Mengunjungi Kuil Wajah Tersenyum di Kamboja

 

Ankor Wat, Siem Reap

Ankor Wat, Siem Reap

 

15-18 Mei dengan randomnya gw jalan-jalan ke Siem Reap, Kamboja. Emank dari dulu ada dua tempat yang pengen gw kunjungin di Asia Tenggara: Angkor Wat dan Halong Bay. Jadi kali ini begitu ada kesempatan ke sana, gw langsung ga berpikir ulang. Lumayan random karena gw and satu temen jalan gw book smua tiket pesawat and hotel hanya beberapa hari sebelum hari H. But it was super fun! Here are some random things about my trip in Siem Reap.

Siem Reap itu dimana?

Siem Reap itu di daerah utara Kamboja. Sayangnya orang ga banyak tahu. Sedangkan ibukota Kamboja namanya Phnom Penh.

Apakah aman jalan-jalan di Kamboja?

Entah kenapa ketika kita bilang mau jalan-jalan ke Kamboja, orang yang dengar suka mengeryitkan alis. Memang Kamboja terkenal sebagai negara angker yang sering dilanda perang. Namun sejak tahun 97 sebenernya Kamboja relatif aman dan tidak ada perang lagi disana. Di jalan-jalan Siem Reap ada banyak poster bergambar calon-calon DPR/pemimpin daerah yang sedang berkampanye. Walaupun sebuah rahasia umum kalau demokrasi di Kamboja masih otoriter dan gadungan. Tapi overall, mengunjungi Kamboja aman-aman saja. Terutama jika kita ke daerah turis. Namun kita ya tetap kudu waspada akan hal-hal kriminal kecil yang lazim ditemui di tempat turis seperti pickpocket dan scam.

Bagaimana akomodasi selama di Siem Reap?

Pilihan tempat tinggal bertebaran di Siem Reap. Mulai dari hostel, hotel butik, hingga hotel bintang lima. Menurut gw harganya juga cukup murah. Gw dapet hotel bintang 4 (namanya Tara Angkor Hotel) dengan hanya sekitar 40 USD per malamnya. Transportasi selama di Siem Reap juga cukup nyaman. Memang tidak ada transportasi umum yang memadai tapi dengan tuk2 (becak bermotor), kita bisa kemana-mana dengan harga yang cukup murah.

Apakah mahal untuk jalan-jalan di Siem Reap? 

Sebelum ke Siem Reap, gw pikir jalan-jalan di sini akan relatif murah seperti di Thailand. Namun kenyataannya ongkos jalan-jalannya tidak terlalu murah juga. Menurut gw ini dikarenakan orang Kamboja menggunakan dollar Amerika sebagai uang sehari-hari. Alasannya karena mereka takut jika menggunakan mata uang sendiri, maka akan rawan inflasi, mengingat negara ini mempunyai sejarah perang. Nah, karena menggunakan dollar Amerika ini menurut gw harga-harga jadi mahal. Air mineral satu botol harganya 2 dollar. Sekali makan bisa 10 dollar.

Ada apa saja di  Siem Reap?

Yang pertama temple. Yang kedua temple. Yang ketiga temple. Hahahahaha. Memang orang bilang kalau jalan-jalan di Siem Reap bisa temple sick. Sangking banyaknya temple yang bisa dikunjungin. Tapi memang temple adalah main attraction di Siem Reap.Walaupun ada tempat-tempat lain yang menarik dikunjungi seperti pasar traditional di tengah kota Siem Reap, museum nasional, pasar malam, floating market, dan pertunjukan2 seni seperti akrobat dan kabaret. Pertunjukkan akrobat yang kita tonton lumayan bagus juga namun tetap the main attractions yang berkesan buat gw ya temple2nya. Berikut adalah tiga temple favorit gw. Ketiganya bisa diputerin dalam satu hari kalau kita ga terlalu mau mengamati secara detail ukiran-ukiran batu di sepanjang dinding-dinding temple.

  1. Angkor Wat

IMG_6913

Temple yang masuk 7 new wonders of the world ini adalah komplek temple paling besar sedunia. Pagi-pagi buta kita naik tuk2 (becak bermotor) untuk melihat Angkor Wat dengan background matahari terbit. Untuk hal ini Angkor Wat cukup unik, karena kebanyakan kuil Buddha di dunia selalu dibangun menghadap Timur. Angkor War cukup nyleneh karena dibangun menghadap Barat. Karena keunikan inilah, turis rela bangun pagi-pagi hanya untuk melihat matahari dengan langit ungu di belakang Angkor Wat. Setelah matahari mulai naik, gw mulai menjelajah temple ini. Memang guede banget. Imaginasi gw pun langsung ngebayangin gimana kuil ini dipakai zaman dahulu. Ratusan hingga ribuan orang melakukan upacara keagamaan kolosal dengan pernak-pernik kostum dan alat penyembahan mereka. Pasti super keren!

  1. Ta Phrom

IMG_6888

Kuil ini dikenal juga sebagai kuil Tomb Raider. Tentu saja karena Lara Croft pernah jejumpalitan di kuil ini waktu main di film Tomb Raider. Yang khas dari kuil ini adalah akar-akar pohon super jumbo yang seakan menyatu dengan kuil ini.  Kuil ini juga lebih mirip reruntuhan menurut gw, jadi waktu menjelajahi kuilnya beneran berasa seperti Lara Croft. :p

  1. Bayon

IMG_6912

Nah ini temple favorit gw. Bayon berada di pusat sebuah kompleks berbentuk persegi yang dulunya merupakan sebuah kota pusat pemerintah raja Khmer. Yang gw suka dari Bayon adalah batu-batu gede yang dipahat sehingga menyerupai wajah yang tersenyum. Ada banyak sekali wajah-wajah tersenyum ini, somehow menurut gw bikin temple ini keliatan megah dan rich.

Secara umum, gw lumayan enjoy jalan-jalan di Kamboja. Orang-orangnya ramah. Ga banyak tipuan-tipuan seperti di Thailand. I also think they have one of the best temples in the world.

IMG_6914

One thought on “Mengunjungi Kuil Wajah Tersenyum di Kamboja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s