Kartu Biru Eropa

Bavarian Prince-Bishop Resident in Wurzburg

Bavarian Prince-Bishop Resident in Wurzburg

Sejak dua tahun lalu (1 Agustus 2012),  Jerman membuat sebuah kebijakan baru bagi orang berkewarganeraan di luar Uni Eropa untuk dapat bekerja di Jerman. Kebijakan barunya adalah ‘kemudahan’ izin tinggal dan kerja bagi tenaga kerja ahli non-Uni Eropa yang dinamai EU Blue Card (atau Blaue Karte). Dinamai Blue Card karena konsepnya mirip dengan Green Card di Amerika dan warna bendera biru Uni Eropa.

Karena abis dapat kartu ini dan baru diceramahin HRD tentang fasilitas kartu ini, gw tulis beberapa penjelasan singkat tentang kartu Biru ini.

Siapa saja yang bisa mendapat Kartu Biru?

  1. Orang berkewarganeraan luar Uni Eropa yang mempunyai pendidikan universitas dari Jerman ataupun negara lain yang diakreditasi/diakui oleh pemerintahan Jerman.
  2. Mendapat tawaran pekerjaan dari perusahaan di Jerman dengan minimal gaji pertahun 47600 euro (kurang lebih 4000 euro per bulan)

Apakah harus bisa berbahasa Jerman untuk mendapat kartu ini?

Tidak. Syaratnya ya cuman dua di atas tadi.

Kapan bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Biru?

Yang pertama kali harus didapat tentu saja tawaran pekerjaan dari perusahaan di Jerman, setelah itu kita tinggal mendaftar Visa kerja kartu biru sebelum masuk Jerman. Nantinya kita akan diberikan visa kerja sementara selama 3  bulan dan setelah sampai di Jerman, di kantor orang asing kita tinggal melanjutkan proses aplikasi kartu Biru ini. Yang biasanya pasti diberikan jika sejak dari awal kita sudah mendapat ijin visa kerja 3 bulan itu.

Berapa lama masa berlakunya kartu Biru?

Tergantung dengan kontrak kerja dari perusahaan. Jika kontrak kerja dari perusahaan adalah 2 tahun, ya masa berlaku kartu Birunya akan 2 tahun juga. Jika kita mendapat kontrak permanen, maka kartu biru kita akan berlaku selama 4 tahun. Setelah 4 tahun kita bisa memperpanjang masa berlaku kartu biru ini.

Apakah bisa mendapat permanent resident setelah mendapat Kartu Biru ini?

Bisa. Setelah 21 bulan bekerja di Jerman kita bisa mengajukan permohonan untuk menjadi permanent resident di Jerman jika kita bisa berbahasa Jerman sampai level B1. Atau setelah 33 bulan jika kita tidak bisa berbicara Jerman.

Apakah bisa bekerja di luar Jerman (masih dalam Uni Eropa tentunya) dengan Kartu Biru ini?

Bisa, setelah minimal 18 bulan bekerja di Jerman.

Apakah Kartu Biru ini berlaku setelah kita meninggalkan Jerman?

Masih, jika kita tidak meninggalkan Jerman di atas 12 bulan secara berturutan.

Apakah boleh membawa keluarga dengan Kartu Biru ini?

Bisa. Bahkan keluarga yang dibawa tidak perlu bisa berbahasa Jerman dan mempunyai hak untuk bekerja selama di Jerman.

 

Menurut gw, fasilitas Kartu Biru ini oke banget. Bandingin ama aplikasi Kartu Ijo di Amerika, ribetnya minta ampun. Kecuali kita super pinter atau transferan dari perusahaan multinasional akan susah banget untuk masuk pasar kerja Amerika. Untuk masuk ke pasar kerja Amerika bagi orang non Amerika, jalur yang biasa diambil ya: Kuliah di Amrik -> OPT -> apply visa H1 yang antri ga karuan -> apply green card yang kuotanya super dikit juga per tahun and perusahaan kudu bayar ga sedikit biaya aplikasi. Bandingin dengan Kartu Biru ini, adidas cuman perlu bayar 110 euro untuk aplikasi ke kantor orang asing Jerman dan 60 euro untuk kantor imigrasi. Prosesnya pun cepet, dalam 2 bulan di Jerman gw udah dapet Kartu Biru ini dengan 4 tahun masa berlaku. Proses yang paling susah cuman di awal untuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan yang berdomisili di Jerman. Yang terkadang memakan waktu lama karena mereka harus meyakinkan Work Council dan Depnaker Jerman kalau bener2 ga ada orang di Jerman atau Uni Eropa yang bisa dipekerjakan untuk posisi itu. Tapi setelah lewat lubang jarum itu, proses aplikasi izin kerja jauh lebih mudah dan ga ribet dibandingkan dengan kartu Ijonya Amrik.

Gw pernah baca sebuah berita di Jerman, kalau dalam satu tahun pertama sejak kebijakan ini berlaku hanya sekitar 2600 kartu biru yang dikeluarkan untuk orang non-Eropa yang berada di luar Eropa (bukan orang non Eropa yang sedang belajar di Eropa). Dan jumlah ini sangat sedikit dibandingkan dengan target pemerintahan Jerman. Jadi menurut gw Jerman lumayan terbuka dan masih membutuhkan tenaga kerja ahli non-Eropa untuk bekerja disini. Kesempatan buat mereka yang mau jadi orang rantau di negara sosis dan bir ini. :p

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s