What have you (I) done in your (my) life?

13062878_10154810765089167_9094065937747102415_o

Jadi gw abis nonton My Chef’s table netflix series yang episode chef dari India, Gaggan Anand namanya. Nurut gw keren abis. Nyeritain si Gaggan yang sempet beberapa kali gagal, hancur2an, ambil jalan puter, hingga akhirnya bikin restoran di Bangkok, offer progresive Indian food, dan jadi restaurant paling bagus se Asia di tahun 2015. Plotnya emang cukup umum, from zero to hero. Tapi lumayan bikin mikir sih.

What have you done in my life, el?

I am almost 28 y.o and somehow I feel that I am too faaar behind these kind of cool people. Apalagi kalau tiap kali gw ngobrol dengan orang2 keren di Indonesia, yang bikin startup2 atau yang bikin banyak perubahan keren. Sementara gw? Asik nonton Netflix.

Lalu apa root problem nya?

Setelah gw pikir2. Salah satu masalah utama gw adalah nature gw yang sangat risk-averse. Gw bukanlah orang yang berani ambil resiko, selalu menganalisa kemungkinan terburuk, dan ujung2nya ga berani mengambil keputusan radikal. Padahal, low risk low return dan high risk high return. Jadi selama gw selalu di area comfort zone gw, ya gw cuman bisa jadi Yoel yang nonton Netflix.

Masalah kedua adalah males. Dari kecil gw males abis orangnya. Selalu cari cara terpendek untuk mecahin sebuah masalah dan enggan untuk bekerja habis2an. “kalau dengan 80% energi aja masalah udah selesai, kenapa gw harus pour 110% energi?”. Padahal kalau kita mau do extra mile, hasilnya juga pasti extraordinary.

Although I realize my problem, it is not that easy to change those two nature.

Dan jadinya kembalilah gw nonton Netflix aja…

#badai-insecurity

One thought on “What have you (I) done in your (my) life?

  1. semangat mas😀 sama nih, kayaknya liat temen banyak yang udah otw menuju keberhasilan sementara gue masih jadi mahasiswi hahaha:/ *mid-life crisis*

Leave a Reply

