. Cuma beberapa blok dari Times Square, tapi emank ga cukup niat buat antri and desek2an di Times Square. Tapi central park not bad juga. Seneng bisa kumpul bareng temen2 fulbright and Melvin, Jacky, Georgie juga.

New Year Eve 2012 di Central Park, NYC

New Year Eve 2012 di Central Park, NYC

4th of July gw cuman bisa rayain sekali di tahun 2012. Yang 2013 ga bisa ngerayain karena udah terlanjur diusir dari US, heheh. Bareng supergroup kita ke Bellevue buat liat kembang api, pertunjukan pesawat, and orchestra. It was really cool experience. Mungkin bisa jadi itu perayaan 4th of July yang pertama and terakhir buat gw (*halah*)

Panas2 di Bellevue garden nungguin kembang api 4th of July.

Panas2 di Bellevue garden nungguin kembang api 4th of July.

13. A lot of (good)friends

Yang pertama tentu SuperGroup (this is how we call ourselves). Berawal dari Michael, akhirnya gw kenal Daniel. Setelah beberapa lama jadilah gw temen deket si Daniel. Dari Daniel, gw jadi kenalan ama geng mainnya Daniel ini. Ben, Mac, Alex, John, Bryan, and Easton. Trus mulai kenal ama geng ceweknya juga. Danuta, Audrey, Lexi, Chelsea, Kayleigh, Rachel, and Sarah. Mulai bener2 deket kayaknya waktu summer 2012, sering banget kegiatan bareng mereka. Hiking, movie night, game night, dinner, etc. I think mereka nice banget ke gw, si asian yang ngomong aja ga becus. Semuanya sabar banget ngejelasin istilah2 slang yang gw ga ngerti, ngejelasin American culture yang gw bingung, dan bersabar ama aksen gw yang asing buat mereka.

Ketika gw deket2 mau pulang, they created 2 surprise parties for me, cooked my favorite American food (American breakfast), and wrote very sweet letters. Terharu! Hahah. I will miss them so much!

Supergroup!

Supergroup!

Secondly, di jurusan gw entah kenapa International students nya bisa deket. Mungkin karena merasa senasib. Jadilah kita suka bikin acara makan bareng. Terkadang kita sering satu kelompok juga waktu project di kelas. Pembicaraan kita nyambung banget: urusan imigrasi, cari internship, cari kerjaan, and project kelas. So nerdy! Hahaha. Mungkin karena international students (yang dari asia smua) mostly emank lebih nerdy. Sebelum gw pulang mereka bikin going away party juga buat gw. Kasih sweater and mouse pad UW. Thanks!

International students at HCDE Master program

International students at HCDE Master program- kecuali Adam yang selalu gw ajak sekalian. :p

Yang ketiga adalah orang2 Indo yang belajar di law school. Baru tahun terakhir di UW gw mulai kenal and deket ama mereka. Terutama ama mba Ninin, Ray, and Dhila. Kadang kangen juga ngobrol tentang Indonesia and ngomong tanpa mikir. And they have been very good friends for me. Waktu gw lagi stres2nya karena perpanjangan kerja gw ditolak ama fulbright, mereka yang banyak hibur gw. Asiknya, kita masih bakal bisa ketemu. Ya karena ujung2nya mereka bakal pulang ke Indo juga. Heheh

UW Indo people which I hanged out with

UW Indo people which I hanged out with

Keempat, temen jalaaan! Hahahaha. Uniknya selama gw di US, gw bisa ketemu temen2 CBCS (sekolah tmpt gw ngajar dulu). Temen baik gw, Memey (kepala sekolah CBCS dulu), kebetulan sekolah S2 juga di Idaho. Susie (temen guru juga) balik for good ke California. Ketemu (mantan) murid2 gw yg sekolah di US juga: Melvin, Georgie, Marcil, Herbert, Marlene, Steffie Angie, and Anjel. It was fun! Gw ketemu Andi and Alex Tyler (guru2 CBCS juga) juga last winter di East Coast. Tapi paling sering jalan2 ya ama Melvin and Jacky (temen dari solo yang sekolah di Chicago). Dua kali winter trip selalu bareng mereka. Terakhir waktu road trip di California gw bareng melvin juga. I hope we can still do another trip together in the future!

Jacky, Georgie, Melvin, gw di central park. Winter 2012

Jacky, Georgie, Melvin, gw di central park. Winter 2012

Terakhir I have two best friends! Adam and Vina. Vina adalah temen sejurusan, dari Indo juga. Tapi dia S1nya udah di US. Seriiiiiiing banget setim sama dia, kayaknya di tiap kelas yang barengan pasti pernah at least setim bareng. Asik banget juga orangnya, gw suka dimasakin and dianter2in. Hebatnya dia satu2nya mahasiswa di angkatan gw yang jadi full time employer di Amazon. So proud of her!

Bareng Vina waktu dia nganterin ke airport sebelum gw for good.

Bareng Vina waktu dia nganterin ke airport sebelum gw for good.

And this is it. Adam! Bersyukur banget gw kenal dia. Bener-bener temen yang bisa diandelin. Dia house mate gw sejak Maret 2012. Kamarnya disebelah kamar gw banget. Satu jurusan, satu gereja juga. Udahlah we did a lot of things together. Dan dia supeeeer sabar. Ngajarin gw ngomong inggris, ngajarin american culture, proofread paper2 gw. Ga terhitung bantuannya ke gw. I am so thankful and blessed to know him. Dia bakal lanjutin PhD di UC San Diego. And gw yakin dia bakal sukses berat nantinya. Orang otaknya super encer gitu. Good luck buddy!

