Sakit itu ga enak (banget)

Bulan Maret waktu gw balik dari Indonesia, entah kenapa gw jadi susah bernafas kalau berbaring. Hidungnya berasa congested. Makin hari makin parah. Gw pikir mungkin gw alergi pollen karena musim Spring udah tiba, jadi deh akhirnya gw ke dokter umum. Ke dokter umum malah dibilangnya gw infeksi kuping dan dikasih antibiotik. Ya gw sih nurut2 aja.

Ketika gw bilang ke temen kantor gw, pada shock karena gw dikasih antibiotik. Kata mereka, sebelon minum antibiotik mending gw ke dokter kedua buat second opinion. Segitu antinya orang Jerman ama antibiotik. Ga tau mereka kalau di Indonesia, infeksi dikit aja dikasi antibiotik langsung. :p

Singkat cerita akhirnya gw cari dokter THT dan dibilang kalau ga ada infeksi di telinga gw and gw suruh periksa tes alergi. Dites alergi di kulit, ga ย ada alergi juga. Diambil darahnya deh. “Tes alergi yang pake darah lebih akurat”. Gw pun nanya “kalau bukan alergi, kira2 karena apa dong dok?” dan dijawab “Ya harus dioperasi, karena tulang di dalam hidung kamu bengkok ke sebelah. Jadi aliran udaranya ga seimbang”

Nunggu seminggu akhirnya hasilnya keluar. Gw harap2 cemas. Berharap kalau hasilnya gw alergi something sebenernya. Daripada gw dioperasi. Males abis.

Eng ing eng. Ternyata hasilnya negatif. Gw ga ada alergi apa. Jadi…kemungkinan besar gw harus dioperasi. Dokter THT gw refer ke dokter THT yang lain, yang biasa operasi hidung “Saya udah lama ga operasi hidung” katanya. Bikin appointment lah ke dokter THT yang satunya, dr. Heissenberg namanya. Baru dapat appointment 2 minggu berikutnya. Jerman memang rada parah urusan bikin janjian ama dokter. Nunggunya selalu lama abis.

Gw pun beradu “dok, saya bakal leave Jerman soon nih, di akhir Juni. Kalau bener harus operasi, harus dijadwalin cepet”. Ini sekitar tanggal 9 Mei. Untungnya dokternya pengertian. Gw dikasih jadwal ketemuan agak lebih cepat. Dan setelah tiga kali kunjungan ke dokter umum, dokter THT, dan dokter anestesi untuk cek ini itu, operasi gw dijadwalin tanggal 30 mei. Haiyoooo.

Bilang ke manajer rasanya sungkan abis. Karena gw kudu cuti 2 minggu setelah operasi. Which is 30 mei-12 Juni. Padahal Juni, bulan terakhir gw kerja di adidas. Jadi setelah operasi, gw cmn bakal kerja 2 minggu lagi. So practically sejak gw bilang ke manajer gw kalau gw bth cuti sakit, itu kaya bilang “Hi manager, gw leave company minggu depan”. Ya karena ga mungkin ada project yang bisa dikasih ke gw kalau waktu kerja gw tinggal 2 minggu. Semua project yang gw pegang mulai dihandover deh ke koleg2 gw.

Dan hari operasi pun dtg 30 Mei. Septoplasty namanya. Ngelurusin tulang dalam hidung, pembatas bagian kanan and kiri (nasal septum). Gw uda lumayan prepare: siapain buku and film yang banyak di laptop. Karena gw kudu dirawat inap at least 2 malem setelah operasi. Waktu di operasi sih ga kerasa apa2. Cuman hari waktu operasinya nahan lapar kaya orang gila karena operasi gw dimundurin 4 jam ke jam 5 sore. Gw jadi minta tolong Erick and Yuki buat beliin pad thai, siap2 buat makan malem abis operasi.๐Ÿ™‚

Jam 5an, gw didorong ke ruang operasi. Literally didorong. hahahah. berasa geli sendiri. Gw beneran hampir ketawa. Habis gimana ga ketawa, orang didorong di atas kasur gitu ama dua suster and gw cuman ย bisa liat lampu di atas. Berasa kaya di film2. Hahaha.

Masuk ruang operasi dan di anestesi general. Tidur as usual. Waktu mulai sadar, somehow gw jadi jago gitu ngomong Jermannya. Hahah. Separo sadar gw nanya2 “Entschuldigen. Wie viel Uhr ist es jetzt?” – excuse me, what time is it now. Terus dengan patah2 gw bilang “alles gut?” atau “in die laste minuten auf die operation, ich kann verstehen the pain” – maksundya “everithing is good? in the last minutes ย of the operation, I could feel the pain”. Huahahhahah. itu jermannya ngaco abis, grammar and campur2 bahasa inggris. Tapi ya namanya kena obat bius, jadi rada ngaco.

