What I will miss from Singapore

Bentar lagi gw leave Singapore for good. Emang dasar manusia, seringkali gw suka ngeluh selama tinggal di Singapore. Suka ngeluh cuaca yang panas lah, kemana2 harus naik public transportation lah, atau ngeluh tentang orang-orang Singapura yang kadang gar amah. Akhir-akhir ketika gw mau ninggalin Singapore, baru deh gw ketakutan kehilangan hal-hal yang gw cinta banget dari Singapore.

1. Gw bakal kangen makanan murah.

Gw ga pernah masak sekalipun di Singapore selain masak mie instan. Oh God, I will miss it so bad. Pulang kantor tinggal beli makan di food stall. 3 dollar udah dapat makanan enak. Ga ada yang bisa ngalahin harga and rasa hawker centers di Singapore.

2. Gw bakal kangen suasana modern di Singapore

Orang suka nyinyir kalau orang yang tinggal di Singapura ga akan bisa tenang dari suara konstruksi. Karena pemerintahnya suka gatel kalau liat bangunan yang umurnya lebih tua dari 10 tahun. Hahaha. Tapi efeknya, Singapura bener-bener kelihatan maju. Bangunan pencakar langit dimana-mana. And somehow gw lebih nyaman tinggal di lingkungan seperti itu dibanding di kota kecil. Ga banyak kota di dunia yang bisa nandingin Singapura dalam bidang ini sayangnya. Paling Manhattan, SF, Tokyo, Hongkong, dsb. Will miss all the skyscrapers for sure.

3. Gw bakal kangen public transportasinya

Emank ada waktu-waktu dimana gw kangen naik kendaraan sendiri. Tapi ga bisa disangkali kalau transportasi umum di Singapore memang ajaib. Gw bisa kemanapun even sampai larut malam. Hormat ke Pak LKY buat ini. Salut pak.

4. Gw bakal kangen keamanan di Singapura

Gw sering tinggal tas berisi laptop di meja di food court kalau gw mau pesen makanan. Gw ngeluarin hape or dompet dengan tenang di tempat umum. Ga ada rasa takut sekalipun. Mau jalan-jalan di taman deket apartemen jam tengah malam juga bisa. Karena Singapura emank aman banget. Banget!

5. Gw bakal kangen tinggal di Negara maju yang jaraknya dekat ama Indonesia

This is such a blessing. Gw bisa dapet living quality kaya di Negara maju tapi bisa pulang ke Indonesia sering-sering karena jarak yang dekat and harga tiket yang murah. Dari sejak awal Januari sampai sekarang tanggal 4 April (3 bulan), ketika gw liat passport gw, ada 12 cap imigrasi Indonesia. Jadi gw udah 6 kali bolak-balik Indo dalam 3 bulan. Bisa makan makanan Indo yang super enak sering2.  Something that won’t happen except you work in Singapore or Perth.

6. Gw bakal kangen tax Singapore yang super kecil

Singapore is tax heaven for sure!!!! Jagoaaaan. Pajaknya almost super kecil even dibanding Indonesia. Long live LKY again for this. Haha

7. Gw bakal kanget sahabat2 gw di kantor

For sure. Mereka unik-unik. Belum pernah gw nemuin sebanyak ini orang yang suka main boardgame. And they are smart and competitive. Jadi asik banget buat diajak main. Gw bakal kangen Jesse. He has been so good for me. Sering randomly beli makanan buat gw, beli apps di itunes buat gw, explain to me about everything, and very care. Entah kenapa di setiap kota gw tinggal selalu aja ketemu orang kaya gini, yang super smart and like a big brother for me.

In one week I will leave Singapore. Thanks for the last one year I have been living here. What an amazing journey for me. I learned a lot about myself, about my fear, about my thinking, and about my belief. I will visit this country again for sure. Thanks for all the cheap chicken rice and mixed food. Thanks for the short time commute because of your cool MRTs and Buses. Thank you for the comfort of living here. Thank you and see you again some time.

Team

2 thoughts on “What I will miss from Singapore

Leave a Reply