Mr. Rule! -nama lengkapnya Adam Rule.

Mr. Rule! -nama lengkapnya Adam Rule.

14. I joined  World Lab Summer Institute

Summer 2012 adalah salah satu bulan-bulan tersibuk gw. Lebih sibuk dari zaman kuliah mungkin. Selama 3 bulan, dari senin-jumat gw ada kegiatan di world lab summer institute, salah satu buah pikiran jagoan HCI-nya US, James Landay. James punya visi untuk membuat kolaborasi antara Timur dan Barat, dan ujungnya membuat semacam institusi resmi. Nah untuk proyek awalnya dia berhasil mengumpulkan 11 mahasiswa cemerlang dari Tsing Hua University (MIT-nya China), dan 10 orang mahasiswa dari Seattle. 21 mahasiswa ini berasal dari berbagai macam background: Computer Science, Design, Social Science, and HCDE. Gw pun jadi salah satu dari 21 mahasiswa itu.

Excited banget walau cukup melelahkan. Dari senin-kamis biasanya kita kerja di lab, dan jumatnya diajak ama James buat jalan2 keliling tech companies di Seattle (Microsoft, Google, Adobe, Boeing, etc). Di ujung akhir kegiatannya gw jadi salah satu presenter buat project kita.

(sebagian) peserta World Lab Institute.

(sebagian) peserta World Lab Institute.

15. I was invited to Beijing

Gara2 world lab summer institute itu, beberapa mahasiswa yang dari Seattle (sekitar 6 orang) diundang untuk ke Beijing. Kita disuruh presentasi projek kita di Tsing Hua university and project 99 (semacam inkubator startup di Beijing). Salah satu pengalaman keren gw, yang ga mungkin gw dapetin kalau ga ke UW. Finally, I could explore the forbidden city, great wall, temple2 keren, bird nest stadium, and spot2 keren di Beijing. Lebih asiknya lagi, 11 orang mahasiswa Tsing Hua uni itu bener2 treated as really well. Kita dianter2in kemana2 and diajak ke tempat makanan2 yang super enak. Yang gw bakal ragu apa gw bakal bisa kesana kalau ga bareng2  local kaya mereka. Thanks to James! I knew that he put a lot of effort to fund the cost of our trip. Karena dia juga, gw jadi bisa pulang ke Indo selama summer (karena emank harus memperbarui visa kalau keluar dari US).

US students in Beijing : Nancy, King, Alexis, Randy, gw

US students in Beijing : Nancy, King, Alexis, Randy, gw

16. I (we) published a paper in CHI conference

Semua orang akademisi tau bahwa mata uang untuk dunia mereka adalah paper. Semakin banyak paper yang dibikin maka semakin jago lah orang itu. I was lucky! satu temen satu proyek gw di world lab summer institute ngebet buat nulis paper. Karena dia pengen lanjutin ke PhD jadi perlu publish paper internationally gt. Gw ya oke2 aja. Kita nulis paper based on project kita. And…. Paper kita diterima di CHI!!! Hahaha. Gila ga. CHI itu semacam konferensi paling bergengsi buat field human computer interaction.  CHI tahun ini bertempat di Paris, I wished I could be there. Tapi karena status gw udah bukan student lagi at the time of the conference, gw ga bisa minta support untuk biaya akomodasi-nya. Jadi deh gw cuman menikmati nama gw terpampang di paper itu. So proud!

17. I got internship offers from three companies and did one.

Waktu dulu sebelum ke US, gw ga kepikiran sama sekali buat kerja praktek selama masa studi master gw. Tapi ternyata internship selama masa studi adalah hal yang sangat lumrah. Jadi deh gw ikut berburu cari internship juga. Puluhan (literally) resume gw kirim ke perusahaan, puluhan interview by phone, belasan interview tatap muka, dan sampai akhirnya gw dapet offer buat internship dari tiga company. Gw pilih Apptio, enterprise software company, tempat dimana gw internship selama tiga bulan dari Januari-Maret 2013. Salah satu pengalaman berharga gw. Jujur aja lumayan stress. Karena (bagi gw) susah banget kerjaannya. Masalah yang perlu di solve ama perusahaan lumayan rumit. Ga jarang gw bisa lost setiap kali ada meeting. Tapi gw survive juga akhirnya, malah manager gw mau extend kontrak kerja gw disana. Walau di ujungnya request untuk perpanjangan kerja disana ditolak ama Fulbright (*sigh*). Dua company lainnya apa yg ga gw ambil? Salah satunya Amazon. Many people said that I made a wrong decision, by rejecting Amazon offer. Dan emank keren sih kayaknya kerja di Amazon. Tapi I think I made the right decision. Kalau gw ga ambil offer di Apptio mungkin gw ga bakal dapat kerjaan gw yang sekarang.

UX team at Apptio:  Brent, gw Jason, Mike, and Dylan

UX team at Apptio: Brent, gw Jason, Mike, and Dylan

18. Yoel Krisnanda Sumitro, S.T, M. Sc

Lastly, finally I got my Master’s degree!!!! I got my Master of Science in Human Centered Design and Engineering with a certificate in user-centered design. Lumayan bangga juga, karena I think I really did learn a lot. Ga kaya waktu S1 dulu yang asal lulus. Heheh. So here I am, Yoel Krisnanda Sumitro, S.T, M. Sc. Hehehe *congkak*

Go Huskies!

Go Huskies!

4 thoughts on “Kaleidoskop.

Leave a Reply

