“Rechts abbiegen” – Belok kanan

“Yesterday I failed my driving exam with second attempt. I dont know what to do anymore I drive good with the driving teacher when those guys are on the back I go nut, I am 7months pregnant stressed out crying my eyes out.”

“Hey Guys, I had my driving test today. and failed at 13:30 when schools are closed and streets are full of children! I have driving licence from Iran and drove more than 10 years in Tehran, that fucking bussy city which there is no space to crowl even a tiny bike. I had no accident in whole my life!”

Kemarin gw masukin kata-kata “tips and trick driving test Germany” di laman mesin pencari Google dan selain tips and trick, gw juga dapet crita-crita di atas. Yang justru bikin gw makin gugup.

SIM Indonesia atau SIM International hanya berlaku selama 6 bulan sejak pertama kali gw menginjakkan kaki di Jerman. Jadi dalam waktu 6 bulan, gw harus melewati beberapa tetek bengek administrasi, lolos kelas pertolongan pertama, lulus tes teori, ambil kelas nyetir dan akhirnya lulus tes praktek buat dapat SIM Jerman.

It was just such a tiring process. Ditambah lagi cerita-cerita sesama teman orang Indonesia yang harus ngulang test (teori or praktek) beberapa kali hingga akhirnya lulus. Tentu saja waktu dan uang adalah pertaruhannya. Gw kudu berkejaran dengan waktu buat nyelesain semuanya sebelum 22 Desember. Dan kalau gw ngulang biaya nya pasti membekak, yang tentu saja membuat Cina kaya gw gini makin tertekan :p . Buat orang Jerman yang ga punya SIM sebelumnya, butuh sekitar 3000 euro buat bikin SIM (driving lessons, etc). Sedangkan buat orang kaya gw yang pernah punya SIM sebelumnya, biayanya berkurang menjadi tinggal 1000an euro. Karena jumlah kelas menyetir yang perlu gw ambil juga berkurang (jadi sekitar 7jaman).

Pertarungan pertama adalah test teori. Sebenarnya cuman ada 30 pertanyaan yang harus dijawab. Tapi masalahnya ada dua. Satu, jawaban dari setiap pertanyaan bisa lebih dari satu. Dua, gw cuman boleh salah satu-dua soal kalau mau lulus test teorinya. Jadilah gw cramming selama seminggu sebelum tes teori. Belajar setiap sore habis pulang kerja. 2700an(literally) soal gw coba jawab satu per satu. Dan gw cuman bisa menebak-nebak dari 2700an soal itu , mana 30 soal yang bakal keluar waktu tes. Dan akhirnya, 3 minggu lalu gw lulus juga test teorinya. Wohooo!! Beneran rasanya seneng banget setelah lolos test itu. Jauh lebih happy daripada waktu setelah test TOEFL or GRE dulu. J

But the next giant is just waiting on the corner. Test praktek!!! Dari sononya gw emang kurang jam terbang buat nyetir. Parkir parallel aja gw masih suka super gugup. Alhasil gw lumayan stress berat selama ambil kelas menyetir. Mana banyaaaak banget aturan-aturan printilan kecil lalu lintas Jerman yang harus gw perhatiin. Prinsip “right over left” selama di zona jalan 30. Priority road di zona 50. Nyetir di autobahn (toll tanpa speed limit). Emergency break. Dan aturan-aturan dan rambu2 lalin lainnya. To make it worse, I need to drive mobil Van (VW Transporter ) yang gedenya satu setengah kali lipat mobil gw. T_T

H-1 sebelum tes praktek, gw ambil kelas nyetir terakhir gw. Pagi-pagi sebelum ke kantor and cuaca lagi jelek, hujan deras. Jadinya gw bikin banyak kesalahan lagi deh, karena susah liat garis-garis marka jalan di cuaca jelek kaya gitu. Dan sekali lagi gw tambah stress, karena menurut prakiraan cuaca, hari H test bakalan hujan. T_T

Kemudian datanglah hari H. Perut udah mules-mules kaya mau pidato di depan Jokowi. Selama 45 menit gw ikutin apa kata penguji tes itu. “rechts abbiegen – belok kanan”, “an der Ampel rechts – di lampu merah belok kanan”, “der Vorfahrtsstraße folgen – ikuti jalan prioritas”, “Richtung Autobahn Furth fahren – ikuti jalan tol arah Furth”, dsb

Daaaan….gw luluuuuuuuuuusss!!! Wohhhooooooo. Lega and seneng!!! I don’t need to spend more times to think about this driving lessons and another 500-ish euro to retake the test!!!!

It took me around 5 months until I finally got my Germany driving license. What a long and draining process. Hopefully the effort is worthy. And here is it…. finally I got SIM German gw yang berlaku seumur hidup buat nyetir di Eropa!!! *congkak mode on*

One thought on ““Rechts abbiegen” – Belok kanan

Leave a Reply

