Jadi Londoner selama Seminggu

IMG_7996

Selama seminggu gw tinggal di London minggu lalu. Ini kali kedua gw mengunjungi kota ini, tapi kali ini berbeda dengan biasanya, karena gw ga liburan kesana, melainkan harus ikut training setiap hari. Setiap hari gw harus commute dari tempat tinggal gw ke hotel tempat training dengan subway. Lumayan seru juga, karena gw harus berjibaku dengan Londoners lainnya selama peak hour.

Rasanya hampir mirip dengan naik MRT di Singapore di sekitar peak hour jam pulang. Penuh banget! Sampai kadang perlu nunggu train berikutnya sebelum bisa masuk. Secara gw udah lama ga berada di keramaian seperti itu, lumayan seru juga rasanya. Selama di subway, kebanyakan orang baca koran gratis yang dapat diambil di pintu2 masuk stasiun subway atau sibuk dengan gadget masing2.

IMG_7752

Selain itu yang menurut gw lumayan unik adalah gaya berpakaian Londoner. Menurut gw mereka jauh lebih stylish daripada orang Jerman. Gw lumayan liat banyak cowok-cowok pake jas necis atau cewek-cewek dengan tas hermes di dalam subway, berdesakan bareng cowok-cewek bergaya hipster lainnya.

Masalah keramahan, orang London ini mirip orang US. Suka basa-basi juga. Dari pengalaman gw sih mereka kelihatan cukup ramah dan suka menyapa. Ga tau apa itu cuman di permukaan atau mereka beneran kaya gitu.

Kalau tentang hiburan, London mirip banget kaya New York. West End di London persis kaya Broadway di NY. Gw juga nyempetin buat nonton play lagi. Kalau kunjungan sebelumnya gw nonton Wicked, kali ini gw nonton play cukup unik, judulnya the curious incident of the dog in the night-time. Recommended banget! Walau cukup sederhana alur ceritanya dan dengan setting panggung yang sederhana, gw lumayan berkesan dan menikmati banget. Good call from my friends!

Urusan makanan, gw lumayan takjub ama London. Restoran2 menarik bagai jejamuran di musim hujan. Di sepanjang jalan Soho, hampir semua restoran yang gw lewati lumayan menarik untuk dikunjungi. Restoran Jepang? Damn. Banyak banget yang keliatannya enak. Gw juga kesampaian juga makan dim sum akhirnya. Setelah satu tahun ga makan. T_T

Hari jumat sore, kalau orang Jerman pada pergi ke beer garten, ini gw lihat banyak banget Londoner yang nongkrong di pub2. Berdiri di depan2 pub, sambil bawa beer and ngobrol. Untungnya gelas beernya ga satu liter kaya gelas beer Jerman.

Overall gw lumayan enjoy kota ini. Kalau disuruh pindah kerja di kota ini, gw lumayan consider juga. Karena lumayan asik kotanya: hip, modern, and semuanya ada. Concern gw cuman satu: mahal! Semuanya cukup mahal. Makan di luar mahal. Public transportasi mahal. Parkir mahal. Tempat tinggal mahal. Even dengan standard gaji UK, gw yakin buat tinggal dan hidup lumayan enak di sini pasti masih cukup berjuang.

But..again, I think I can say that I enjoy this city very much. Who knows that maybe in the near future, our road will cross again.

IMG_7914

Leave a Reply

