Danke!

For 2 years full of stellar memories. I could proudly say that these two years were one of the best phase of my life. These are some of the highlight (not ordered in any way)

1. Pertama kali nginjekin kaki di Praha, Ceko

Sekitar bulan Agustus 2014, gw jalan2 ke Praha bareng 2 temen kuliah ITB dulu. Ini negara pertama di luar Jerman yang gw injek. Dan pertama kali bis gw masuk ke deket jembatan di kota Praha, gw beneran mesmerized. Ga lebay tp beneran. Haha. Itu kota “cantik” Eropa yang gw liat dan gw beneran kagum dengan arsitektur, jalan, sungai, castle. Speechless. Seneng banget akhirnya dream gw comes true buat jalan2 di Eropa.

2.  TKI adidas

Bareng 3 org Indonesia yang kerja di adidas juga (Erick, Yuki, and Dina), gw jalan2 ke Vienna, Austria. 4 hari 3 malam kita spend waktu bareng2 terus. Ketawa, jalan2, dan mulai ngobrol2 hal yang personal. Setelah dipikir2 setelah itu baru akhirnya kita lumayan deket. Dan sampai sekarang org2 Indo di adidas ini (ditambah Taman yang nantinya bergabung), yang bikin gw betah banget tinggal di Nuremberg.

Sering banget kita ngumpul di satu tempat, trus dinner, nonton, atau nyim*ng bareng. Kita ketawaaaaaaaa terus kalau ketemu bareng. Entah tanpa atau dengan cimeng. Gw bener2 jadi sayang banget ama mereka. Kita ngobrol hal2 yang pribadi. Uniknya kita semua beda2 banget karakternya. Jadi berasa kaya power ranger yang walau beda2 warnanya bisa jadi team superhero. Dina asalnya dari Jakarta, kuliah S1 di UI, terus kuliah S2 di Jerman dan akhirnya kerja di bagian real estate/stores management di adidas. Taman asli dari Jogja, kuliah S1 di Belanda, kuliah S2 di Jerman trus kerja di bidang sport marketing di adidas. Yuki dari Makasar, kuliah S1 di belanda, kuliah S2 di Jerman trus kerja di bidang talent acquisition di adidas. Erick dari Bekasi, Kuliah  S1 di Belanda, trus kerja di bidang digital marketing di adidas. Semua ngaco sih otaknya menurut gw. Benerang anomali buat kita bisa nyambung. Di depan mereka gw berasa jadi anak paling kecil. Berbanding sama waktu di Bandung atau Singapore, dimana gw sering/harus jadi anak paling “tua”.

Highlight jalan2 kita berikutnya ke Dubrovnik (Kroasia), Kotor (Montenegro), and Ljubljana (Slovenia). Paling banyak ketawa pas gw tipsi setelah ditraktir Erick makan2 fine dining di Ljubljana. Jalan dari restoran pulang ke apartemen, gw berasa super bahagia jadi ketawa terus. Padahal cmn gara2 2 gelas wine. Dan jalan pun dipapah Erick and Taman.🙂 Malam berikutnya waktu kita clubbing bareng, juga seru banget. I sweat laughters at that night.

I will miss them.

3. Alsa and Joel

Alsa and Joel adalah 2 temen kuliah ITB gw dulu. Alsa lagi kerja di Paris and Joel kuliah di Belanda. Kalau lg jalan ama mereka, gw selalu ketawa gila. Asiknya juga mereka berdua lebih pinter dari gw. Jadi gw selalu bisa belajar banyak dari mereka.

Kita jalan2 ke UK, Belanda, Jerman, dan Norway bareng. Dihadang kambing waktu nyetir di jalan, tidur di kabin kapal dari selatan ke utara Norway, bikin video2 gila dimana2, tahun baruan bareng, roadtrip sambil nyanyi “sudah terlalu lama sendiri”, dan ngobrol banyak hal.

Joel sekarang balik di Indonesia and kerja buat Jakarta Smart City. Alsa nanti bulan September bakal balik kerja di Singapore. Jadi kemungkinan besar kita bakal bisa reuni di Asia. Yaaay! I really look forward to meeting all of them agaiin.

4. Keluarga dateng ke Eropa

Mama, 2 kakak, kakak ipar, dan 2 ponakan dateng ke Eropa di Spring 2015. Happy banget. Pengen pengen banget jalan2 bareng mereka lagi. Semoga terlaksana segera.

5. adidas Group

Jumat kemarin hari terakhir di adidas. Dan adidas adlah tempat f*cking cool yang pernah gw tau. adidas adalah pintu yang bikin gw melihat hal2 yang sering bikin gw awe intelectually.