Jam 9 malem, gw divonis udah bener2 sadar and didorong balik ke kamar. Erick and Yuki udah pulang karena nunggu kelamaan. O ya, ada dokter Indonesia yang kerja di RS tempat operasi gw. Dia temen main gw juga. Jadi lumayan dia suka bantuin gw translate, dll. termasuk bawain pad thai titipan Erick and Yuki di malem itu.

Gimana rasanya abis operasi? Ga sakit. Tapi ga nyaman banget. Di kasih semacam perban di hidung buat nahan darah yang netes and dikasih splint silicone di dalam hidung. Jadi otomatis gw ga bisa nafas pake hidung. Trus gimana? pake mulut. hahahaha. Ampun.

2 malem berikutnya gw survive di RS. Tidur ga nyaman karena nafas pake mulut terus (which makes your throat and mouth becomes very dry). Darah juga masih suka ngucur dari hidung. Tapi hari rabu 1 Juni, gw dibolehin pulang. Jumat kontrol lagi. dan weekend gw udah bisa jalan2 ke rumah Taman and Erick. Tapi masih ga nyaman bangeeeet. Karena kudu nafas pake mulut terus.

Senin, hari ketujuh setelah operasi, gw balik lagi ke dokter. Kali ini splint siliconenya mau dicopot dari dalam hidung. Masalah mulai timbul ketika darah gw ga berenti ngucur setelah splintnya dicopot. Disuruh nunggu bentar di tempat praktek tapi ga berenti2 juga darahnya ngucur. Sampeee, akhirnya dua lubang hidung gw dimasukin packing alias tampon. oh nooooooo. Penderitaan gw belon berakhir ternyata.

Karena lubang hidung gw dimasukin tampon, darah yang dari hidung jadinya merembes lewat kerongkongan ke mulut. Aaaaaargh!! It was a misery. Dokter bilang gw kudu balik hari Rabu buat copot tamponnya. gw pun nyetir pulang.

Sinetron masih berlanjut. Di rumah, beberapa kali gw muntah darah. Gw pikir ini darah dari hidung, karena kesumbat tampon itu. Masalahnya darahnya lumayan banyak and menggumpal gitu. Setelah muntah yang ketiga, gw mulai panik. Gw putusin buat ke RS, berharap tamponnya bisa dibuka, karena bikin gw ga nyaman banget.

Gw pun nyetir ke RS. Parkirin mobil di belakang RS dan jalan ke RSnya. Waktu jalan…berasa lemeees banget. Sampe di receptionist gw udah separo ga sadar. Cuman bisa bilang “do you speak english?”. Abis itu gw uda ga kuat and ngluyur ke tempat duduk. Sambil berbaring di tempat duduk, gw udah hampir pingsan. Udah sempet doa minta maaf segala ke Tuhan Yesus. Hahahah. berasa mau meninggal gitu. Hingga akhirnya dokter emergency nya datang sama seorang suster,

Si dokternya berusaha bangunin gw, ngomong bahasa Jerman banyak yang gw kaga ngerti sama sekali. Gw jawab bhs Inggris akhrinya dia tahu kalau ย gw ga ngerti Jerman. Si dokternya berusaha nyari nadi buat dikasih infus. Susah banget. Percobaan keempat baru akhirnya dapet. Setelah diinfus, gw lmyan better. Tekanan darah naik dan gw didorong balik ke kamar pasien. Hahahha

Dari senin ampe pagi tadi (kamis)- 3 malam gw tinggal di RS lagi. 2 malem pertama lumayan kesiksa karena ada tampon dihidung. Ketika kmrn tampon dicopot, gilaaaa. enak banget rasanya. Bayangin ajaaa. Gw nafas pake mulut selama 9 hari. Ga enak tidur. Capek. Makan-makanan RS Jerman yang roti ama keju terus. Ampuuuun. Cranky abis lah.

Tapi bersyukur banget, 2 hari terakhir ini feeling so much better. Masalahnya masih ada kemungkinan tulang dlm hidung gw balik lagi ke dulu (karena tulang ternyata punya “memory”). Jadi masih kudu perawatan terus sampe 6 minggu ke depan. Haiiiiishhh.

Kadang (sering) gw pikir waktu gw sakit itu. Gw salah apaaaa sih. Hahahah. why noooow? Harusnya kan di bulan terakhir di Jerman, gw menikmati matahari sambil minum beer. Hahahah. Mungkiiiin. Ini semua salah darah Cina gw. :p

Jadi karena tahu gw udah bayar asuransi kesehatan tiap bulan, pumpung masih di Jerman, darah Cina gw mempengaruhi alam bawah sadar gw buat munculin penyakit kronis ini sekarang. Hahahhaha. Daaasaaaaaar badan Cina gwwwwww.

 

3 thoughts on “Sakit itu ga enak (banget)

  1. Saya juga ngalamin hal yg sama tulang hidung saya divonis dokter bengkok. Emg bengkok krn ditendang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tp smp skr saya ga berani buat mutusin operasi untung dktr THT-nya jg support utk ga buru2 operasi aplg stlh baca tulisan ini napas 9 hari bleeding ga berhenti cukuplah oprasi amandel aja hahahaha…

Leave a Reply

