Postingan SARA

Dewa Bir dari Pegunungan Alpen Selatan

Dewa Bir dari Pegunungan Alpen Selatan

Sesuai judul -> self descriptive.🙂

Misalkan di Alkitab, di kitab Yoel 13:13 ada tertulis “Hai orang Kristen, kamu tidak boleh memilih orang non-Kristen sebagai pemimpinmu”

Jika ayat itu beneran ada, maka gw akan sangat berkonflik dalam menafsirkan hukum itu. Karena akan sangat sulit buat gw untuk melakukannya kalau gw menafsirkannya secara tekstual dan tidak sesuai dengan konteks. Seumur hidup gw, gw akan cenderung melanggar hukum ini kalau gw menafsirkan kata  “pemimpin” sebagai “pemimpin” di seluruh aspek kehidupan gw: kenegaraan, sosial, pendidikan, pekerjaan, dll.

Sebagai contoh:

1. Gw ga akan bisa bekerja di perusahaan yang manajernya, board managernya, CEOnya, CTOnya bukan Kristen.

  • 6 atasan yang pernah memimpin gw langsung (line manager) berturut-turut adalah: Kristen, Atheist, Atheist, Jainism, Atheist, Atheist => 83% failed!
  • 4 CEO/president yang pernah memimpin perusahaan2 dimana gw pernah bekerja berturut-turut adalah: Kristen, Hindu, Hindu, Atheist => 75% failed!

2. Gw ga akan bisa sekolah di sekolah/universitas yang dipimpin oleh non-kristen

  • Dari TK sampai pendidikan terakhir, kepala sekolah atau rektor gw adalah Katolik, Katolik, Katolik, Islam, Islam, Atheist => 100% failed!

4. Gw ga akan bisa tinggal di RT, distrik, kota, provinsi, negara yang dipimpin oleh non-kristen

  • Kota yang gw pernah tinggal berturut-turut dipimpin oleh seorang Islam, Islam, Atheist, Katolik, dan terakhir kemungkinan besar Atheist lagi

5. Gw ga akan bisa mengikuti organisasi akademisi, engineer, atau kemahasiswaan yang pemimpinnya non-kristen

6. Gw ga akan bisa menjadi anggota , group facebook, group whatsapp, group BBM yang adminnya (pemimpinnya) non-kristen

7. Gw ga akan bisa naik kapal atau pesawat yang nahkodanya (pemimpin kapal) atau pilotnya (pemimpin pesawat) non-kristen

dst….

Satu-satunya bidang dimana gw bisa dengan 100% yakin gw bisa ikuti perintah ayat Yoel 13:13 hanyalah di Gereja. Ketika gw memilih gereja atau tempat dimana gw belajar tentang siapa Yesus, tentu saja dengan gampang gw harus mencari gereja yang dipimpin oleh seorang Kristen, bukan seorang Jainism atau penyembah dewa Baba.

Jika ayat Yoel 13:13 ini benar-benar ada, gw mungkin akan menafsirkan kata pemimpin sebagai pemimpin rohani gw sehingga hidup gw ga akan rumit dan berkonflik. Pemimpin gereja? Ya harus kristen. Pemimpin perusahaan tempat gw kerja? Penyembah dewa Baba juga gw ga peduli asal dia mimpin perusahaan gw dengan oke. Presiden tempat gw tinggal adalah pemuja dewa bir dari pegunungan Alpen utara? gw juga ga peduli, asal dia bisa ngatur negara gw jadi makmur.

Dan kalau besok tiba-tiba Apple nawarin gw pekerjaan dan gw harus pindah ke Silicon Valley, dengan cepat gw bisa menjawab “Ya”. Walaupun nantinya gw  akan bekerja di perusahaan yang dipimpin oleh seorang CEO  gay atheis dan, tinggal di provinsi yang dipimpin oleh seorang gubernur katolik roma.

Salam bir dari pegunungan Alpen utara!

3 thoughts on “Postingan SARA

Leave a Reply