6. Makan space cake di Amsterdam

Setelah gw makan space cake (brownies dikasih ganja) di Amsterdam, gw pulang ke hotel dan ketika di hotel efek ganja kicked in. And I was…so STONED. 4 jam gw nangis, berasa ketemu Tuhan, takut mati, melihat pattern2, menghitung, berimajinasi, bergetar, takut, bingung, distorsi waktu selama 4 jaman.

7. Ketemu orang2 yang bikin paradigma gw semakin kaya

Gw ketemu keluarga Ikson and Andin di London. Gw liat gmn mereka ngedidik anaknya Haqqi, tinggal dan hidup di London sebagai keluarga kecil, dan cara pandang mereka, dan somehow gw belajar banyak. Berasa tambah kaya. Gw ketemu anak2 PPI Jerman yang ngajari gw banyak dari cerita2 pengalaman (sulit) mereka belajar di sini. Walaupun mereka kadang lebih muda dari gw. Risang, Taufan, Freddy, Stella, Dhio, dll. They are just cool.

Mike orang Ameriki kapitalis libertarian banget. Kaipei dari Cina daratan yang tipikal orang PRC banget. Jerome anak Singapore yang hipster physically and intelectually. John Oliver and Jon Stewart. Teman2 kantor orang Jerman yang bikin gw berasa di Jerman.

Gw ketemu 2 keluarga Indo adidas yang asik banget. Even anak2 mereka asik bgt. Kalau di Indonesia ada banyak keluarga2 Islam yang kaya mereka. Gw berasa Indonesia bisa asik banget walau tetep islami secara moral. Gw ketemu orang Indo yang belajar bhs Hungaria di Budapest, orang Padang bekas sekolah STPDN di Warsawa, gw ketemu Rindang dan anaknya, Rusdi dan Andrea – pasangan unik di Berlin, dan orang2 unik lainnya yang bikin paradigma gw semakin kaya.

8. Gereja International di Erlangen

Gw suka banget gereja tmpt gw pergi ini. Karismatik tapi ga over, ga kebablasan. Pastor Chris pernah gw ajak main ke adidas dan beneran being white sheet to him. Dia fair orangnya. Spiritual tapi menjejak tanah. Mungkin darah Jermannya yang bikin dia kaya gt. Gw harap abis ini gw bisa nyari gereja yang kaya gt lagi.

9. Christmas – NYE 2016

Temen deket dari Indo dtg. Kita jalan2 ke Ceko, Jerman, Spanyol, dan Iceland. Satu2nya temen Bandung gw yang nginjakin kakinya di kantor gw.🙂

10.  Naikkin jam terbang naik mobil

Di Solo, Seattle, Singapore, Bandung gw jarang banget nyetir. Di sini terpaksa karena letak kantor. Kalau ga karena ini mungkin selamanya gw bakal ga jago nyetir.

11. King’s Kaleidoscope

2 albumnya yang terakhir Beyond Control dan Becoming Who We Are diputer puluhan kali di kuping gw selama 2 tahun di Eropa ini. Dan masalahnya kita menyimpan memori di dalam pendengaran juga. Jadi pasti dijamin gw akan bermemori Eropa ketika nantinya gw dengerin 2 album ini. Lagu terakhir yang gw ulang puluhan kali judulnya “A prayer” di album Beyond Control. Tipikal lagu dark jujur kesukaan gw. Ini salah satu potongan liriknya.

Will you be there for me after?
Cause I’m wasting in this silence
And my fear is fucking violent
I’m a child thrown to lions
Is there hope on the horizon?
If I fall or if I misstep

12. Bandul

Kalau otak gw dianggap sebagai bandul di atas sumbu x-y. Sumbu X sebagai tingkat spiritual dari atheis hingga super devoted. Dan sumbu Y sebagai beberapa pertentangan konsep politik-sosial di dunia (sosialis – kapitalis, kanan – kiri, individual – komunitas, logika – emosi), bandul gw agak berayun lumayan keras mulai sejak dari Solo -> Bandung -> Seattle -> Singapore -> Jerman. Di Jerman ini gw merasa berayun lebih kiri, individual, emosi, libertarian, dan reformed. Gw percaya kalau bandul biarlah berayun ke titik-titik ekstrem. Daripada di halang2i malah bikin penasaran. Dan gw percaya kalaupun bandul  berayun, suatu saat pasti bisa sampai kesetimbangannya juga.

Danke!

 

IMG_9311

Leave a Reply

