Bekerja untuk Passion?

Ada beberapa orang yang suka nanya ini ke gw. “Lu kerja udah sesuai passion lu, el?” “Lu enak yah kayanya kerja sesuai passion lu, el”

Padahal, sebenernya gw juga ga kerja sesuai passion gw. Gw biasanya akan jawab pertanyaan-pertanyaan di atas with this answer “Ga juga, gw kerja cuman buat pay my bills”

Jawaban ini biasanya mengecewakan penanyanya. Pasti ada harapan gw bisa kasih jawaban or resep gimana caranya bisa pay my bills tapi sekalian “seneng2” with my passion.

Gw lumayan salah satu orang yang pesimis dengan konsep bekerja sesuai dengan passion. Gw berasa konsep itu jadi kasih expectasi yang tidak masuk akal buat para pekerja. Yang ujung2nya either bikin kecewa ya bikin orang ga bisa pay their bills karena alasan “mengejar passion”.

Coba bayangin kalau kita ngomongin konsep bekerja sesuai passion ini sama security, tukang ojek, atau tukang kebun. Apa berani kita nanya “Pak, apa bapak bekerja sesuai passion bapak?” I think ga akan berani kayanya.

Hal ini menunjukkan bahwa konsep bekerja sesuai passion ini adalah konsep elitis. Konsep yang cuman bisa berlaku buat kaum yang privileged.

Kalau kita cucunya konglomerat yang dikasih modal studio salsa, ya bisa-bisa aja “bekerja sesuai passion” buat bikin kelas salsa. Tapi ga semuanya bisa kaya gitu.

Yang lebih parah lagi sekarang ada konsep Ikigai. Ga cuman bekerja yang bisa pay bills dan sesuai passion kita tapi ditambahin dua requirement lagi: what the world needs dan what you are good at.

Again, that is a very elitish concept of working. Bagi gw, bisa bekerja untuk pay our bills sudahlah sebuah anugerah. Something yang perlu disyukuri karena kita masih bisa bekerja. Bukan seharunya ditambahin iming2 palsu tentang “passion”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s