Joko. Acong. Sitorus

Sitorus. Joko. Acong

Sitorus. Joko. Acong

 

Selama 14 hari terakhir kemarin gw jalan-jalan mengelilingi Scotland dan England. Mulai dari malam Natal di Edinburg, lanjut ke Leeds, York, Manchester, Liverpool, Bath, dan akhirnya tahun baruan di London. Ini ketiga kalinya gw menjelajah Eropa bareng kedua temen gw, seorang pemuda Batak dan Jawa. Sebutlah mereka Sitorus dan Joko.

Sitorus sedang melanjutkan studinya di Belanda dan Joko sedang bekerja di Paris. Kami bertiga dulunya mahasiswa seangkatan di kampus Gajah duduk di Bandung. 2 minggu adalah bukan waktu yang singkat. Perjalanan pertama kita sekitar 5 hari di Prague, Ceko dan another 3 hari mengelilingi Belanda. So in total 3 dari 52 minggu yang gw miliki tahun kemarin gw habiskan bareng Joko dan Sitorus.

Gw lupa pernah ada quote bahwa untuk melihat karakter seseorang ajaklah mereka untuk traveling. Disana lu bakal bisa liat the real of temen perjalanan lu. Traveling selalu dibumbui hal2 ga enak: tidur di tempat seadanya, dikejar2 jadwal, kelelahan, dsb. Nah disaat-saat gelap seperti inilah susah buat orang pake topeng. Keegoisan, oportunis, dan sifat pragmatis mulai muncul satu-satu.

Namun di sisi sebaliknya, traveling bikin teman makin deket. Karena kita hampir spend 24 jam bersama-sama di dalam ruang space yang sama. Mungkin cuman ketika gw di kamar mandi, satu-satunya me-time yang gw bisa punya ketika traveling.

From my past 3 trips, I found that Sitorus and Joko are really great buddies. So thankful that I can know them personally. We shared laughter almost all the time. Yesterday was the day when we departed back to our cities. Sitorus is back in Netherland and Joko is back in France and I already miss the brotherhood. Hopefully we can have the fourth trip as soon as possible.

– Acong

2 thoughts on “Joko. Acong. Sitorus

  1. Hello. Saya beberapa setuju dengan beberapa pandangan anda tetapi ada beberapa hal yang membingungkan. Tulisan anda berpotensi “misleading” atau “misinterpreted”.

    Saya setuju dengan penggunaan bahasa dalam tulisan yang kurang baik. Apalagi ini mengenai kepercayaan dalam Kristus. Terutama blog anda sudah berjalan cukup lama dan cukup disorot banyak orang.
    Bahasa anda lebih terkesan anak muda dan memang kasar. Dan yang membaca bukan hanya yang seumuran dan bahkan ada yg jauh lebih dewasa dengan pikiran mereka yang orthodox. Dengan membaca 2 paragraf saja mereka sudah mengecap anda pengejek atau kristen palsu atau perusak dll tanpa memahami terlebih dahulu isi tulisan anda.

    saya tidak benci dengan tulisan anda. Hanya saja disayangkan dengan tutur bahasanya. Bukan saja orang kristen yang membaca tetapi orang agama lain juga membaca. Sangat terkesan anda tukang komplain dan pahit. Saya akui bahasa tulisan saya juga tidak bagus dan bahkan tidak pernah menulis blog seperti anda. Namun saya harus mengutarakan pendapat saya mengenai hal ini. Berbagai bentuk tulisan yang diutarakan di media publik itu harus melalui berbagai macam editing. Karena banyak point point yang anda utarakan pun susah untuk dimengerti karena campur aduk bahasa, bahasa yang tidak formal dan bahkan tidak adanya kesimpulan dan closing power pada tiap section.

    Yang terakhir, kita tahu bahwa banyak orang yang tidak mengenal Kristus dan bahkan banyak yang juga meninggalkan Kristus. Sebagai seorang yang percaya kepada Kristus, perlu lebih cerdik dalam membuat tulisan. Apakah lebih mengundang orang untuk lebih mengenalNya atau malah lebih mengacuhkanNya?
    YA kita masing masing punya hak untuk mengutarakan pendapat. Tetapi apakah baik, pintar atau perlu dengan cara demikian?? Atau bisa diperbaiki lebih lagi?
    Bukankah mengundang orang untuk mengenal lebih lagi dan mendekat kepada Kristus sudah menjadi lebih dari sekedar tanggung jawab bagi kita?

    Act smart.

Leave a Reply

