Tetek Bengek (in a Nutshell)

“The German authorities have made bureaucracy into a new sort of art form when it comes to foreigner registrations.” – Si Immigration Agency

Februari

Semuanya dimulai dari tanggal Feb 13 ketika gw dapet email untuk wawancara via telpon dari Perusahaan X. Jadwal yang diajuin juga ga cocok ama jadwal gw, so gw minta ganti jadwal. Setelah jadwal yang baru sudah ditentukan, gw diinterview ama senior UX manager kompeni ini. Wawancara ga berlangsung lama, sekitar 30 menitan. Feeling nya biasa aja, like I just did an okay job on the interview, not a great one. Setelah itu another call from different person. This time I felt little bit nervous and unprepared since she called me without any notice. Tapi akhirnya gw dapet email pemberitahuan kalau gw lolos ke tahap berikutnya: face to face interview. Mereka minta gw dateng ke HQ Perusahaan X di Jerman tanggal 12 Maret. Langsung aja gw separuh excited separuh panik. Panik nyusun jadwal, apply visa Schengen, and apply cuti. Ditambah lagi gw udah ada rencana buat trip ke Hongkong dari 14-18 Maret. Gw-pun email mereka ceritain kondisi gw. Akhirnya dengan beberapa email dan olahraga jantung, gw dapat jadwal wawancara di Jerman tanggal 19 Maret.

“In order to get to know you and to discuss the position (Senior) IT Consultant Usability Engineering in more detail, we would like to arrange for a Face to Face interview.” – si HR

Maret

Setelah 5 hari trip senang-senang ama 3 temen gw di Hongkong-Makau dan visa Schengen yang baru jadi dua hari sebelum gw harus leave Singapore, tanggal 18 Maret siang; kaki gw untuk pertama kali napak di benua biru. Rasanya gimana gitu. Secara dari dulu pengen banget traveling ke benua ini. Sayangnya kali ini gw cuman bakal semalem di benua ini. Yes. Cuman satu malam…

Tanggal 18 siang gw dijemput di bandara Nuremberg ama orang Perusahaan X buat dianter ke hotel. Sorenya gw sempetin lihat2 pusat kota dan malemnya gw pakai buat latihan presentasi. Tanggal 19 siang gw dijemput lagi ama supir Perusahaan X yang mukanya serem itu. Dianter ke kantor HQ Perusahaan X buat wawancara.

Selama sekitar 2 jam gw presentasiin portfolio gw and ditanya-tanya. Setelah wawancara, senior UX manager yang wawancarai gw, ngajak buat puter2 HQ Perusahaan X. I found it as a good sign that he may like me. J Setelah tour singkat dan secangkir coklat panas, akhirnya gw dianter balik ke bandara dan terbang balik ke Singapore. Di bandara gw beli satu kartu pos bergambar gereja tua terkenalnya Nuremberg seharga 2 euro, sambil berpikir “Ini kalau gw ga ketrima bakal males banget. Kaki udah nyampe di Eropa, tapi cuman spend satu malem disana and ga bisa lihat apa-apa. Jadi kalau ga ketrima, kartu pos ini bisa buat kenang-kenangan untuk betapa malesnya pengalaman satu malem di Eropa ini”. :p

20 Maret gw nyampe di Singapore dan besoknya harus langsung kerja lagi. (Booo!) But the good news, tanggal 24 Maret gw nerima telpon dengan nomer yang diawal +44. Ternyata si orang HRD. And she told me that the manager likes me and I got the job! Wohoooo! I was super excited at that time. Dia juga bilang kalau orang HRD lain bakal email gw tentang detail offernya dan gw disuruh pikirin mau accept offernya atau ga.

Setelah beberapa insiden mulai dari email yang ga masuk ke inbox gw, telpon yang ga gw terima, mereka yang ngira gw mikirin offer lain, negosiasi gaji, dan tetek bengek lainnya akhirnya I say “YES” for the offer!

“Hi, Yoel. I’ve just heard about your decision – I can tell you that I’m very happy about it! I’m very much looking forward to welcoming you to Perusahaan X and our UX Team!” – si UX Manager

April

Ternyata gw belum bisa bernafas lega setelah gw say yes, ada tiga tahap birokrasi yang harus gw laluin buat bisa segera kerja di Jerman:

  1. Gw harus dapet persetujuan dari Work Council (semacam badan serikat pekerja di Uni Eropa)
  2. Gw harus dapet persetujuan dari Labour Work di German
  3. Gw harus dapet visa blue card (employment visa)

Kalau semua lancar, ketiga tahap itu harusnya butuhin waktu sekitar satu setengah bulan. Jadinya pertengahan April gw resign dari perusahaan tempat gw kerja di Singapore, dengan pertimbangan gw bisa spend  masa in-between job selama sebulan untuk belajar bahasa Jerman dan travelling.

