Alat perang buat jalan2

13139214_10154827928724167_2924945717532898294_n

Pardon me for my constant writing. I am currently on sick leave for two weeks because of a nasal septum operation. So things are so boring here. Writing is just one way to expedite my day.

Jalan2!

Selama dua tahun terakhir tinggal di Eropa, gw bener2 puasin jalan2 keliling Eropa. So far gw mengunjungi 20 negara di Eropa dalam 24 bulan terakhir ini. Selama jalan2 keliling Eropa ini ada beberapa alat perang yang menurut gw handy banget. Here they are:

  1. Google Flight

Di hari-hari libur nasional, kadang gw ga ada rencana spesifik buat mau jalan2 kemana. Kalau kaya gini kondisinya biasanya gw pake Google Flight. Di Google flight gw bisa tinggal masukin tanggal kapan gw mau jalan2 dan dia akan visualisasi-in pake peta yang berisi harga2 tiket pesawat buat kota-kota di map itu. Jadi gw tinggal pilih kota mana yang tiket pesawatnya bakal murah dikunjungi.

2. Skyscanner

Setelah dapet rute murah dari google flight baru deh gw beli tiketnya dari skyscanner. So far gw selalu dapat tiket paling murah dari website ini.

3. Uber

Awal2 di Eropa, kalau lagi jalan2 gw selalu pake public transportasi karena murah. Tapi akhir2 Uber jadi andalan utama. Yang pertama Uber jauh lebih murah dari Taxi, jadi kalau misalin gw jalan2 berbanyakan, ga beda jauh harga akhirnya drpd naik trem/bis/subway. Yang kedua, gw biasanya takut pake taxi karena takut bakal diputer2in atau kena scam harga kemahalan. Nah, dengan Uber ketakutan ini hilang karena Uber selalu kasih rute terpendek dan harga yang fixed. Ketiga, gw juga takut pake taxi kalau jalan2 karena di negara yang ga ngomong bahasa Inggris, gw takut ga bisa komunikasiin tempat tujuan gw. Dengan Uber sekali lagi masalah ini terpecahkan karena gw tinggal masukin tujuan destinasi di appnya.

So far pengalaman gw pake Uber asik2 aja. Gw pake di Polandia, Belgia, dll. Paling ribet sih buat hailing Uber di bandara karena kita biasanya ga tau dimana mobil2 pribadi biasanya masuk. Jadi gw pake Uber buat jalan2 di kota atau menuju bandara.

Kalau belon punya akun Uber bisa coba buka akun baru pake link ini. Gw ada vocer 150ribu rupiah buat lu. Hehe #promosi

4. Airbnb

Gw udah pake airbnb sejak dari jaman kuliah di US dulu. So far pengalaman oke juga kalau pengen dapet harga miring. Yang ribet biasanya cuman satu, harus janjian ama yang punya kapan kita bakal nyampe ke rumahnya. Pengalaman paling unik pas gw tinggal di sebuah desa dekat Allesund di Norway pake airbnb. Rumahnya sih oke bangeeet, di pinggir Fjord dan waktu pagi disambut banyak banget domba2. Keren abis lah. Satu rumah gede cuman buat kita ber3. Tapiiiii..ada satu hal lucu. Rumahnya ga ada air mengalir! hahahah. Jadi kalau ke WC kita kudu ke gubuk kecil di luar gitu dan buangan manusianya ditimpuk pake pasir. Hahhahah

Sekali lagi kalau belon punya akun airbnb, bisa coba buka akun baru pake link ini. Ada vocer 300 rb buat pemakaian pertama. #promosi lagi

5. Booking.com

Selain airbnb, kalau gw mau booking akomodasi ya ga jauh2 pake booking.com. So far selalu dapet harga paling murah dari website ini juga. Tinggal liat rank hotelnya di tripadvisor dan kalau oke tinggal di book deh.

6. Google docs

Kalau lagi jalan2 bareng biasanya ribet kalau bayar apa2 sendiri. Jadi biasanya ada satu orang yang bayarin buat setiap kali pengeluaran dan bisa gantian. Tinggal assign satu orang buat mencatat setiap kali siapa yang ngebayarin and at the end semua cost ditaruh di google docs (spreadsheetnya tentunya. D). Gw biasanya juga yang rekap di akhir perjalanan siapa utang siapa. Contohnya spreadsheetnya di sini.

Semoga link2nya berguna!

Leave a Reply

