Whitewashed Indonesian

Di Amerika, ada istilah whitewashed black, yaitu istilah deragatori yang kadang dipakai sebagai ejekan bagi orang kulit hitam yang nampak meniru budaya kulit putih. Misalnya berbicara dengan bahasa formal Inggris dan tidak memakai slang bahasa komunitas orang kulit hitam ketika berbicara diantara mereka.

Hari ini ketika gw naik kereta layang di Bangkok, gw berpikir, apa gw ini whitewashed Indonesian yah?

3 malem gw tinggal di Bangkok untuk urusan singkat pekerjaan. Gw nyampe di Bangkok sabtu malam dan harus terbang balik selasa malam, malam ini. Kerjaannya sebenarnya cuman singkat, Senin jam 10-5 sore dan Selasa jam 9-1 siang. Jadi gw cukup punya waktu luang buat jalan2 hari Sabtu, Minggu, dan Selasa sore ini. Tapi entah kenapa gw justru banyak ngehabisin waktu di hotel. Gw ngerasa banyak hal berubah dan gw jadi lebih manja sekarang. Tahun 2011 lalu gw pertama kali ke Bangkok, gw masih inget dalam satu hari gw puterin tuh main attractions di Bangkok, berkeringat, dan puas nyobain makanan2 jalanan Bangkok. But now??? I am like a spoiled brat kid.

Pertama, gw ga nyaman liat kerumunan orang banyak. Lucu kan? Padahal gw berasal dari salah satu negara terpadat di dunia. But I really feel uncomfortable with seeing too many people. Sometime I feel not safe too. I keep checking my wallet and my phone. Or if I see people make a sudden movement near me, I will hold my wallet and my phone in my pocket. I feel I am so paranoia.

Kedua, gw gemes banget liat orang jalan pelan2. Ketika jalan2 di Bangkok, gw kaya jalan halang rintangan. Karena mereka jalannya pelaaaan banget. Beneran sampai I feel crazy about it.

Ketiga, gw ga nyaman makan-makanan jalan. Setiap kali gw jalan2 di Asia dulu, gw selalu semangat nyobain makanan jalan. Tapi selama di sini entah kenapa ketika lihat makanan di jalan, daging2 yang terbuka kena asap, lauk2 yang dipapar terbuka di hadapan orang, gw langsung ga nafsu, and enggan mencoba makanan2 itu. Tadi siang gw akhirnya berniat lagi hunting makanan jalan. Tapi gw puterin tuh jalan-jalan di Bangkok, tetep aja ga nafsu. Beneran, liat daging mentah atau olahan yang segede2 gaban terpapar dengan udara bebas pinggir jalan gt, gw langsung agak ngerasa eneg.  akhirnya tadi gw menyerah and makan dim sum di Tim Ho Wan juga. :(

Keempat, gw lebih prefer jalan2 “nyaman”. Sebelon ke Bangkok, gw uda berniat ke dua tempat at least: Asiatique dan temple Wat Arun. Akhirnya gw cuman berhasil ke Asiatique. Setelah dari Asiatique, gw males banget ngebayangin keringatan dan desak2an ama orang buat liat Wat Arun. Ujung2nya gw ama temen gw prefer jalan2 santai ke mall cari dinner makanan enak. Ini parah banget sih, walaupun menurut gw ini trait orang Asia juga. Suka ngemall.🙂

Kelima, gw ga bisa makan warm food buat breakfast. Hari pertama breakfast, gw makan nasi goreng and bakso buat sarapan. Dan perut gw  langsung begah ga enak. Besok2nya? Gw jadi makan sandwich and sereal. Dan perut gw enak. Kasian banget kan lidah gw.😦

Keenam, gw stress dengerin berisiknya jalan. Waktu gw jalan2 antar BTS (kereta layang), itu kan diatas jalan2 raya. Gw bener2 berasa ga nyaman liat mobil and motor sebanyak and seberisik itu. Literally uncomfortable and feel restless. Ditambah lagi waktu gw naik taxi, pernah satu kali supirnya nyetirnya aga ngaco, dan gw bener2 ga nyaman di mobil. Keep liatin jalur di depan dan bertanya2 “Ini lajurnya mana sih koq ga pada seruduk kanan seruduk kiri”. Literally gw pegangan ke kursi di depan gw setiap kali ada mobil dari kanan atau kiri yang mepet atau berusaha ngambil jalur taxi gw. Haiish. I feel so chicken.

Ketujuh, gw ga nyaman jalan di trotoar yang berantakan. Trotoar di bangkok hampir selalu ada orang jualan. Kadang ngambil tempat orang jalan jadi gw harus jalan di jalan aspalnya. Plus kadang selokannya terbuka dan gw bisa bau selokannya. Jadi again, gw ga nyaman and berasa ga bisa santai jalan di trotoarnya. Waktu ga nyaman bau selokan, gw sampai pikir “ya elah padahal dulu gw suka makan ketoprak yand warungnya di atas selokan juga, jangan lebai lu el”. Haha

Akhirnya tadi waktu gw pulang dari makan Tim Ho Wan, setelah menyerah mencoba cari2 street food, gw merenung. Apa gw whitewashed Asian yah? Kelamaan tinggal di Nuremberg, kota dengan cuma 500ribu orang yang kalau gw nyetir di jalan tol jarak dari satu mobil ke mobilnya minimal 1 meter, mungkin bikin gw sangat nyaman dengan suasana tenang dan teratur. Bikin gw lebih nyaman ketika jarak antara gw dengan orang asing lainnya minimal 1 meter. Bikin gw lebih nyaman dengan liat sedikit orang (jumlah orang yang gw liat dalam tiga hari terakhir ini di Bangkok mungkin lebih banyak dari jumlah orang yang gw liat dalam 1 bulan terakhir🙂 )

Lumayan bingung and kecewa sih. Padahal gw selalu ngrasa kalau gw itu traveler on shoe string yang bisa adapt di kebanyakaan situasi  dan suka tempat2 yang menantang dan berantakan. Semoga ini cuman culture shock singkat dan ketika nanti gw balik ke Indonesia, gw ga selebai tiga hari terakhir ini.

Salam dari spoiled brat kid.

 

 

2 thoughts on “Whitewashed Indonesian

  1. Preferences change, people chang yo…hehe. Meskipun ga selebai kw aku jg ngrasake itu kok. Bahkan pas trip terakhirku ada hari2 di mana aku cm santai di hostel because i felt so sick with the crowd and everything

Leave a Reply