Tapi ternyata birokrasi Jerman yang terkenal kaku dan rumit itu jadi kenyataan buat gw. Gw dapet masalah di tahap 1. Sekitar pertengahan April gw dikabarin Perusahaan X kalau permohonan mereka untuk mempekerjakan gw, ditolak ama Work Council. Karena keadaan Uni Eropa yang lagi krisis emank ga mudah buat hire pekerja asing. Perusahaan harus bisa membuktikan kalau tidak ada orang lain di Jerman dan Uni Eropa yang bisa mengisi sebuah jabatan tertentu sebelum jabatan itu bisa diberikan ke orang asing.

Gw lumayan down waktu dapat berita itu. Masalahnya gw udah resign and perusahaan yg di Singapore udah urus tax clearance dan tetek bengek lainnya. Walaupun manager gw tetep coba ajak gw untuk stay, gw udah terlanjur excited buat pindah.

HR Perusahaan X berusaha buat appeal kondisi gw ke Work Council. Dengan beberapa trik mereka meyakinkan gw kalau kali ini aplikasi gw pasti disetujui. Gw ga bisa berbuat apa-apa jadi ya cuman bisa menunggu. Proses appeal di work council ini butuh waktu sekitar 3-4 minggu. Buyarlah rencana gw buat cuman stay sebulan di Indo. Kali ini gw terpaksa 2 bulan pengangguran dengan tanpa kejelasan. One of the most hopeless moments that I experience actually. The feeling of unemployed and uncertainty just ruined my days.

Di bulan ini akhirnya gw spend buat travelling. Gw mengunjungi Lombok, pulau Komodo, Palembang, Bandung, and Jakarta. Sampai di akhir bulan, gw berlabuh di Solo.

“Hi Yoel, A couple of important facts. 1. Unfortunately the Work Council has rejected that we hire you for the position you applied.” – Si Orang HR

Mei

Di Solo gw mulai les bahasa Jerman tiap hari. Lumayan susah, berasa lumpuh, karena ga bisa ngomong hal-hal yang pengen gw ungkapkan. Tanggal 7 Mei, sehabis pulang dari les German, gw mampir ke warung ronde. Sambil menyeruput bulatan aci isi kacang itu gw akhirnya dapat email berisi berita melegakan: Work Council approved my position! Wohoo!

Baru satu tahap terlewati, tapi tampaknya ini tahap paling susah bagi perusahaan X buat mempekerjakan gw. Gw kemudian dikirimin contract offer dan gw tandatangain dan kirim balik ke Jerman. Nah, proses relokasi berikutnya lumayan ribet juga. Gw dibombardir email dari banyak pihak dan kudu ngurus banyak printilan kecil2. Print – tanda tangan – scan. Print – tandatangan – scan. Gw hitung, selama masa ini gw harus berurusan ama 6 pihak di bawah ini.

  1. Pihak HRD perusahaan X.
  2. International Assignment Consultant, dia point of contact buat pihak-pihak di bawah poin ini. Kerjanya jadi penghubung utama dan juga ngurusin reimbursement untuk semua pengeluaran yang berhubungan ama pengurusan visa gw di Indonesia. Si perusahaan X tampaknya ga mau repot. Maunya tau beres aja : gw nyampe di Jerman dengan semua dokumen resmi plus gw ga banyak cing-cong karena udah disiapin/dibantuin semua.
  3. Immigration agency di Jerman. Agency ini yang bantu urusin biar gw lolos tahap 2 (labour office approval) and 3 (visa kerja). Mereka cukup oke kerjanya. Sekali lagi gw kudu ngisi form yang banyaknya minta ampun and kirim dokumen2 gw. Mereka juga terjemahin semua dokumen2 gw.
  4. Relocation Agency di Jerman. Ada dua orang dari sebuah relocation agency yang bakal ngurusin kepindahan gw ke Jerman. Mereka ini yang bakal bantuin gw buat cari apartemen, mobil, nemenin buka akun bank, cari nomer telpon, registrasi, dan hal tetek bengek ribet lainnya biar gw bisa cepet settle in. Sebelum gw sampai ke Jerman mereka juga udah bantuin nyariin hotel sementara, mobil sementara, bakal jemput gw di bandara, anter-anter selama minggu pertama, dll. Hopefully mereka ga anggap gw banyak maunya dan menyebalkan, hahahha, soalnya di email gw sempet bersitegang tentang preferensi tempat tinggal buat bulan pertama.
  5. Tax agency di Jerman and Indonesia. KAP Er*st & Y*ung bakal urus pajak selama gw di Jerman. Sebelum kesana gw dibriefing ama EY Indonesia and Jerman. Yang di Indonesia lumayan straight forward, ga banyak aneh2. Tapi the good news gw baru tau dari mereka kalau kita bisa daftar as wajib pajak non efektif kalau kita kerja di luar negeri. Which means gw ga perlu laporan SPT setiap tahunnya lagi. EY yang Jerman lumayan ribet. Gw  dijelasin tetek bengek pajak jerman yang ribet and banyaknya minta ampun. Intinya cuman satu sih: gaji gw bakal dirampok abis2an ama pemerintah Jerman. Hahaha. Potongan gajinya banyak banget mulai dari pajak penghasilan, pajak pengangguran, asuransi kesehatan, pajak solidaritas jerman timur, pajak gereja, iuran social security, dsb. Rampok!
  6. Language instructor. Walaupun nanti pakai bahasa Inggris selama kerja di perusahaan X, mereka tetep kasih fasilitas buat belajar bahasa Jerman buat survive kesehariannya. Mereka nawarin untuk belajar bahasa Jerman dimulai secepatnya via online atau nunggu gw sampai di Jerman via face to face meeting. Gw pilih opsi kedua jadinya ga banyak ribet ama mereka.

