Gw baru tau.

Nama: Yoel Krisnanda Sumitro
Etnis: Cina
Agama: Kristen Protestan
Riwayat pendidikan: dari TK sampai SMP sekolah di sekolah swasta katolik yang mayoritas isinya anak-anak tajir dari etnis keturunan Cina, SMA di SMA negeri, Kuliah S1 di universitas negri, S2 di universitas luar

SMP Pangudi Luhur Solo
1. Gw baru tau kalau katolik ama kristen itu lumayan beda
2. Gw baru tau kalau selain nama baptis orang katolik bisa punya nama krisma (jadi dapet dua tambahan nama!๐Ÿ˜€ )
3. Gw baru tau kalau ternyata yg beragama katolik dan kristen, kebanyakan bukan etnis Cina saja
4. Gw baru tau kalau tajir itu privilage besar, karena temen sekolah yang katanya tajir bisa punya handphone nokia terbaru dan beli baju keluaran planet surf
5. Gw baru tau kalau orang pinter ga cuman di kota Solo doang juga, tetapi ada juga dari SMP dominico savio Semarang atau pius pekalongan
6. Gw baru tau kalau guru/teman/orang lain akan pilih kasih/mempunyai perlakuan berbeda berdasarkan faktor kepintaran, koneksi/kekayaan orang tua, kepandaian bergaul, kegantengan/kecantikan, dan kelucuan.
7. Gw baru tau belajar tentang drama dan politik pertemanan
8. Gw baru tau kalau yang suka baca novelnya dewi lestari, jk rowling, ayu utami, dll ga banyak atau cuman satu orang lainnya di kelas.

SMA negeri 3 Solo
9. Gw baru tau ga enaknya jadi minoritas
10. Gw baru tau kalau ternyata hubungan antar agama adalah hal yang sensitif di Solo (Indonesia)
11. Gw baru tau kalau ga semua orang menyebut mata uang dengan ceban, noban, goban, cepek, dst
12. Gw baru tau kalau orang Islam yang pria wajib ikut Jumatan dan solat di sela-sela waktu sekolah
13. Gw baru tau kalau beberapa orang Islam menilai Valentine sebagai budaya Kristen/tidak bagus
14. Gw baru tau kalau beberapa/sbgian orang Islam menganggap bahwa alkitab orang Kristen sudah tidak murni lagi/dibuat oleh manusia
15. Gw baru tau kalau orang Islam menganggap bahwa Yesus itu nabi
16. Gw baru tau kalau ada namanya halal bihalal
17. Gw baru tau kalau selain keturunan Cina ada juga yang disebut keturunan Arab di Indonesia
18. Gw baru tau kalau lebih mudah untuk berkawan dengan teman yang memiliki kesamaan background (cara pikir, etnis, agama, strata sosial, dll)
19. Gw baru tahu kalau ada namanya olimpiade fisika/kimia/komputer, dll dan orang Solo ga ada apa2nya dibanding daerah2 lain
20. Gw baru tau kalau gw bisa bergaul dekat juga dengan orang yang kata temen2 gw sebelonnya disebut sebagai “Wana” atau “Tiko”
21. Gw baru tau kalau gw bisa bergaul dekat juga dengan perempuan2 yang pake penutup di kepalanya. (Waktu itu ada dua di kelas!)
22. Gw baru tau kalau fisika ama kimia itu susah
23. Gw baru tau kalau walau sedekat apapun kadang masih ada batas agama, etnis, strata sosial, strata intelektual, strata ke-keren-an,
dan dimensi2 kehidupan lainnya
24. Gw baru tau kalau buat masuk ke kampus negeri itu impian banyak orang
25. Gw baru tau kalau (ludah) anjing itu haram buat orang Islam

