Tajir

Ini postingan bakal bisa dikira postingan super congkak. But anyway I don’t care.

I don’t think I’ve never been this tajir before. Lima hal yang bikin gw merasa tajir:

  1. Gaji di bidang tech company yang lagi lumayan hype
  2. Pajak penghasilan Singapore yang kecil abis disbanding pajak Jerman gw
  3. Gw sering banget having business trip, jadi biaya hotel, makan, laundry, transport, dll ditanggung semua.
  4. Gw sering travel ke Indonesia padahal living expense di sana jauh lebih kecil daripada living expense di Singapore
  5. Gw belon berkeluarga

Karena 5 hal diatas bikin gw ngerasain yang namanya hidup tajir. I meant not tajir kaya the 10% or even the 1%, tapi tajirnya middle class. Hahahaha. Jadi sebenernya ga tajir2 amat juga.

Tapi karena ketajiran ini akhirnya gw baru ngerasain buat ga pernah mikir buat spend apapun. If I think I need it, then I will buy it. Pernah gw lagi jalan di mall, mau beli pemotong kuku buat anjing, lewat toko game, ada urge buat beli PS, ya gw langsung beli. Thug life.

But tajir ini bikin gw mikir juga. I meant gw ga setajir Ciputra, tp gw disatu titik dimana gw ngerasa ada di titik ekstrim ketajiran dalam 28 tahun kehidupan gw. Trus apa yang gw rasakan?

Nothing.

Klise tp bener. Kalau tajir ga bikin lu happy. Ada riset bilang bahwa sampai titik penghasilan tertentu (kalau di US skitar 90rb USD/tahun) maka kenaikan penghasilan lu ga akan menaikkan kebahagiaan di kehidupan lu.

I think that’s what I feel currently. Gw ga merasa gw lebih happy dibanding waktu gw kuliah dulu. Padahal mungkin dulu pengeluaran gw dalam sebulan bisa sama kaya pengeluaran gw 4 hari sekarang. Kalau secara matematis harusnya kebahagiaan gw sekarang sekitar 7.5 kali lebih besar. Tapi ga, bahkan kadang ga jarang kalau gw ngerasa dulu jauh lebih happy.

Mungkin bener apa yang gw tonton dari documentary yang judulnya “happiness”. Kalau orang suka ngejar 3 hal dalam kehidupannya, yaitu: uang, fame, dan recognition. Ternyata 3 hal itu cuman tipuan dan ga bikin lu happy. Sebaliknya 3 hal yang bikin orang happy sebenernya: berguna buat orang lain, perkembangan diri, dan hubungan yang berkualitas. 3 hal yang gw ga ada tajir2nya sama sekali….

How about you?

Are you tajir? Are you happy? Are you not tajir but happy? Are you tajir but happy? Are you not tajir and not happy? Are you tajir but not happy?

9 thoughts on “Tajir

  1. Aku lagi ada di posisi sedang mengalami perkembangan diri terus selama setahun ini paling ekstrim. Dan di tahun ini menemukan jalan untuk bisa berguna buat makhluk hidup lain setiap harinya. Dan sampai hari ini masih menjalani hubungan yang berkualitas dengan pasangan. Tapi sejujurnya masa-masa ini bikin kita gak punya waktu untuk cari uang lebih… which means I’m broke now. Gak ada uang untuk diri sendiri kecuali karena berkah dari Atas. Gak bisa beli apa yang dirasa perlu kaya dulu. Karena sekarang utamain 3 hal tersebut yang sudah jadi tanggung jawab. Kalau dibilang bahagia, jelas bahagia. Tapi realitanya hidup masih perlu uang. Bahkan untuk mengisi ketiga hal yang dibilang perlu untuk bahagia. Dan di sisi lain masih ada lingkungan sosial yang gak paham dan mendorong terus untuk kita melakukan dan mengejar yang mereka lakukan juga. yaitu jadi tidak bahagia. Orang gak bahagia gak suka liat orang bahagia dan mereka nuduh kita dengan berbagai jenis sebutan: MALAS, TIDAK ADA MOTIVASI, MAU GAMPANGNYA AJA, TIDAK MAU KERJA KERAS, dsb. Dan hal-hal tersebut juga bikin kita jadi marah, berpikir ulang tentang keputusan kita, sedih bahkan rusak hubungan.

    Tapi memang kalau ditanya, apakah aku bahagia? Justru setahun ini masa-masa paling menyenangkan dan menenangkan selama hidup. Walau pada akhirnya sih belajar banget kalau hidup harus balance dan bahwa manusia yang mendukung serta mengerti keputusan kita itu LANGKA pake banget. 🙂

    Semangat, Yoel.
    xx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s