Hari-hari gw di bulan ini diisi dengan les Jerman, telpon2an and email2an dengan 6 pihak di atas and tentu saja: print – isi /tanda tangan – scan – kirim balik – kembali print – dst. Tetek bengek! Di bulan ini gw juga sempet main ke Kamboja. Cukup fun, biar ga bosen mantengin email terus.

Sekitar akhir minggu di bulan Mei ini I got another good news, immigration agency yang ditugasi ngurus dokumen2 gw berhasil dapetin approval dari labour office Jerman. Surat approval ini dan dokumen2 gw yang udah diterjemahin ke bahasa Jerman oleh mereka bakal dipakai ketika gw apply visa kerja. Gw pun bikin janji buat submit dokumen2 ini ke Kedubes Jerman di Jakarta.

“Relocation itself can be worrying time. We would like to take as much as possible out of the moving process and help ypu really enjoy your relocation” – si Relocation Agency A

Juni

2 Juni, berbekal dokumen2 aplikasi visa paling tebel yang gw pernah punya (waktu apply visa US aja ga segininya!) gw pergi ke Kedubes Jerman di jalan Thamrin. Antri bareng orang-orang yang mau kuliah di Jerman, akhirnya nama gw dipanggil. Semua dokumen gw kasih ke petugas kedutaannya dan di akhir dia bilang kalau visa kerja gw akan jadi tanggal 12 Juni. Cukup menenangkan buat gw karena kalau di website kedutaan ditulis kalau waktu pemrosesan visa kerja ini sekitar 1-3 bulan.

Tahu kalau visa gw bakal jadi dalam waktu singkat, gw and keluarga gw plan liburan bareng. Setelah beberapa opsi yang dicoret, kita akhirnya pilih Bali. Lumayan refreshing, a three days of sweet escape di Nusa Dua. Tanggal 12 Juni kita terbang balik dari Bali ke Jogja dan ketika mendarat, Voila! Gw dapat berita kalau visa gw jadi. Wohooo! Surat approval kantor kerja Jerman terbukti sakti memotong waktu pemrosesan visa kerja ini.

Dengan visa yang jelas, pihak perusahaan X segera issue tiket pesawat. Tanggal 22 Juni, gw kudu leave Indonesia
dengan rute yang cukup melelahkan : Solo – Jakarta – Singapore – Istanbul – Nuremberg.

“Hi Yoel, Of course! We wouldn’t leave you disconnected!” – Si Relocation Agency B

Today

Hari ini tanggal 22 Juni 2014. Rasanya cukup campur aduk. Di satu sisi lumayan excited, karena berakhir juga masa pengangguran 2 bulan terakhir ini. Lumayan senang karena butuh waktu sekitar 4 bulan ngurusin segala tetek bengek sebelum akhirnya gw bisa mulai kerja di Jerman. Setelah ratusan email (literally), puluhan call, dan otot jantung yang dipaksa bekerja lebih keras akhirnya gw dapet lampu ijo juga. Tapi di sisi lain, gw lumayan nervous. Nervous karena males harus beradaptasi lagi. Harus belajar bahasa baru lagi. Harus ngalamin gegar budaya lagi. Harus ngalamin masa depresi karena gegar budaya lagi. Harus settle-in lagi. Harus jauh dari keluarga and temen yang di Indo. Harus keluar dari zona nyaman lagi.

But hopefully I will survive. God has been very good and faithful for me until now. So I pray that His grace will follow me til the end of my day. Wish me luck!

photo (3)

One thought on “Tetek Bengek (in a Nutshell)

Leave a Reply

