Kerja di Startup Company

Maret kemarin tepat setahun gw kerja di sebuah startup company yang markasnya di Seattle. Kerja di startup company ada plus dan minusnya, berikut adalah hal-hal yang menurut gw unik ketika kita bekerja di startup.

1. Dress code yang super santai

Selama bekerja di startup ini, hampir setiap hari gw ke kantor pake celana pendek, kaos, plus sandal. J Host gw sampai bingung and pernah nanya “Boleh yah ke kantor pakai celana pendek?”. Hahahah. Ga semua sih di kantor pakai celana pendek and kaos. Mostly pada pakai jeans and kemeja or polo shirt.

2. Jam kantor yang super flexible

Pertama kali gw dating ke kantor yang di Singapore, gw datang jam 9 pagian and belum ada seorang pun yang udah nyaampe di kantor. Most people come around 10.15 AM and go home around 6.30 PM. Gw sendiri seringnya nyampe kantor jam 10.30 pagi and pulang jam 6 sore kalau ga lembur. Jam kantor memang ga pernah ketat, yang penting kerjaan beres. Di satu sisi bagus tapi di sisi lain bisa jadi sering lembur juga. Ada waktu-waktu yang gw kudu WFH ampe subuh karena “jam flexible” ini.

3. Beban pekerjaan yang tidak stabil

Karena startup, model bisnisnya biasanya belum stabil. Pivoting bisa sering terjadi. Efeknya beban pekerjaan juga tidak menentu. Ada waktu-waktu dimana semua orang harus lembur hingga akhir pekan. Ada juga waktu-waktu yang gw super nganggur (kaya sekarang ini :p).

4. Small power distance

Hierarki perusahaan tidak terlalu ketat. Gw bisa sewaktu-waktu masuk kantornya CEO atau ngobrol ama VP of Engineeringnya. Walau karena gw masih kental budaya Asianya juga kadang masih suka sungkan. Haha

5. Jack of all trades

Startup juga identik dengan limited sources (waktu, tenaga, dan modal). Jadi mau ga mau, terkadang orang yang bekerja di startup harus bisa melakukan berbagai macam hal yang mungkin bukan keahliannya. Misalnya di perusahaan tech company yang besar, posisi UX Designer dan UX Researcher adalah dua posisi yang berbeda. Tapi ya karena startup, perusahaan tempat gw bekerja ga sanggup bayar 2 orang untuk dua role ini and gw kudu jadi dua duanya.

Leave a Reply