Institut teknologi Bandung
26. Gw baru tau kalau orang pinter itu buanyaaaak banyak
27. Gw baru tau kalau orang yang super pinter atau jenius itu ga sebanding banget kepinterannya ama gw
28. Gw baru tau gimana rasanya jadi orang rata-rata/medioker dari segi intelektual/akademisi di kelas
29. Gw baru tau apa itu namanya arogansi/kebanggaan akan kampus dan jurusan
30. Gw baru tau gimana rasanya merasa congkak dan sombong, merasa kampusnya adalah kampus paling pinter di indonesia
31. Gw baru tau gimana rasanya ketemu dan bergaul dengan orang selain suku Jawa atau Cina
32. Gw baru tau kalau ketika ngomongin isu rasial dengan suku di Indonesia, yang gw anggap lucu bisa ga lucu/sensitif banget buat orang lain
33. Gw baru tau kalau ada di dalam Islam cukup banyak variabelnya: radikal/moderat, tidak jilbab/jilbab “biasa”/jilbab “syari” dsb
34. Gw baru tau kalau ada perempuan yang tidak bisa bersalaman ama gw karena larangan agamanya
35. Gw baru tau kalau banyak orang aneh/unik/nerd/aneh banget/dork di dunia ini
36. Gw baru tau kalau orang yang belajar seni unik-unik
37. Gw baru tau kalau suka main video game bukan berarti cocoknya di jurusan teknik informatika
38. Gw baru tau kalau ubin wc kalau ga sering dibersihin bisa jamuran
39. Gw baru tau kalau kamar harus disapu, dipel dan dilap scra rutin agar tidak berdebu
40. Gw baru tau kalau ada “tensi” kecil antara suku Jawa dan Sunda
41. Gw baru tau kalau banyak orang Batak yang kristen
42. Gw baru tau kalau ada konsep marga di suku Batak
43. Gw baru tau betapa enaknya daging babi setelah makan di lapo batak
44. Gw baru tau kalau Indonesia beneran luas, banyak macam latar belakang suku, agama, budaya, cara pikir, dll

University of Washington
45. Gw baru tau kalau sampai kuliah S1, gw cuman dipaksa dimasukin pengetahuan ke otak gw tanpa diajarin untuk bertanya apa pengatahuan itu benar, ada tidak pendapat yang berlawanan dengannya, apa pendapat gw mgkn lebih benar dari pengetahuan yang diajarkan itu, dsb
46. Gw baru tau bagaimana caranya belajar, membaca hasil riset, menulis paper, dan mendefinisikan masalah
47. Gw baru tau kalau orang bule itu ga semuanya pinter, ganteng, keren, atau lebih tinggi statusnya dari gw yg orang asia
48. Gw baru tau kalau Indonesia itu bukan pusat dunia dan orang sedikit yang tahu ttg indonesia dan orang lebih banyak tahu bali yang merupakan negara sendiri drpd indonesia
49. Gw baru tau kalau orang bule itu ga free sex, party, dan ciuman terus kerjaannya kaya di film american pie
50. Gw baru tau kalau orang amerika itu multiras dan multibudaya banget
51. Gw baru tau kalau makanan waktu thanksgiving dan american breakfast itu enak banget
52. Gw baru tau kalau banyak orang bule yang goblok
53. Gw baru tau kalau orang kulit hitam itu ga berbahaya
54. Gw baru tau kalau orang Cina daratan itu emang kadang beneran maniak belajar dan ambisius dan jorok
55. Gw baru tau kalau budaya antar jemput itu indonesia banget dan di amerika itu privilege
56. Gw baru tau kalau pake barang bekas orang itu biasa aja
57. Gw baru tau kalau orang India emang jago di bidang IT
58. Gw baru tau kalau orang orang pinter di dunia ini ga terjangkau ama even 10 otak gw yg digabung
59. Gw baru tau kalau dunia itu kompleks
60. Gw baru tau kalau gw lumayan cinta indonesia
61. Gw baru tau caranya make mesin pengering baju, mesin pencuci piring, oven
62. Gw baru tau kalau pinjem buku novel itu bisa gratis dan selama berminggu2
63. Gw baru tau nikmatnya sinar matahari
64. Gw baru tau bahwa ramalan cuaca itu penting
65. Gw baru tau bahwa ketimpangan antara dunia barat dan ketiga itu terlalu besar
66. Gw baru tau bahwa orang amerika itu suka banyak ngomong tp kadang ga ada isinya
67. Gw baru tau kalau orang amerika banyak yang cara hidupnya scr tidak sadar menyatakan bahwa mereka adalah pusat dunia
68. Gw baru tau bahwa belajar itu menyenangkan
69. Gw baru tau kalau orang Indonesia itu ramah banget, keluarga banget, brotherhood banget, indirect banget, suka ga pake logika, asal percaya, baik banget, suka goblog, dan bahagia banget
70. Gw baru tau kalau gw Indonesia banget

4 thoughts on “Gw baru tau.

  1. Whaaaattt?!! Baru tau no 38 dan 39 waktu udh kuliaah?
    Hhahahahaaa ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…
    Tambahin list “baru tau” nya setelah memasuki dunia kerja doong ๐Ÿ˜†

Leave a Reply

