Perayaan Thanksgiving

Hari Kamis kemarin (28 Oktober) merupakan hari perayaan Thanksgiving paling kelam buat gw dalam 5 tahun terakhir. Siangnya gw makan siang roasted chicken bareng-bareng temen kantor and malamnya makan indomie goreng keriting spesial! Hahaha.

Tahun 2009 adalah tahun pertama gw ngerayain Thanksgiving. Karena mengajar di sebuah sma yang semua guru asingnya berasal dari Amerika, gw pun jadi ikut diundang buat merayakan hari besarnya negeri Paman Sam ini.

393336_10150620007454167_939515344_n

The Star

 

384875_10150620007754167_1747601815_n

Thanksgiving 2010 bareng guru2 CBCS

Lalu apa itu Thanksgiving? Pada intinya adalah sebuah perayaan untuk bersyukur karena apa yang telah diraih dalam setahun. Walau asal-usul perayaan ini masih simpang siur, ada yang mengaitkannya dengan perayaan setelah hari panen raya, ketika masyarakat amerika masih mayoritas bercocok tanam dulu.

Kapan Thanksgiving dirayakan? Thanksgiving mostly dirayakan oleh warga negara Kanada dan Amerika. Di Kanada, thanksgiving dirayakan setiap hari senin di minggu kedua bulan Oktober. Sedangkan di AS, perayaan thanksgiving dirayakan setiap hari kamis di minggu keempat bulan november. Pada minggu keempat bulan November ini mirip sekali dengan masa lebaran di Indonesia. Orang-orang berbondong-bondong mudik untuk berkumpul bersama keluarga mereka. Hari rabu malam, gw pernah ke kampus di Seattle. Kampus bener2 kaya kota hantu. Kosong melompong. Waktu itu gw baru sadar kalau it is really a big day in US.

Ngapain aja selama Thanksgiving? Makan, makan, and makan. Cukup ironis memang. Hari yang dipakai untuk bersyukur dengan apa yang dipunya, tetapi didominasi dengan kegiatan makan dengan sepuas-puasnya. Hahaha. Kalkun dengan gravy dan cranberry sauce adalah makanan khas selama perayaan ini. Selain itu ada juga-juga makanan2 wajib lainnya seperti stuffing, roast beef, green bean, pumpkin pie, apple pie, mashed potato, dan berbagai macam dessert lainnya. Orang-orang biasanya berkumpul di rumah kakek/nenek mereka. Dan setiap orang membawa makanan masing-masing, semacam potluck.

Selama 2 tahun gw di US, gw ngerayain Thanksgiving di 2 tempat yang berbeda. di tahun pertama gw diundang ke rumah Papa Steve, dan bertemu the Sears. Sedangkan tahun kedua karena Gerrit sudah kembali ke Seattle, gw dateng ke rumahnya dan ngerayain thanksgiving bersama the Hansenns. Kedua-duanya cukup berkesan buat gw. Ga akan pernah ngelupain kehangatan mereka yang menyambut orang asing seperti gw.

383949_10150574935164167_151452208_n

Mrs. Sears with the Turkey

 

Black Friday

Beberapa tahun terakhir ini ada kasak-kusuk dan perasaan tidak nyaman bagi sebagian American karena Black Friday mulai sedikit demi sedikit mencaplok Thanksgiving.

Apa itu Black Friday? Black Friday adalah hari Jumat setelah hari kamis Thanksgiving. Di hari ini, hampir semua toko akan menggelar diskon besar-besaran. Orang sudah mulai antri sejak tengah malam untuk mendapatkan deal terbaik. Gencet-gencetan, injak-menginjak, dan jambak-menjambak hanya untuk beli barang-barang yang sebenarnya akan dijual lebih murah setelah Christmas. Black Friday ini sangat mirip dengan Boxing Day, hari setelah Natal, di negara-negara bekas jajahan Inggris.

Lalu, apa yang dicaplok dari Thanksgiving? Toko-toko dengan tujuan menghasilkan profit sebesar2nya mulai memulai hari dengan diskon besar ini sebelum hari Jumat, pre-Black Friday. Sebagian orang senang karena durasi waktu untuk mendapat barang murah semakin lama. Tapi sebagiang orang lainnya meradang. Mereka menganggap Black Friday akan sedikit demi sedikit menghilangkan budaya Thanksgiving. Di hari kamis Thanksgiving dimana setiap orang harusnya berkumpul dengan keluarga, para penjaga toko dipaksa untuk bekerja demi melayani hasrat konsumerisme yang semakin brutal.

Memang ironis. Di hari kamis Thanksgiving, semua orang berterimakasih dengan apa yang mereka punya. Tapi keesokan harinya, orang2 berperang mencari barang-barang yang tidak mereka punya.

Happy Thanksgiving guys!

388368_10150574936729167_1119792782_n

Saying grace before starting the feast.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s